Larangan Berfoto Tidak Senonoh di Bali Dibahas Media Luar Negeri

Foto Turis Bule Cantik di Pantai Bali

Wartainfo.com - Pulau Bali menjadi destinasi wisata yang sangat terkneal tak hanya di Indonesia namun hingga ke manca negara. Penyebabnya pulau ini menyimpan kemolekan wisata yang lengkap mulai dari wisata alam berupa wisata pantai, wisata danau, wisata air terjun maupun wisata budaya yang ditunjang dengan masyarakatnya yang masih memegang teguh tradisi serta bertebarnya rumah ibadah agama Hindu yang sangat unik.

Keindahan Bali memang sudah terkenal di mata dunia. Selain alam yang eksotis, kebudayaan dan agama menjadi hal yang tak bisa dipisahkan dari pariwisata.

Bali kembali ramai diperbincangankan oleh media internasional. Hal ini terkait larangan berfoto seksi dan tidak senonoh di situs suci Bali.

Media-media internasional seperti Fox News dan News Australia ramai membahas tentang larangan foto tidak senonoh tersebut. Fox News menulis dengan judul 'Bali considering banning bikini-clad tourists from taking photos at holy sites'. Sedangkan News Australia, judul artikelnya 'Bali considering new rules to clamp down on tourists' offensive behaviour'.

Kelakuan Tak Senonoh turis Denmark di Bali

Foto turis Denmark berpose di atas pelinggih (pura kecil) di Bali yang beberapa waktu lalu viral di media sosial menuai banyak kritik.

Melansir Australian News dan Fox New, Kamis (27/9/2018) Bali terkenal sebagai Pulau 1.000 Pura. Keindahan pura, budaya dan agama menjadi hal yang begitu menarik di mata wisatawan.

Baca juga: 6 Bule Cantik Yang Menikah dengan Pria Indonesia

Namun timbul keresahan baru di tempat-tempat suci ini. Kebanyakan wisatawan datang dengan memakai baju yang minim dan kurang sopan. Khawatir dengan hal ini, pemerintah di Bali pun mempertimbangan batasan baru dalam berpakaian ke tempat suci.

"Kualitas turis sekarang berbeda dari sebelumnya. Itu karena kami terlalu terbuka dengan turis, jadi banyak yang datang," ujar Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Sukawati atau yang akrab disapa Cok Ace.

Dalam wawancaranya Cok Ace menyebutkan bahwa kunjungan wisatawan ke Bali mencapai 5 juta pada tahun 2017. Namun dengan meningkatnya perilaku kurang terhormat ini, Cok Ace memberikan tawaran baru.

Foto Seksi Turis Bule Cantik Berjemur di Pantai Kuta Bali

Cok Ace mengatakan dalam beberapa minggu mendatang dewan regional akan memikirkan kembali apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan oleh wisatawan di sekitar kuil Hindu di Bali. Termasuk dengan tidak membiarkan turis mengunjungi pura tanpa didampangi.

"Ini adalah upaya pemerintah untuk mempertahankan Pura. Pura perlu dilestarikan karena mereka adalah roh budaya dan adat Bali," ungkap Cok Ace.

Kekhawatiran ini muncul setelah viralnya seorang turis Denmark yang duduk di bagian suci Linggih Padmasana di Pura Puhur Luhur Batukaru. Turis tersebut terlihat berjongkok di atas takhta, yang seharusnya dibiarkan kosong untuk Dewa Hindu Bali.

Bukan hanya turis Denmark, awal tahun ini seorang vlogger Spanyol juga mendapat kecaman setelah dia memposting video dirinya mendaki sebuah pura. Volgger tersebut terpaksa mengeluarkan permintaan maaf. Dan pada tahun 2016, seorang wanita muda mengenakan bikini memicu kemarahan di Bali ketika dia difoto dalam pose yoga di depan sebuah pura.

Kejadian seperti ini bukan hanya terjadi di Bali tapi juga di negara lain. Di Thailand, misalnya, pasangan Amerika dituduh tidak senonoh tahun lalu karena menurunkan celana mereka untuk foto telanjang di depan kuil suci Wat Arun.

Baca juga:

Category: INFO TravelTags: