Cium Bibir Wanita Korea di Atas Panggung, Presiden Duterte Tuai Kecaman

BandarQ

Wigobet

Ciuman Bibir Presiden Duterte Kiss dengan Wanita Korea

Wartainfo.com - Presiden Filipina Rodrigo Duterte kembali melakukan hal yang menuai kontroversi. Saat berkunjung ke Korea Selatan (Korsel). Di atas panggung, dia tiba-tiba saja mencium bibir seorang perempuan.

Pemimpin yang terkenal dengan kata-kata kasar dan sikap gamblangnya terhadap narkoba itu tampaknya berusaha menunjukkan sisi yang lebih memesona selama bertemu dengan masyarakat Filipina. Apalagi ketika dia memanggil dua wanita muda ke atas panggung.

Sambil bergurau, Duterte mengatakan akan memberikan buku berjudul “Altar of Secrets: Sex, Politics and Money in the Philippine Catholic Church” dengan imbalan ciuman khusus untuk perempuan.

"Kamu harus membayar dengan ciuman. Apakah Anda siap untuk berciuman," kata Duterte, seperti dilansir dari Telegraph.

Heboh Foto Ciuman Bibir Kiss Duterte dengan Wanita Muda Korea

Aksi Presiden Filipina Duterte mencium bibir Wanita saat berkunjung di Korea.

Dia kemudian memanggil dua wanita muda itu ke atas panggung dan mengatakan akan mencium pipinya. Namun, ia kemudian memberi isyarat kepada yang lain bahwa dia ingin mencium bibirnya.

"Apakah Anda lajang? Punya hubungan? Kamu bisa mengatakan pada pacarmu bahwa ini hanya lelucon," ujarnya sesaat sebelum mencium wanita tersebut.

Gerakannya yang canggung sontak mendapatkan sorak-sorai dari penonton. Meski menurutnya hal itu hanya lelucon, banyak warganet di media sosial yang mengatakan bahwa Duterte bagai sosok yang munafik dengan berupaya membangun sebuah citra pribadi yang hangat.

Aksi Duterte menuai kecaman khususnya dari aktivis perempuan. Duterte dinilai telah melecehkan perempuan dengan melakukan ciuman di atas panggung tersebut. Namun hal tersebut dibantah oleh pihak Istana Kepresidenan Filipina.

Istana mengatakan Duterte berkomitmen pada hak-hak perempuan. Sebagai contoh, saat Duterte menjabat sebagai Wali Kota Davao, dia membuat aturan yang melindungi perempuan dari pelecehan seksual.

"Memaksa melakukan ciuman itu untuk kepentingan merupakan pelecehan," cuit salah satu akun Twitter bernama Rik Escuderro.

Lihat juga: Cium Mesra Bibir Anak Perempuannya Saat Ulang Tahun, Pria ini Dikecam

Category: Internasional, NewsTags: