14 Fakta Unik dan Menarik Pemilu di Berbagai Negara, Termasuk Indonesia

10. Ratu Inggris bisa ikut pemilu

Fakta Unik dan Menarik Pemilu di Berbagai Negara 10

Peraturan dalam pemerintah menjelaskan bahwa anggota keluarga kerajaan tidak dapat memilih saat pemilu. Namun hal itu tidak berlaku bagi Ratu Inggris, ia dapat berpartisipasi dalam pemilihan.

11. Warga Gambia gunakan kelereng untuk memilih

Fakta Unik dan Menarik Pemilu di Berbagai Negara 11

Warga Gambia di Afrika punya cara unik dalam menentukan pilihannya saat pemilu. Pemilih menjatuhkan kelereng ke dalam sebuah drum dengan warna-warna yang berbeda untuk menunjukkan pilihan mereka. Drum tersebut memiliki lonceng yang berbunyi ketika kelereng dijatuhkan. Jadi, kalau drum berbunyi dua kali, maka kecurangan bisa terdeteksi.

12. Di Selandia Baru, pengamat politik dilarang berkomentar saat pemilu

Fakta Unik dan Menarik Pemilu di Berbagai Negara 12

Pada hari pelaksanaan pemilu, pemerintah Selandia Baru melarang para pengamat politik untuk memberikan komentarnya baik tentang kandidat maupun kemungkinan siapa yang menang di hadapan media. Mereka dan media baru diperbolehkan membahas hasil pemilu setelah pukul 7 malam.

13. Di Texas, astronot dapat memberikan suaranya dari luar angkasa

Fakta Unik dan Menarik Pemilu di Berbagai Negara 13

Parlemen Texas, Amerika Serikat mengeluarkan kebijakan yang memungkinkan pengiriman surat suara ke luar angkasa. Astronot yang tengah berada di luar angkasa pun bisa ikut memilih dalam pemilu.

14. Warga Liechtenstein harus tinggal lebih dari 10 tahun untuk bisa memilih

Fakta Unik dan Menarik Pemilu di Berbagai Negara 14

Liechtenstein, negara kecil di Eropa memiliki peraturan unik dalam menentukan siapa yang berhak memilih dalam pemilu. Bukan dari indikator umurnya, melainkan hanya warga yang telah tinggal lebih dari 10 tahun yang bisa berpartisipasi dalam pemilu.

Category: NewsTags: