Ini Sebabnya Makin Banyak Orang yang Selingkuh di Social Media

klg asli

berhasil
selingkuh http://infolabel.blogspot.com/
Infolabel - Kini banyak orang yang selingkuh melalui social media (socmed). Mungkin awalnya tidak sengaja berinteraksi dengan seseorang yang menarik perhatian, entah kawan lama, teman baru, atau mantan pacar. Interaksi tersebut bisa membuka peluang untuk melakukan hubungan spesial padahal sudah mempunyai kekasih atau istri.

Tak sedikit pula dari mereka yang ketahuan selingkuh dari akun media sosialnya. Menurut Psikolog Klinis Dewasa, Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi, peluang selingkuh di dunia maya terjadi karena adanya kesempatan yang difasilitasi oleh media sosial.

"Perselingkuhan itu terjadi karena ada kesempatan, kenapa orang berani selingkuh lewat socmed karena orang lebih terfasilitasi dan adanya kesempatan," jelas Wulan kepada wolipop saat berbincang hangat di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Senin (1/4/2013).

Kesempatan tersebut semakin terbuka karena saat ini banyak orang yang 'curhat' di akun sosial mereka. Perkembangan media sosial membuat batas antara kehidupan pribadi dan sosial semakin tipis. Menuangkan perasaan melalui status di socmed bisa membuat orang lain tertarik mengomentarinya. Hal ini yang sebenarnya bisa menjadi pemicu perselingkuhan.

Namun beberapa orang menganggap bahwa kekasihnya tidak mungkin selingkuh secara terang-terangan melalui media sosial. Selingkuh seharusnya dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Persepsi seperti ini membuat sebagian orang jarang mengecek akun pasangannya, lebih sering memeriksa pesan atau telepon masuk.

"Orang (pasangan) juga jarang mengecek social media, lebih seringnya ke SMS, BBM, ketimbang ngecek social media, kalau secara psikologi, kadang sesuatu di depan mata itu merupakan sesuatu yang nggak dicurigain," papar wanita lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia itu.

Akan tetapi, ada pula yang selalu memeriksa akun media sosial pasangannya seolah sudah menjadi kewajiban. Hal itu biasanya terjadi karena sebelumnya pernah memergoki pasangan selingkuh di dunia maya, melihat pengalaman teman, atau ia sendiri yang hampir melakukannya.

Namun bukan berarti Anda harus memeriksa akun pribadi pasangan setiap saat. Tidak ada salahnya meminta izin dia sesekali untuk memeriksa akunnya. Toh jika tidak ada apa-apa, pasangan pasti mengizinkan. Namun bila sudah ada yang ditutupi, Anda baru boleh waspada.

"Kalau ada yang ditutupi kita wajar bila waspada bukan mencurigai ya karena kalau mencurigai artinya kita sudah punya persepsi bahwa dia selingkuh. Kalau waspada kan ada kemungkinan untuk melakukan kalibrasi (verifikasi-red)," ujarnya diakhir pembicaraan.

Category: UncategorizedTags:
Jayabet