3 Cara Bermanfaat Untuk Mengamankan Bitcoin Anda

Gambar Logo Uang Bitcoin Indonesia

Seperti halnya dunia nyata, dompet Anda harus dijaga dengan baik. Bitcoin memudahkan Anda melakukan transfer dengan cara yang sangat mudah, baca artikel ini untuk mengetahui lebih banyak cara mendapatkan Bitcoin. Ini juga memberikan kontrol penuh atas uang Anda.

Namun fitur-fitur ini juga memiliki masalah keamanan jika diabaikan, walaupun sebenarnya esensi dari Bitcoin adalah keamanan aset digital. Pada akhirnya, Anda harus terus camkan bahwa tanggung jawab Anda sendirilah untuk mengadopsi praktik keamanan yang baik untuk melindungi uang Anda.

Backup Dompet Anda

Backup dari dompet digital Anda bisa melindungi uang saat terjadi kesalahan komputer dan banyak kesalahan manusia. Ini juga bisa diterapkan untuk mengembalikan dompet digital Anda saat perangkat mobile atau komputer Anda dicuri jika Anda melakukan enkripsi pada dompet Anda.

Backup keseluruhan dompet: Beberapa dompet digital menerapkan kunci pribadi yang tersembunyi. Jika Anda hanya menyimpan backup dari kunci pribadi alamat Bitcoin Anda, Anda beresiko tidak bisa mengembalikan sebagian besar uang tersisa dengan metode ini.

Backup enkripsi online: Backup apapun yang tersimpan secara online, bisa jadi sangat riskan untuk dicuri. Bahkan sebuah komputer yang terkoneksi ke internet bisa terkena virus. Dengan demikian, melakukan enkripsi pada semua backup yang terekspos ke internet bisa menjadi praktik keamanan yang baik.

Simpan di banyak tempat: Menyimpan semua yang Anda miliki di satu tempat, bisa berakibat buruk pada keamanan dompet Anda. Karena itu penting halnya untuk mempertimbangkan beragam media yang berbeda seperti USB, kertas dokumen sampai kaset CD.

Lakukan backup berkala: Anda perlu untuk melakukan backup dompet digital Anda secara berkala untuk memastikan perubahan alamat Bitcoin dan semua alamat Bitcoin yang Anda buat tercantum dalam backup Anda. Bagaimanapun, semua aplikasi yang menggunakan dompet digital hanya akan perlu di backup sekali saja di masa depan.

Enkripsi Dompet Anda

Melakukan enkripsi pada dompet atau smartphone Anda memberikan Anda kesempatan untuk menentukan password untuk siapa saja yang ingin menarik uang di dompet digital Anda. Ini sekaligus akan memproteksi akses penarikan dari pencurian, walaupun tidak bisa melindungi dari pembajakan menggunakan keylogger.

Jangan lupa password:  Anda seharusnya memastikan untuk tidak melupakan password yang Anda tentukan. Jika tidak, Anda sendiripun tidak akan bisa mengakses dompet digital Anda lagi. Tidak sama seperti Bank, dimana ada bantuan ganti password oleh CS, pada Bitcoin, pilihan pengembalian password sangat terbatas. Faktanya, Anda harus mengingat password Anda ahkan setelah bertahun-tahun tidak menggunakannya. Jika tidak yakin, Anda bisa mencatat password tadi ke secarik kertas dan menyimpannya di tempat aman seperti brankas rumah Anda.

Gunakan kombinasi password yang kuat: Password apa saja yang hanya terdiri dari huruf atau kata yang mudah ditebak bisa menjadi sangat lemah dan mudah dibobol. Sebuah password yang kuat harus terdiri dari huruf, angka, tanda baca dan minimal terdiri dari 16 karakter panjangnya. Password yang paling aman adalah password yang otomatis diproses oleh program khusus. Namun dengan semakin kuat password, berarti juga semakin sulit untuk diingat karena itu lakukan backup password secara berkala.

Dompet Offline Sebagai Tabungan

Sebuah dompet offline, bisa memberikan keamanan paling tinggi untuk tabungan Anda. Dimana selayaknya Anda menyimpan dompet di tempat yang tidak terkoneksi dengan jaringan apapun. Jika berhasil dilakukan dengan benar, ia bisa memberikan proteksi keamanan yang sangat baik atas kerentanan komputer yang bisa terjadi kapan saja.

Transaksi secara offline: Metode ini menggunakan dua komputer untuk menyimpan masing-masing sebagian dari dompet digital. Salah satunya harus tidak terkoneksi ke internet. Sekaligus satu-satunya yang memegang keseluruhan dompet dan digunakan untuk melakukan transaksi. Sedangkan komputer yang lainnya akan terkoneksi dengan internet dan digunakan sebagai dompet virtual yang hanya bisa membuat transaksi tidak resmi.

Karena komputer yang terkoneksi dengan internet tidak bisa melakukan transaksi yang sesungguhnya, ia tidak bisa diretas untuk melakukan penarikan uang. Dengan menggunakan dompet offline bersamaan dengan metode backup dan enkripsi bisa menjadi 3 praktik keamanan terbaik bagi dompet digital Anda. Selamat mencoba.

Category: Content PlacementTags: