Tips Aman Terhindar Dari Sambaran Petir

klg asli
Tips Aman Terhindar Dari Sambaran Petir

WARTAINFO.COM - Petir, fenomena alam yang satu ini setidaknya menjadi salah satu penyebab kematian yang cukup tinggi. Setidaknya ada 24 ribu orang tewas tersambar petir di setiap tahun dan 240 ribu orang terluka akibat sambaran petir yang terjadi di seluruh dunia.

 

Agar terhindar dari sambaran petir, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan seperti dilansir dari Live Science. 
The Federal Emergency Management Agency (FEMA) menyarankan orang-orang untuk mengikuti aturan 30/30, yakni jika melihat kilat, maka Anda dapat menghitung hingga 30 detik sebelum suara petir datang. Dengan demikian, Anda mempunyai waktu 30 detik untuk mencari perlindungan.

Jika Anda tidak menemukan bangunan untuk tempat berlindung dari petir, kendaraan dapat menjadi alternatif. Namun pastikan semua pintu dan jendela tertutup rapat dan jangan menyentuh perangkat logam apapun di dalam mobil.

Jika sedang berada di tengah hutan, pastikan Anda berlindung di semak dengan pepohonan yang rendah. Hindari berlindung di bawah pohon yang tinggi karena petir cenderung menyambar pohon-pohon yang tinggi.

Namun jika Anda berada di ruang terbuka, cari tempat yang lebih rendah dan jika berada di dalam perahu di tengah danau atau laut, maka segera menuju daratan secepat mungkin.

Jika merasa bulu dan rambut Anda seperti berdiri, itu berarti pertanda bahwa petir akan datang menyambar, Yang dapat dilakukan adalah duduk jongkok dan tutup telinga dengan kedua tangan untuk menghindari kehilangan kemampuan pendengaran.

Hindari berbaring di tanah atau dataran. Hal tersebut dapat meminimalisir kontak tubuh dengan tanah, karena sengatan listrik menyebar dari dataran tersebut.  (kaskus.co.id)

Dan Terakhir Jangan Lupa Berdo'a kepada Yang Maha Kuasa
Demikianlah beberapa tips agar terhindar dari sambaran petir. Jika Anda memiliki tips lain mengenai hal tersebut, jangan lupa untuk menuliskannya di kolom komentar.
Category: UncategorizedTags:
Jayabet