7 Fakta Pasca Gempa Tsunami di Palu dan Donggala Sulawesi Tengah

3. 18 Negara Tawarkan Bantuan

Jumlah negara yang menawarkan bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tenggara bertambah. Kini setidaknya ada 18 negara yang mengulurkan tangan.

Gempa Palu Donggala Sulawesi Tengah 2018

4. 114 WNA Berada di Palu-Donggala Saat Gempa

Data warga negara asing (WNA) yang berada di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng), mengalami pembaruan. Kini disebutkan ada 114 WNA dari berbagai negara.

Berikut ini data 114 WNA seperti dijelaskan Sutopo:

  • 1 WN Singapura sudah dievakuasi ke Jakarta
  • 2 WA Belgia, satu orang sudah dievakuasi ke Jakarta dan satu belum diketahui keberadaannya
  • 1 WN Korea Selatan kondisi belum diketahui, diduga posisi berada di bawah reruntuhan Hotel Roa Roa yang terkena gempa. Tadi sempat ditemukan 1 orang perempuan tapi bukan WN Korea
  • 2 WN Prancis kondisi belum diketahui
  • 1 WN Spanyol ada di Ternate dalam kondisi sehat dan selamat
  • 3 WN Malaysia, satu ada di bandara, satu luka di RS, dan satu ada di Poso kondisinya selamat
  • 10 WN Vietnam berada di posko Bandara Mutiara SIS Al-Jufri, Palu, kondisi aman. Ada kemungkinan sudah dievakuasi dengan pesawat Hercules ke Makassar
  • 32 WN Taiwan, 15 di bandara, 17 di IAIN
  • 21 WN China kondisi aman, ada di hotel
  • 7 WN Sri Lanka aman dan sudah dihubungi kedutaan
  • 9 WN Belanda kondisi aman dan ada di Donggala. Pagi tadi dihubungi Kedutaan Besar Belanda untuk menanyakan proses evakuasi. Jalur darat bisa ditempuh menuju Mamuju
  • 20 WN Jerman, 2 orang di bandara, 1 orang aman, 17 orang aman di Donggala
  • 1 WN Swiss kondisi aman di Donggala

5. 1.425 Napi dan Tahanan di Sulteng Kabur Pascagempa

Direktur Jenderal Pemasyarakatan Sri Puguh Budi Utami menyebut total ada 1.425 narapidana (napi) dan tahanan yang kabur dari lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan) yang ada di Sulawesi Tengah (Sulteng). Mereka kabur karena panik saat gempa terjadi.

"Isi total Sulteng 3.320 (orang), existing 1.795, sisanya yang nggak ada di tempat 1.425. Itu berdasarkan informasi pagi ini," ucap Sri Puguh saat jumpa pers.

Foto Gempa Bumi Palu Donggala Sulawesi Tengah 2018 Terbaru

6. Wilayah Terdampak Gempa Terparah

Selain wilayah Donggala dan Palu yang terpapar paling parah usai gempa dan tsunami menyapu daratan, ada dua kabupaten lagi di Sulteng yang juga terdampak gempa magnitudo 7,4, pada Jumat, 28 September lalu. Yaitu Kabupaten Sigi dan Parigi Moutong.

Separah apa kondisi di sana, BNPB mengaku belum mengetahui secara pasti, karena komunikasi masih lumpuh dan listik padam.

"Bapak Presiden juga telah berusaha untuk kontak dengan Gubernur Sulawesi Tengah, ternyata juga mengalami kendala yang sama," ucap Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo.

7. 16 Ribu Warga Mengungsi

Kini ada sekitar 16.732 orang yang mengungsi akibat gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Mereka tersebar di 24 titik pengungsian yang ada di Kota Palu.

Di lapangan Vatulemo tercatat 1.000 orang, halaman perkantoran 2.000 orang, Bundaran Biromaro 2.000 orang, Masjid Raya Palu 300 orang, Poboya Mako Sabhara 5.000 orang, Lapangan Anoa 100 orang.

Selanjutnya di Lapangan Paqih Rasyid tercatat 500 orang, GOR Siranindi 200 orang, Belakang Basarnas Jalan Basuki Rahmat 100 orang, Jalan Maleo 100 orang, Pantoloan Boya (SD belakang Pustu) 200 orang, Gunung Pantoloan Boya 500 orang.

Titik pengunsian lainnya ada di Camping Baiya, Pantoloan Boya, Kantor Dinsos, Lapangan Perdos, Jalan Garuda, Lapangan Dayodara, Halaman Detasemen, BTN Lasoani, Lapangan Kawatuna, Mako Satbrimob Mamboro, dan Polda Baru Soetta.

Category: Berita Peristiwa, NewsTags: