Lima Etnis Suku Tionghoa yang Ada di Indonesia

Foto Perempuan Cantik Suku Tionghoa Tiongkok di Indonesia

Wartainfo.com - Tak terasa momen perayaan tahun baru Imlek 2019 atau Sin Cia tinggal menghitung hari, tepatnya pada Selasa, 5 Februari 2019. Masyarakat Tionghoa mulai mempersiapkan kebutuhan untuk menyambut upacara tahun baru mereka. Beberapa atraksi dari barongsai dan liong tentunya menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu dalam perayaan imlek.

Sebagaimana diketahui, etnis Tionghoa memang mendiami beberapa wilayah yang ada di Indonesia. Suku Tionghoa-Indonesia adalah salah satu etnis di Indonesia yang asal usul leluhur mereka berasal dari Tiongkok (China).

Mereka telah berbaur dengan masyarakat pribumi, menikah dan memiliki keturunan. Alhasil anak cucu mereka kerap disebut dengan Tionghoa peranakan.

Baca juga:

Sebenarnya masyarakat Tionghoa ini terdiri dari beberapa suku yang memiliki dialek berbeda dan tersebar di wilayah Indonesia. Merangkum dari berbagai sumber, Wartainfo.com akan membahas mengenai 5 suku Tionghoa dan persebarannya di Indonesia. Berikut ulasannya.

1.Hokkian

Foto Gadis Cantik Suku Tionghoa Hokkian di Indonesia

Suku ini menjadi mayoritas etnis Tionghoa di Indonesia. Mereka merupakan orang-orang yang berasal Provinsi Fujian yang terletak di tenggara China. Mereka datang ke Indonesia dan beberapa negara lain di dunia sebagai perantau.

Sebagai suku Tionghoa yang paling banyak populasinya, masyarakat Hokkian banyak berdiam di beberapa wilayah di Indonesia seperti: Riau, Padang, Jambi, Palembang, Bengkulu, Jawa, Bali, Banjarmasin, Kutai, Ambon, Kendari, Manado dan Makassar.

2.Hakka

Gambar Cewek Cantik Tionghoa Hakka Indonesia

Masih mirip dengan Hokkian, Hakka atau biasa disebut suku Khek merupakan masyarakat Tionghoa perantauan dari kawasan pegunungan provinsi Guangdong, Fujian dan Guangxi di Tiongkok.

Mereka memiliki bahasa Hakka yang kuat yang menjadi salah satu dari tujuh bahasa di negara China saat ini. Persebaran suku Hakka terdapat di Aceh, Batam, Palembang, Bangka Belitung, Lampung, Jakarta, Jawa, Pontianak, Banjarmasin, Manado, Makassar, Ambon dan Papua.

Category: Serba - SerbiTags: