Video Amatir Detik-detik Tsunami Yang Terjadi di Palu Sulawesi Tengah

Foto Tsunami Palu Donggala Sulawesi 2018

Wartainfo.com - Gempa bumi diketahui awalnya diinformasikan berkekuatan magnitudo 7,7 lalu dimutakhirkan BMKG menjadi magnitudo 7,4 mengguncang Kota Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9/2018) pukul 17.02 WIB dengan pusat gempa pada 10 km atau 27 km Timur Laut Donggala, Sulawesi Tengah.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, berdasarkan konfirmasi kepada BMKG, tsunami terjadi menerjang pantai. Posko BNPB juga telah mengonfirmasi ke BPBD bahwa tsunami telah menerjang pantai Talise di Kota Palu dan pantai di Donggala.

Tsunami Palu

Setelah gempa 7,4 M, detik-detik tsunami yang menerjang Palu, Sulawesi Tengah terekam dalam video yang kemudian viral. Video yang tersebar luas di media sosial itu disebut direkam di Palu Grand Mall. Dari atas, terlihat air laut menerjang bangunan di pinggir laut.

Bangunan-bangunan itu tampak rusak. Kamera juga menyorot masjid yang rusak. Masjid yang tampak di video identik dengan Masjid Agung Darussalam, Palu. Di video itu, tampak baliho caleg DPRD Palu ikut diterjang tsunami. Suara warga yang panik terdengar di video.

Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono membenarkan video tsunami yang viral adalah benar terjadi di Palu. Konfirmasi itu didapat setelah video ditunjukkan ke BMKG Palu.

"Kami sudah confirm, terjadi tsunami di Palu. Kami putar videonya, itu adalah tsunami yang terjadi di Palu, di dekat pelabuhan," kata Rahmat dalam video conference di kantor BMKG, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (28/9/2018).

Berikut ini video detik-detik terjadinya tsunami di Palu Sulawesi Tengah

Category: Berita Peristiwa, NewsTags: