Kisah Tragis Andres Escobar, Ditembak Mati Karena Gol Bunuh Diri

Andres Escobar Saldarriaga Pictures

Wartainfo.com - Kisah tragis Andres Escobar karena sebuah gol bunuh diri di Piala Dunia 1994 Amerika Serikat mendunia. Kematiannya adalah ironi, karena Piala Dunia semestinya menjadi pesta untuk dunia sepakbola. Kalaupun ada kemuraman di sana, seharusnya hanya dipicu karena kekalahan-kekalahan yang niscaya wajar saja di dalam permainan.

Escobar datang ke Piala Dunia 1994 sebagai kapten timnas Kolombia, tim yang performanya jadi salah satu yang ditunggu. Skuat besutan Francisco Maturana itu melaju tangguh dalam perjalanan menuju ke turnamen, dengan pemain-pemain bertalenta seperti Faustino Asprilla, Carlos Valderrama, Fredddy Rincon, termasuk Escobar.

Kolombia tak terkalahkan di fase kualifikasi Piala Dunia Grup A Amerika Selatan. Mereka melalui enam laga dengan empat kemenangan dan dua kali imbang. Termasuk dari salah satu kemenangan itu adalah kala mereka membungkam Argentina 5-0 di laga terakhir, yang menentukan status juara grup. Argentina yang kalah di kandang sendiri pun terpaksa menjalani play-off.

Dalam 26 pertandingan menuju Piala Dunia 1994 itu, Kolombia bahkan cuma kalah sekali. Escobar-lah yang memimpin barisan pemain bertalenta skuat Kolombia tersebut di lapangan. Pemain belakang ini dijuluki El Caballero del Futbol, atau Gentleman of Football dalam bahasa Inggris. Julukan itu didapatnya dari gaya bermain elegan, tenang, dan 'bersih' di lapangan.

Tapi hidup punya caranya sendiri untuk membuka jalan menuju tragedi. Kolombia yang diprediksi Pele bisa mencapai minimal semifinal itu memulai turnamen dengan kekalahan 1-3 dari Rumania. Escobar dkk. mengawali dengan situasi tertekan. Mereka harus menghadapi tuan rumah Amerika Serikat di partai kedua.

Pada 22 Juni 1994 itu, Escobar turun sebagai starter. Di menit ke-35, sebuah umpan silang yang dilepaskan John Harkes coba dipotong sang kapten Kolombia. Escobar merentangkan kakinya dalam posisi menghadap gawang sendiri. Nahas, bola melintir masuk ke gawang sementara kiper sudah terlanjur mati langkah.

Download Video Foto Gol Bunuh Diri Andres Escobar Own Goal

Gol Bunuh Diri Andres Escobar

Kolombia kalah 1-2 di laga tersebut, membuat kans lolos menyempit. Mereka pada akhirnya benar-benar tersingkir meski menang atas Swiss di partai terakhir, setelah Rumania mengandaskan AS. Kolombia yang digadang-gadang cemerlang, tersingkir sebagai juru kunci.Enam hari setelah Kolombia tersingkir, tepatnya pada 2 Juli 1994, Andres Escobar meninggal dunia.

Category: Olahraga, Sepakbola