Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-22 2019 Setelah Kalahkan Thailand 2-1

Timnas Indonesia U-22 Juara Piala AFF U-22 2019

Wartainfo.com - Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 keluar sebagai juara Piala AFF U-22 2019. Di final, Garuda Muda mengalahkan Thailand 2-1. Di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2/2019). Indonesia sempat berimbang 0-0 dengan Thailand di babak pertama. Di babak kedua, Indonesia bangkit dari ketertinggalan.

Thailand sempat memimpin di menit ke-57 lewat sang kapten Saringkan Promsupa, tapi Indonesia bisa membalikkan keadaan. Sani Rizki menyamakan skor usai sepakannya masuk ke gawang, karena membentur bek Thailand. Kemudian tandukan Osvaldo Haay di menit ke-63 memastikan kemenangan Indonesia.

Hingga laga tuntas, Thailand tak mampu mengejar ketertinggalannya dari Indonesia. Skuat Merah Putih pun menjadi juara Piala AFF U-22 usai mengalahkan Thailand 2-1 di babak puncak. Ini menjadi gelar pertama Timnas Indonesia di ajang Piala AFF U-22.

Jalannya Pertandingan Babak Pertama

Timnas Indonesia U-22 vs Thailand Juara Piala AFF U-22 2019

Timnas Indonesia U-22 memulai babak pertama dengan amat baik karena penguasaan bola dapat langsung dimilikinya. Awal yang baik itu membuat Timnas Indonesia U-22 mampu menekan Thailand lebih dulu demi membuat gol pembuka di pertandingan itu.

Pada menit kelima, Osvaldo mendapatkan peluang emas untuk membuka keunggulan Timnas Indonesia U-22. Akan tetapi, bola hasil sepakan Osvaldo masih mampu digagalkan Nareechan tepat di garis gawang Thailand.

Setelah peluang itu, Timnas Indonesia U-22 terus melancarakan serangan ke pertahanan Thailand. Kendati demikian, Thailand masih mampu bertahan dengan cukup baik sehingga usaha Garuda Muda –julukan Timnas Indonesia U-22– masih belum berbuah hasil.

Keasyikan menyerang membuat Timnas Indonesia U-22 lengah sehingga terjadi kemelut di depan gawang Awan Setho. Kemelut itu berawal dari sepak pojok yang di dapatkan Thailand. Namun, kemelut itu berakhir saat Firza Andika membuang bola tepat di garis gawang Timnas Indonesia U-22. Setelah itu, permainan berjalan dengan lebih terbuka, tetapi hingga babak pertama selesai tidak ada gol yang tercipta untuk kedua tim.

Babak Kedua

Timnas Indonesia U-22 vs Thailand Piala AFF U-22 2019

Babak kedua dimulai sengit karena kedua tim saling berbalas serangan untuk mencetak gol lebih dulu. Beberapa pelanggaran pun terjadi pada awal babak kedua karena tempo permainan yang semakin meningkat.

Thailand pun mendapatkan tendangan bebas tak jauh dari gawang Timnas Indonesia U-22. Tendangan bebas itu berbuah gol untuk Thailand saat sundulan Promsupa mampu mengoyak jala gawang Awan Setho.

Tertinggal satu gol tak membuat Timnas Indonesia U-22 menyerah. Garuda Muda terus melancarkan serangan untuk menyamakan kedudukan. Usaha Timnas Indonesia U-22 baru berbuah hasil pada menit ke-59 saat bola sepakan Sani berubah arah setelah menyentuh salah satu pemain Thailand.

Keunggulan Timnas Indonesia kembali bertambah lima menit berselang saat Osvaldo Haay mampu mencatatkan namanya di papan skor. Osvaldo mampu menyundul bola hasil tendangan bebas Luthfi Kamal yang membuat Nareechan memungut bola dari gawangnya lagi.

Thailand yang membutuhkan gol mulai menaikkan tempo permainan dan berusaha keras menekan pertahanan Timnas Indonesia U-22.Thailand sempat mendapatkan angin segar saat Bagas mendapatkan kartu merah di menit ke-89. Akan tetapi, hingga peluit panjang tanda pertandigan berakhir tak ada gol tambahan yang tercipta bagi kedua tim sehingga Timnas Indonesia U-22 resmi menjadi juara Piala AFF-22 2019.

Susunan pemain Timnas Indonesia U-22 vs Thailand di Piala AFF U-22 2019

Timnas Indonesia U-22 (4-3-3): Awan Setho; Firza Andika, Bagas, Nurhidayat, Asnawi Mangkualam; Zola, Luthfi, Sani; Witan, Marinus, Osvaldo Haay.

Thailand (3-5-2): Nareechan; Saengdao, Ballini, Promsupa; Kesi, Sakunchai, Intanee, Tanspisit, Nontharat; Kowingam, Wongorn.

Highlight & Gol Final AFF CUP 2019 Timnas Indonesia U-22 vs Thailand U-22 (2 - 1)

Category: Olahraga, SepakbolaTags: