Lima Fenomena Alam Paling Menghebohkan di Sepanjang Tahun 2017

3. Gerhana Matahari Total

Gambar Foto Gerhana Matahari Total di Indonesia Fenomena Alam Langka Terbaru Paling Menghebohkan 2017 di Dunia

Fenomena ini banyak menarik perhatian banyak orang untuk menyaksikannya. Di tahun 2017 sendiri gerhana matahari total menjadi pemandangan menarik dilangit Amerika Serikat pada 21 Agustus lalu.

Peristiwa terjadinya gerhana matahari total ini melewati 50 negara bagian yang ada di Amerika Serikat. Gerhana totalnya sendiri hanya bisa disaksikan di 14 negara bagian di Amerika Serikat.

Banyak masyarakat berbondong-bondong menyaksikan gerhana matahari total dengan menggunakan kacamata pelindung. Berdasarkan polling yang dilakukan NASA, sekira 4,4 juta menyaksikan fenomena ini di AS. (Baca: 3 Tips Cara Aman Untuk Melihat Gerhana Matahari Total).

4. Supermoon

Foto Supermoon di Indonesia Fenomena Alam Langka Terbaru Paling Menghebohkan 2017

Fenomena yang terbilang cantik ini terjadi pada 3-4 Desember 2017. Fenomena supermoon terjadi ketika bulan telah mencapai titik terdekatnya dengan bumi, yang dikenal sebagai bulan perigee. Bulan mengelilingi Bumi dalam orbit elips atau oval, ketika Bulan mengalami fase purnama, maka terjadilah supermoon.

Fenomena supermoon yang terlihat pada 3 dan 4 Desember 2017, menjadi kesempatan terakhir di 2017 ini, sekaligus menutup tahun dengan keindahannya.

Menurut peneliti Bulan dalam fenomena supermoon tampak sekira 7% persen lebih besar, dan 15% lebih terang cahayanya, meski perbedaannya tidak terlalu tampak oleh mata manusia.

Menariknya pemandangan ini membuat banyak penduduk di berbagai negara mengabadikan Supermoon. Fenomena ini juga diperkirakan akan kembali terjadi pada 2 dan 31 Januari 2018.

5. Badai

Gambar Foto Badai Harvey di Texas Amerika Fenomena Alam Terbaru Yang Langka Paling Menghebohkan 2017 di Dunia

Lain halnya dengan fenomena alam di atas, fenomena ini cukup membuat masyarakat khawatir. Badai Harvey menjadi badai pembuka yang terjadi pada akhir Agustus di Texas dan Lousiana, AS. Akibat badai Harvey setidaknya 38 orang tewas dan ribuan warga lainnya mengungsi.

Menyusul kemudian Badai Irma yang melanda Florida, AS pada 11 September. Badai Irma sedikitnya telah menewaskan 33 orang di Florida dan menewaskan 8 orang di Georgia.

Masih di bulan September, Badai Jose terjadi sejumlah wilayah di Karibia. Badai Maria juga terjadi, menutup bulan September dan memporak-porandakan Kepulauan Karibia, Dominika dan Puerto Rico.

Category: Serba - SerbiTags: