Tersanjung Hingga Tersayang, Ini 6 Sinetron Paling Populer Tahun 90-an

BandarQ

Daftar Judul Sinetron Tahun 90an Paling Populer Laris Terfavorit di Indonesia

Wartainfo.com - Saat layar lebar menyurut, layar kaca justru terkembang. Sinetron menjadi hiburan favorit keluarga Indonesia. Sinetron bisa dibilang memiliki masa keemasan di era 90-an. Di masa ini stasiun televisi swasta sangat marak dengan sinetron-sinetron dengan beragam tema cerita. Mulai dari keluarga, kisah misteri, komedi, hingga persahabatan beda dunia.

Selain sebagai obat nostalgia, ternyata ada beberapa sinetron yang mengandung pelajaran yang sangat berharga. Pesan moral tentang keluarga, berbuat baik dengan sesama serta tentang persahabatan yang tentunya bisa menjadi inspirasi bagi penonton.

Baca juga:

Lalu apa saja sinetron hits di era 90'an yang bahkan masih diingat oleh sebagian besar masyarakat Tanah Air khususnya generasi 90'an hingga sekarang? Berikut ini daftar judul sinetron Indonesia jaman dulu di era 90an paling terpopuler dan banyak ditonton.

1. Tersanjung

Tersanjung Sinetron Tahun 90an Terpopuler Paling Panjang Episodenya di Indonesia

Duh siapa sih yang akan lupa akan sinetron legendaris satu ini? Tahukah Anda, sinetron yang dibintangi oleh Lulu Tobing, Ari Wibowo, Jeremy Thomas, dan Leily Sagita ini faktanya tayang selama 7 sesi, dari Tersanjung 1 hingga Tersanjung 7 dengan 360 episode. Bayangkan, sinetron ini tayang dari tahun 1998 hingga 2005.

Saking panjangnya sinetron yang melambungkan nama Lulu Tobing sebagai aktris papan atas Indonesia ini, Tersanjung masuk dalam daftar MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai 'Drama Sinetron dengan episode Terpanjang di Indonesia'.

Tersanjung bertutur tentang seorang gadis bernama Indah (Lulu Tobing) yang yatim piatu. Dia dibesarkan oleh keluarga Pak Kadis. Nah, istri Kadis, Rerno, ingin menjodohkan dengan Hendra. Tapi dalam perkembangan, Indah justru jatuh dalam pelukan Bobby (Raynold Surbakti) yang berakibat pada kehamilan Indah. Padahal tanpa sepengetahuan Indah, Bobby sudah dijodohkan dengan Mia. Ketika meminta pertanggungjawaban Bobby, Indah justru diusir Suryodibroto, ayah Bobby. Indah putus asa.

Di puncak keputuasaan, Indah nekad bunuh diri. Seorang wanita bernama Yayuk menyelamatkan hidup Indah yang lalu memberinya pekerjaan. Seorang pekerja bernama Rama (Ari Wibowo) jatuh cinta pada Indah. Keduanya lalu menikah. Beberapa lama kemudian, Indah melahirkan bayi laki-laki yang dinamani Dandy.Rama menganggap Dandy sebagai darah dagingnya sendiri. Suatu hari, Bobby datang dan lalu merebut Dandy dari tangan Indah dan Rama.

Inilah percikan yang kemudian membuat cerita melebar ke mana mana. Sinetron yang ditayangkan pertama kali pada 10 April 1998 dan disutradarai Vasant R. Patel asal India ini, diangkat berdasarkan skenario yang ditulis Deddy Armand. Selain Ari dan Lulu, sinetron ini juga dibintangi Anwar Fuady, Yatie Octavia, Robby Sugara, dll.

2. Jin dan Jun

Jin dan Jun Sinetron Generasi Tahun 90an Terfavorit Paling Populer di Indonesia

Kalau dengar judul sinetron yang ditayangkan oleh RCTI ini, pasti langsung ingat dengan paras tampan nan imut Syahrul Gunawan yang bersahabat dengan Om Jin.

Sinetron ini berceritakan tentang petualangan karakter Junaidi (Jun) yang dimainkan oleh Syahrul Gunawan bersama Om Jin yang ditemukan di laut Kidul, dengan karpet ajaib andalannya yang kerap digunakan untuk berangkat ke sekolah Jun. Disebutkan, sinetron ini perdana ditayangkan pada 14 Mei 1996.

Lewat sinetron yang disutradarai Arizal inilah, nama Sahrul Gunawan melambung di dunia hiburan tanah air. Alul, begitu panggilan akrabnya, yang mengawali karier sebagai penyanyi kemudian - karena sinetron ini-justru dikenal sebagai pemain sinetron.

Jin dan Jun mengisahkan petualangan Junaidi (Sahrul Gunawan) bersama jin dan ditemukannya di Laut Kidul. Suatu hari, Junaidi menemukan sebuah botol di sela-sela batu karang. Karena penasaran, Junaidi lantas membuka botol itu. Tak dinyana dari dalam botol itu keluar asap biru. Tiba-tiba sosok Jin berdiri di depan Junaidi. Usia Jin ini sekitar 300 tahun.

Merasa telah dibebaskan oleh Junaidi, sejak saat itu Om Jin, panggilan akrabnya, mengabdi pada Junaidi. Dimulailah petulangan seru Junaidi dan Om Jin. Kesuksesan sinetron ini lantas melahirkan banyak sinetron sejenis. Ada Jinny Oh Jinny, Tuyul dan Mbak Yul, dll.

Category: Sinetron FTVTags: