Teror Bom dan Serangan Bersenjata di Masjid Al-Rawdah Mesir

Gambar Teror Bom Bersenjata Penembakan di Masjid Mesir Al-Rawdah 2017

Wartainfo.com - Aksi teror bom dan serangan bersenjata Mengguncang Mesir. Insiden tersebut terjadi di Masjid Al-Rawdah di Bir al-Abed, yang berada di Kota El-Arish, kota terbesar di Provinsi Sinai Utara. Dilansir AFP, Jumat (24/11/2017), kantor kejaksaan wilayah setempat menyatakan data terbaru diketahui ada 235 orang tewas dan 109 orang mengalami luka-luka.

Pelaku meledakkan bom dan melepaskan tembakan ke arah jemaah yang baru menunaikan ibadah salat Jumat. Bahkan pelaku juga menembaki ambulans yang berada di lokasi.

Saksi mata juga melihat pelaku telah mengepung masjid dengan kendaraan ATV dan menanam bom di luar masjid. Pelaku kemudian memukuli jemaah yang berusaha kabur dengan memblokir akses keluar dari masjid.

Gambar Foto Korban Serangan Penembakan Teror Bom Bersenjata di Masjid Mesir Al-Rawdah 2017

Warga mengevakuasi mayat-mayat korban tewas akibat serangan penembakan di Masjid Rwada, El-Arish, Sinai, Mesir, Jumat (24/11/2017).

Seusai serangan tersebut, Presiden Mesir Abdel Fatah al-Sisi bertemu dengan komite keamanan untuk membahas dampak serangan tersebut. Presiden Al-Sisi kemudian langsung menyatakan hari berkabung nasional selama tiga hari untuk menghormati para korban.

Menurut aparat keamanan, diduga kelompok penyerang masih terhubung dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Hingga berita ini diturunkan, sejumlah korban dibawa ke rumah sakit setempat.

Kawasan Sinai sebelah utara merupakan basis kelompok militan ISIS. Beberapa waktu lalu, ISIS juga mengklaim sebuah serangan yang terjadi di kawasan tersebut.

Pelaku teror bom dan serangan bersenjata di Masjid Al-Rawdah, Mesir, hingga saat ini masih diburu. Saksi mata mengatakan pelaku berjumlah puluhan orang.

Kronologi Foto Aksi Teror Bom Bersenjata Korban Penembakan di Masjid Mesir Al-Rawdah 2017

Tampak dari luar Masjid Rwada Mesir, kerumunan warga sibuk menolong korban teror. Menurut saksi mata, peristiwa bermula dengan ledakan bom bunuh diri di tengah khutbah Jumat dan kemudian empat kendaraan berisi kelompok bersenjata lengkap secara membabi buta menyerang ke arah masjid.

Dilansir Reuters, Sabtu (25/11/2017), saksi menyebut jumlah pelaku diperkirakan 40 orang. Mereka terbagi dalam empat kelompok yang menembaki masjid dari berbagai sisi. Pelaku meledakkan bom dan melepaskan tembakan ke arah jemaah yang baru menunaikan ibadah salat Jumat.

"Empat kelompok pria bersenjata menyerang jemaah di dalam masjid setelah ibadah salat Jumat. Dua kelompok menembaki ambulans untuk menghalangi ambulans tersebut mendekat," kata Mohamed.

Saksi dan sumber keamanan Reuters melaporkan, beberapa jam setelah serangan itu, militer Mesir kemudian meluncurkan serangan udara dan membidik daerah pegunungan di sekitar Bir al-Abed.

Pemerintah Mesir telah menetapkan serangan itu sebagai aksi teror. Presiden Abdel Fattah al-Sisi juga menetapkan masa berkabung nasional selama tiga hari untuk menghormati para korban.

Dia berjanji akan membalas serangan yang terjadi di Masjid Rawdah di Bir al-Abed, Sinai Utara. Pihaknya akan memburu pelaku penyerangan yang menewaskan 235 orang itu.

"Pasukan militer dan kepolisian akan membalaskan dendam para korban dan mengembalikan stabilitas dan keamanan dalam waktu yang singkat," janji Al-Sisi dalam pidatonya dikutip dari AFP, Jumat (24/11).

Berbagai foto dari lokasi kejadian menunjukkan para korban yang mengalami pendarahan dan jenazah korban tewas yang ditutupi selimut.

Lihat juga: 6 Aksi Teror Ledakan Bom Mematikan Yang Terjadi di Turki Sepanjang Tahun 2016

Category: Internasional, NewsTags:
RGO Casino