4 Ritual Unik Calon Pengantin Sebelum Menikah yang Masih Dilakukan di Indonesia

3. Pingitan

Gambar Tradisi Pengitan Pengantin Pernikahan Adat Jawa

Dalam tradisi pernikahan adat Jawa ada satu ritual yang terkenal yaitu pingitan. Ritual ini membuat kedua calon pengantin tidak dapat bertemu untuk sementara waktu.

Tujuan dari ritual ini adalah menjaga kesucian dari masing-masing calon pengantin dan melindungi keselamatan calon pengantin dari marabahaya.

Khusus untuk calon pengantin perempuan, selama masa pingitan ini dirinya akan mendapatkan pelatihan dari pihak keluarga mengenai pekerjaan rumah tangga maupun sejumlah perawatan agar tampil menarik di hari bahagianya.

4. Kawin Colong

Gambar Tradisi Kawin Colong Suku Osing Banyuwangi, Ritual Pernikahan Paling Aneh di Berbagai Daerah Indonesia

Pada masyarakat Banyuwangi khususnya suku Osing terdapat tradisi kawin colong sebelum calon pengantin menikah. Dalam tradisi ini nantinya ada ritual penculikan calon mempelai perempuan.

Calon mempelai perempuan itu "disandera" di rumah calon pengantin laki-laki. Dalam waktu kurang dari 24 jam, nantinya pihak calon mempelai laki-laki akan mengutus seorang Colok untuk membujuk orangtua calon mempelai perempuan agar bersedia menikahkan anaknya.

Besar kemungkinan orangtua calon perempuan sudah memberi restu untuk pernikahan. Tradisi ini dimaksudkan sebagai bentuk kesiapan calon mempelai laki-laki untuk menikah.

Lihat juga:

Category: Gaya Hidup, Tradisi BudayaTags: