4 Fakta Konflik India-Pakistan Yang Semakin Memanas

Konflik Perang Militer India Pakistan

Wartainfo.com - Konflik Pakistan dan India di Kashmir kembali memanas. Konflik kedua negara ini sudah mengalami konflik hingga 72 tahun, setelah lepas dari jajahan Inggris.

Jet tempur Mirage 2000 milik India membombardir kamp pelatihan militan di wilayah Pakistan. Hal itu disusul dengan duel udara antara Angkatan Udara Pakistan dan India.

Foto Konflik Perang Militer India Pakistan

pilot india yang ditangkap militer pakistan (foto: Twitter)

Satu MiG-21 Bison milik India ditembak jatuh oleh Pakistan (27/2). Sementara India mengklaim mereka juga menembak jatuh F-16 Pakistan. Hal itu dilaporkan pasukan darat yang melihat pesawat AU Pakistan melayang jatuh.

Baca juga:

"Satu pesawat Pakistan ditembak jatuh. Dalam kontak senjata ini kami kehilangan satu jet tempur MIG-21 Bison dan pilotnya juga hilang," kata Juru bicara Kementerian Urusan Luar Negeri India (MEA) Ravish Kumar. Berikut beberapa fakta lainnya terkait konflik antara India dan Pakistan:

1. Konflik Dilakukan oleh Militan Pakistan

Militan Pakistan Jaish-e-Mohammed Taliban

Salah satu anggota kelompok militan yang berbasis di Pakistan, Jaish-e-Mohammad atau Tentara Muhammad mengklaim bertanggung jawab atas serangan yang terjadi pada 14 Februari lalu.

Jadi sebelum kejadian jet tempur India jatuh, ternyata konflik ini diawali dengan serangan bom bunuh diri pada 14 Februari lalu yang menewaskan 42 anggota polisi paramiliter India di Kashmir. Inilah yang kemudian memicu ketegangan India-Pakistan dalam dua pekan terakhir.

Perlu diketahui, kelompok ini memiliki tujuan mengambil alih wilayah Kashmir dari India dan menjadikannya bagian dari Pakistan. Wilayah Kashmir menjadi perebutan antara India dan Pakistan sejak dahulu.

Category: Berita Peristiwa, Internasional