Indonesia Akan Pindah Ibu Kota, 9 Negara Ini Telah Berhasil Memindahkan Ibukotanya

Negara Yang Berhasil Pindah Ibukota Selain Indonesia

Wartainfo.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) merencanakan pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia. Sejumlah lokasi ditinjau untuk memastikan kesiapannya.

Pilihan ibu kota baru menggantikan Jakarta sebagai pusat pemerintahan mengerucut ke Kabupaten Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur dan Kabupaten Gunung Mas di Kalimantan Tengah. Opsi lain seperti Palangkaraya dan Katingan di Kalimantan Tengah.

Tentu saja wacana ini banyak pertimbangan dan butuh persiapan lebih. Namun, tidak ada yang tidak mungkin tentang pemindahan ibu kota sebuah negara. Buktinya, beberapa negara ini sukses memindahkan ibu kota negaranya.

Dirangkum wartainfo.com dari berbagai sumber, berikut 9 negara yang berhasil pindahkan ibukotanya ke daerah baru.

1. Brasil

Brasil Negara Yang Pindah Ibukota Selain Indonesia

Tahukah kamu bahwa Brazil dulunya beribukota Rio de Janeiro hingga tahun 1960? Setelah itu pemerintah memutuskan untuk memindahkannya ke Brasilia. Brasilia pun menjadi pusat segala instasi pemerintahan, termasuk kongres, presiden, dan Mahkamah Agung. Serta Brasilia juga menjadi tempat 125 kantor kedutaan besar negara sahabat Brasil.

Sekarang Brasilia pun menjadi salah satu kota terpadat di Brasil dan juga ditetapkan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO karena keunikan arsitekturnya.Serta Rio de Janeiro sendiri, sudah jadi destinasi wisata terpopuler di Brasil.

2. Myanmar

naypyidaw myanmar Pindah Ibukota Negara

Sebelumnya ibu kota Myanmar berpusat di Yangoon dan semenjak 6 November 2005 secara resmi ibu kota administratif Myanmar berpindah ke Kota Naypyidaw. Pengumuman pemindahan ini diresmikan pada tanggal 27 Maret 2006, bertepatan dengan ulang tahun angkatan bersenjata Myanmar.

Category: Serba - SerbiTags: