4 Ritual Unik Calon Pengantin Sebelum Menikah yang Masih Dilakukan di Indonesia

Tradisi Ritual Pernikahan Aneh di Indonesia Adat Jawa

Wartainfo.com - Pernikahan merupakan hal yang sakral dan dinantikan oleh setiap orang. Untuk merayakannya, beberapa orang kerap membuat tradisi yang dilakukan baik sebelum maupun setelah menikah.

Salah satu tradisi yang hingga kini masih dijalankan adalah ritual sebelum menikah. Ritual ini harus diikuti calon pengantin yang hendak melakukan pernikahan dengan adat.

Baca juga:

Antar daerah tentu memiliki ritual yang berbeda karena berasal dari suku dan budaya yang berbeda pula. Di beberapa wilayah, tradisi yang dilakukan cukup unik, mulai dari mencaci maki pasangan, hingga tradisi malam pertama pengantin baru.

Dikutip Wartainfo.com dari berbagai sumber, berikut ini tradisi dan ritual unik sebelum menikah dari berbagai daerah di Indonesia yang masih dilakukan dilakukan hingga sekarang.

1. Calon Pengantin Dilarang Buang Air

Foto Calon Pengantin Baru Dilarang Buang Air Kecil, Tradisi Ritual Sebelum Menikah Paling Aneh dan Unik di Indonesia

Mungkin akan terdengar sedikit aneh di telinga Anda saat mengetahui jikalau calon pengantin dari suku Tidung di Kalimantan Timur dilarang untuk buang air selama tiga hari tiga malam.

Tradisi ini dipercaya sebagai langkah agar nantinya calon pengantin akan hidup bahagia dan dikaruniai anak maupun rezeki yang berlimpah.

Untuk menjalankan ritual ini, calon pengantin disarankan mengurangi porsi makan dan minumnya setiap hari. Tak sampai di situ, para anggota keluarga secara bergantian akan menjaga calon pengantin agar tidak pergi ke kamar mandi.

2. Calon Pengantin Dilarang Mandi

Foto Hot Cewek Cantik Seksi Sedang di Kamar Mandi Basah Tanpa Pakaian

Banyak pasangan calon pengantin yang menginginkan kondisi cuaca di hari bahagianya adalah cerah. Hal itu dimaksudkan agar rangkaian acara pernikahan dapat berjalan dengan lancar.

Maka tak heran ada sebuah mitos yang berkembang di masyarakat bahwa calon pengantin dilarang untuk mandi sebelum menikah. Hal itu dimaksudkan untuk mencegah terjadinya cuaca yang tidak diinginkan. Konon katanya, apabila calon pengantin mandi maka akan turun hujan.

Category: Gaya Hidup, Tradisi BudayaTags:
RGO Casino