Jadwal Imsak dan Buka Puasa Ramadhan 1440 H 2019

Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa 2019

Wartainfo.com - Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1440 Hijriah atau hari pertama bagi umat Muslim menjalankan ibadah puasa jatuh pada hari Senin, 6 Mei 2019. Keputusan diambil setelah menggelar sidang isbat pada Ahad, 5 Mei 2019.

Imsak merupakan serapan bahasa Arab yang berasal dari kalimat amsaka yumsiku imsak yang artinya adalah menahan. Dan waktu Imsak berarti dimulainya saat untuk menahan seluruh hal yang dapat membatalkan puasa.

Namun arti di atas di salah artikan bahwa ketika datang waktu Imsak berarti harus berhenti makan dan minum. Anggapan itu tidaklah benar. Karena berhenti makan dan minum hanya berlaku waktu Shaum (Puasa) yang dimulai saat Fajar Shodiq atau saat Adzan Subuh bukan di waktu Imsak.

Niat Puasa Ramadhan dan Do'a Berbuka Puasa

Niat Puasa dan Doa Buka Puasa Ramadhan Yang Benar

Meskipun Imsak berarti menahan dari hal yang membatalkan puasa, seperti halnya definisi dari puasa, namun perbedaannya adalah waktu Imsak bukanlah termasuk kedalam waktu Puasa.

Karena masuknya waktu menjalankan puasa adalah saat Adzan Subuh.Imsak merupakan peringatan untuk tidak melakukan hal yang dapat membatalkan puasa, bukan berhenti makan dan minum. Karena waktu Imsak muncul sebelum waktu Subuh dan belum masuk kedalam waktu terbitnya Fajar. Karenanya masih diperbolehkan makan dan minum.

Berikut adalah Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadhan 2019 yang dirangkum dari Kementerian Agama RI.

Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa 2019 Untuk Seluruh Wilayah Kota

Marhaban Ya Ramadhan, Selamat menunaikan ibadah puasa 2019!

Category: NewsTags: