Ini Rahasia Kostum Tari Ratoh Jaroe di Pembukaan Asian Games 2018

Kostum Penari Ratoh Jaroe Aceh di Opening Asian Games 2018

Wartainfo.com - Opening Ceremony Asian Games 2018 Sabtu (18/8) malam WIB berlangsung gegap gempita di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Sebanyak 45 kontingen terlibat langsung memeriahkan seremoni, dengan penyalaan obor masif sebagai puncak acara. Seremoni tersebut berlangsung meriah sejak awal.

Penonton dibuat takjub dengan suguhan tari Ratoh Jaroe asal Aceh yang mengundang decak kagum. Sebanyak 1.600 penari dari 18 SMA se-DKI yang disorot dari atas terlihat memakai kostum warna keabuan dengan topi warna emas.

Namun saat penonton tengah asyik menikmati tarian di babak awal pembukaan Asian Games 2018, dengan formasi yang terlihat indah dilihat dari atas, tiba-tiba dalam hitungan detik beberapa penari sudah berganti baju menjadi orange. Membuat orang bertanya-tanya bagaimana secepat itu para penari Ratoh Jaroe dapat berganti baju?

Download Video Tarian Ratoh Jaroe Aceh di Opening Asian Games 2018

Kejutan seru tak hanya berhenti di situ belum terjawab pertanyaan pertama, para penari pengisi Pembukaan Asian Games 2018 berganti baju lagi menjadi ungu. Tak heran seluruh mata pun semakin takjub. Ternyata kostum dan koreografi tari ini merupakan karya Deni Malik.

Baca juga:Video 6 Momen Memukau Opening Ceremony Asian Games 2018 Yang Viral

Ternyata ada rahasia di balik kecepatan pergantian kostum tersebut. Sebuah video viral pada hari Minggu (19/8/2018) yang memperlihatkan bagaimana satu buah kostum dapat berubah menjadi 5 warna yang berbeda dengan cepat.

Rahasia Dibalik Kostum Penari Ratoh Jaroe Aceh di Pembukaan Asian Games 2018

Ternyata dalam satu buah kostum terdapat 5 lapisan busana dengan warna yang berbeda. Keseluruhan bagian memiliki perekat di beberapa bagian ujung busana sehingga mudah dilepas dan direkatkan kembali.

Tak heran dalam hitungan detik 1.600 penari dari 18 SMA se-DKI ini dapat dengan mudah mengganti kostum dengan warna yang berbeda. Semua hal betul-betul diperkirakan dengan sempurna oleh Deni Malik sang penata kostum dan koreografi tari.

Opening Ceremony Asian Games 2018 memang berlangsung megah dan meriah. Bangsa kita patut berbangga diri. Oleh sebab itu, mari jadikan informasi ini sebagai wawasan untuk mengenal budaya kita, Indonesia, dan sebagai pemicu untuk lebih mengenal keberagaman yang sudah menjadi identitas bangsa kita. Hidup Indonesia!

Category: Tahukah Kamu?, Tradisi BudayaTags: