Prancis Juara Piala Dunia 2018 Rusia Setelah Tundukkan Kroasia 4-2 di Final

Prancis Juara Piala Dunia 2018 Rusia World Cup Winner

Wartainfo.com - Prancis tampil menjadi juara Piala Dunia 2018 Rusia. Les Bleus mengalahkan Kroasia dengan skor 4-2 dalam laga final yang dilangsungkan di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7/2018) malam WIB.

Timnas Prancis membuka keunggulan pada menit ke-18 melalui tendangan bebas Antoine Griezmann yang kemudian meluncur deras ke gawang setelah mengenai kepala Mario Mandzukic yang berusaha menghalau datangnya bola. Gol ini pun diklaim oleh FIFA sebagai gol bunuh diri Mandzukic.

Kroasia tak butuh waktu yang lama untuk bisa membuat kedudukan menjadi imbang. Ivan Perisic berhasil membuat kedudukan menjadi imbang 1-1 melalui gol yang dicetaknya pada menit ke-29.

Berawal dari kemelut di kotak penalti Prancis, Perisic mendapatkan sodoran bola dari Domagoj Vida dan langsung melepaskan tembakan keras dengan kaki kiri yang tak mampu dihalau Hugo Lloris.

Namun, timnas Prancis kembali unggul pada menit ke-37 melalui eksekusi penalti Griezmann. Handball yang dilakukan Ivan Perisic di dalam kotak penalti dilihat lagi oleh wasit melalui Video Assistant Referee (VAR) yang kemudian memutuskan memberikan penalti kepada Les Bleus.

Prancis vs Kroasia Final Piala Dunia 2018 Rusia

gol bunuh diri Mandzukic

Tertinggal 1-2 di babak pertama membuat Kroasia terus berusaha meningkatkan serangannya di babak kedua. Permainan cepat terus diperlihatkan oleh Luka Modric dkk. untuk bisa mengejar ketertinggalan.

Namun, justru Prancis yang berhasil memperbesar keunggulan pada menit ke-59 melalui gol yang dicetak Paul Pogba. Gelandang bertahan Les Bleus itu menerima umpan sodoran dari Antoine Griezmann dan mencoba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti.

Bola tembakan kaki kanannya sempat membentur pemain bertahan Kroasia dan bola rebound disambarnya kembali dengan tembakan kaki kiri yang tak bisa dihalau oleh kiper Kroasia, Danijel Subasic.

Lihat juga: Foto Hot Natalya Nemchinova, Suporter Wanita Seksi Rusia Paling Tercantik di Piala Dunia 2018

Kroasia seakan kehilangan semangat untuk bisa menantang Prancis. Hal tersebut terlihat dari begitu cepatnya Les Bleus memperbesar kembali keunggulan menjadi 4-1 pada menit ke-65 melalui gol yang dicetak Kylian Mbappe.

Pemain termuda di Piala Dunia 2018 itu mencetak gol setelah menerima umpan dari Lucas Hernandez. Mbappe tampak dengan tenang melepaskan tembakan mendatar yang meluncur ke sudut kanan bawah gawang Kroasia.

Foto Prancis Juala Piala Dunia 2018 Pics

Selebrasi pemain Timnas Prancis

Kroasia berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 2-4 pada menit ke-69 lewat gol yang dicetak Mario Mandzukic. Gol dari Kroasia tercipta karena blunder yang dilakukan kiper Prancis, Hugo Lloris, yang bermaksud mengecoh Mandzukic di dalam kotak penalti. Sayang, bola mengenai kaki Mandzukic dan masuk ke dalam gawang Timnas Prancis.

Tekanan pun kembali diperlihatkan oleh Kroasia untuk bisa kembali memperkecil ketertinggalan. Namun, hingga pertandingan berakhir tak ada satu pun gol tambahan yang tercipta. Les Bleus pun resmi menjadi juara Piala Dunia 2018.

Sementara itu. Deschamps mengakui performa Prancis di final tak sempurna. Tapi ia menilai Antoine Griezmann dkk. punya mental yang cukup kuat untuk mengatasi kesalahan-kesalahan di atas lapangan.

"Sumber kebanggaan terbesar saya dari tim ini adalah mereka punya kondisi pikiran yang tepat untuk turnamen seperti ini. Saya ulang sepanjang waktu: jangan menyerah, jangan pernah menyerah," ujar Deschamps seperti dikutip situs resmi FIFA.

"Hari ini ada ketidaksempurnaan dan kami tidak melakukan segalanya dengan tepat, tapi kami punya kekuatan mental dan kualitas psikologis yang menentukan di Piala Dunia ini."

Ini menjadi gelar juara Piala Dunia yang kedua untuk Prancis. Mereka mengakhiri penantian yang sudah berlangsung selama 20 tahun, setelah yang pertama didapat pada tahun 1998. Di 2006 Prancis juga masuk final, tapi mereka kalah melalui adu penalti dari Italia.

Bagi Kroasia, kekalahan ini memupus harapan mereka untuk merebut trofi Piala Dunia untuk kali pertama. Ini jadi capaian terbaik negara tersebut di Piala Dunia, setelah pada 1998 merebut posisi tiga.

Fakta Menarik Usai Prancis Vs Kroasia

  1. Antoine Griezmann berhasil mendulang empat gol dan dua assist di Piala Dunia 2018. Jumlah tersebut membuat Griezmann menyamai Harry Kane (6 gol), sebagai pemain yang paling banyak berkontribusi terhadap gol di Piala Dunia tahun ini.
  2. Kylian Mbappe (19 tahun 207 hari) menjadi remaja kedua yang berhasil mencetak gol di final Piala Dunia, setelah sebelumnya Pele (17 tahun 249 hari) pada 1958.
  3. Jumlah enam gol yang tercipta di final Piala Dunia 2018, sama banyaknya dengan kombinasi empat final Piala Dunia sebelumnya (2002 hingga 2014).
  4. Didier Deschamps menjadi sosok ketiga yang meraih trofi Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih. Sebelumnya, Deschamps menjuarai Piala Dunia sebagai pemain pada 1998. Selain Deschamps ada Franz Beckenbauer (pemain pada 1974 dan pelatih pada 1990) serta Mario Zagallo (pemain pada 1958 dan 1962 serta pemain pada 1970).
  5. Olivier Giroud tidak melepaskan satu pun tembakan tepat sasaran dari 546 menit bermain di Piala Dunia 2018 bersama timnas Prancis.
  6. Mario Mandzukic menjadi pemain kedua yang mencetak gol dan gol bunuh diri dalam satu laga di Piala Dunia. Sebelumnya pernah dilakukan oleh Ernie Brandts ketika memperkuat timnas Belanda menghadapi Italia pada Piala Dunia 1978.
  7. Mario Mandzukic juga menjadi pemain kelima yang mencetak gol di final Piala Dunia dan Piala/Liga Champions. Hal serupa pernah dilakukan Ferenc Puskas, Zoltan Czibor, Gerd Muller dan Zinedine Zidane.
  8. Berhasil membawa timnas Prancis menjuarai Piala Dunia 2018, Raphael Varane telah meraih 16 gelar juara.
Category: Olahraga, SepakbolaTags: