5 Kisah Nabi dan Para Hewan Yang Pernah Menyelamatkannya

Laba-laba dan Nabi Muhammad SAW

Kisah Nabi Muhammad SAW dan Laba-laba di Gua Tsur

Dalam menjalankan dakwah Nabi Muhammad SAW banyak mendapat pertentangan dari kaumnya sendiri, kaum Quraish. Kaum kafir Quraish berencana membunuh Rasulullah, mereka pun membuat sayembara, siapa pun yang berhasil menemukan Rasulullah maka akan dihadiahi 10 ekor unta.

Peristiwa tersebut diabadikan dalam Alquran, tepatnya di surah at-Taubah ayat 40. Ayat itu berbunyi, "Jikalau kalian tidak menolongnya (Muhammad), sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrik Makkah) mengusirnya (dari Makkah), sedangkan dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada di dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya, 'Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita'. Maka, Allah menurunkan ketenangannya kepadanya (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang tidak kalian lihat dan Allah menjadikan seruan orang-orang kafir itulah yang rendah dan kalimat Allah itulah yang tinggi. Allah mahaperkasa lagi mahabijaksana."

Nabi Muhammad SAW pun pergi mencari tempat persembunyian, hingga menemukan gua Tsur dan beliau pun bersembunyi di dalamnya.

Gua Tsur berjarak sekitar enam kilometer arah Selatan Masjidil Haram. Gua Tsur berada di Jabal Tsur Gunung tertinggi di Kota Mekah ini memiliki 3 puncak yang bersambungan dan berdekatan, di puncaknya terdapat gua yang bernama Gua Tsur tempat Rasulullah Saw dan sahabatnya Abu Bakar Ashiddiq bersembunyi dari kejaran kaum kafir Quraisy. Peristiwa ini terjadi pada tahun 622 M sewaktu Rasulullah akan hijrah menuju Kota Madinah.

Dengan pertolongan Allah Swt, orang kafir Quraish yang mengejar Rasulullah Saw saat itu tertipu ketika berada di depan gua Tsur. Mereka menemukan pintu gua di mana Rasulullah Saw bersembunyi ditutupi sarang laba-laba dan burung merpati yang sedang bertelur.

Mereka berkesimpulan, tidak mungkin ada orang yang baru masuk ke dalam gua itu. Sebab arang laba-laba yang berada dipintu gua sedikit pun tidak rusak. Begitu juga burng merpati yamg ada didalam tetap diam disarangnya. Mustahil Rasulullah Saw dan Abu Bakar ada didalam gua Tsur, sedangkan sarang laba-laba tidak rusak.

Akhirnya pengejaran dihentikan oleh kafir quraisy dan mereka pun kembali ke Mekah. Padahal Nabi Saw dan Abu Bakar memang sedang berada dalam gua tersebut.

Rasulullah Saw bersama Abu Bakar bersembunyi selama tiga hari. Asma binti Abu Bakar, adalah penolong yang secara diam-diam datang berulang kali mengantarkan makanan dan kebutuhan lainnya. Setelah merasa aman barulah Rasulullah meneruskan perjalan hijrah.

Category: Khazanah IslamiTags: