Tersanjung Hingga Tersayang, Ini 6 Sinetron Paling Populer Tahun 90-an

5. Si Doel Anak Sekolahan

Sarah Si Doel Anak Sekolahan Sinetron 90an Terfavorit Paling Banyak Ditonton di Indonesia

Si Doel Anak Sekolahan adalah mimpi Rano Karno yang menjadi kenyataan. Si Doel memang identik dengan Rano Karno. Dialah yang memerankan tokoh Si Doel dalam film Si Doel Anak Betawi yang disutradarai almarhum Syumandjaya. "Si Doel adalah obsesi saya. Selain mengangkat kehidupan masyarakat Betawi dengan segala pernik yang menjurus ke arah kurang baik, seperti pemalas, bodoh, tokoh Si Doel ingin mengubah mitos itu. Jujur saja, tokoh Si Doel panutan saya," ujar Rano Karno dalam wawancara dengan Bintang pada Januari 1994.

Si Doel Anak Sekolahan berkisah tentang perjuangan pemuda Betawi bernama Doel (Rano Karno) dalam mengagapi cita-cita menjadi insinyur. Doel tinggal bersama Babenya (almarhum Benyamin Sueb), Nyaknya (Aminah Cendrakasih) dan Atun (adiknya). Dalam perjalanannya, Doel yang di kala senggang menarik oplet ini terlibat cinta segitiga dengan dua gadis berbeda latar belakang, Sarah (Cornelia Agatha) dan Zaenab (Maudy Koesenaedi).

Semula, Si Doel hanya diproduksi sebagai mini seri sebanyak 6 episode. Tapi sambutan yang luar biasa membuat Rano Karno memperpanjang, bahkan pernah diproduksi sampai Si Doel 5. Si Doel 1, 2 dan 3, ratingnya masih sangat bergigi. Sayang, begitu memasuki Si Doel 4, mulai kehilangan kendali.

Si Doel melahirkan beberapa sosok yang kemudian jadi selebriti, seperti Maudy Koesnaedi dan Mandra. Tak ketinggalan Basuki dan Pak Tile. Si Doel Anak Sekolahan adalah Masterpiece-nya Rano Karno yang rasa-rasanya sulit terulang lagi.

6. Wiro Sableng 212

Ken Wiro Sableng Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212

Nomor 212 sebetulnya sudah cukup populer pada tahun 90-an. Apalagi lagi kalau bukan karena sinetron Wiro Sableng. Sedikit flashback, Wiro adalah seorang pendekar dengan senjata Kapak Maut Naga Geni 212 yang digunakannya untuk berpetualan dan menghajar musuh dengan jurus-jurus pamungkasnya.

Eitss, jangan salah! Sesuai dengan namanya, jurus-jurus pendekar ‘gendeng’ ini terbilang unik dan bisa bikin siapa saja tertawa terbahak-bahak. Sebut saja Kunyuk Melempar Buah, Pukulan Sinar Matih, Pukulan Angin Puyuh, dan yang paling populer adalah Serangan Kapak Mau Naga Geni 212.

Category: Sinetron FTVTags: