8 Pasukan Khusus di Dunia Dengan Latihan Paling Ekstrem

klg asli

berhasil
Pasukan Elite di Dunia - wartainfo.com

Pasukan Elite Dunia Dengan Latihan Paling Ekstrem - Tentara adalah salah satu perangkat terdepan dalam perlindungan negara. Hampir setiap negara memiliki pasukan khusus atau pasukan elite. Merekalah yang dipercaya melaksanakan tugas-tugas penting yang tak mampu diemban pasukan reguler.

Tidak main-main, untuk membentuk tentara yang kuat dan disegani Kementerian atau lembaga pertahanan menerapkan pola latihan dan rekrutmen keras dan khusus. Mereka dibiasakan untuk menerima kondisi paling sulit agar ke depannya mampu diserahi tanggung jawab besar dalam mengamankan negara. Berikut adalah 8 Pasukan Khusus Dunia Dengan Latihan Paling Sadis dan Ekstrem 

Russian Spetsnaz 

Pasukan Elite di Dunia - wartainfo.com

Satu motto yang ditujukan untuk satuan militer milik Rusia ini "Perang penuh dengan penderitaan dan kesakitan, itulah yang harus diketahui prajurit". Dengan motto itu latihan Spetznaz menjadi mengerikan.

Calon anggota Spetsnaz mengikuti program latihan intensif awal yang berlangsung selama enam bulan. Sebagian dari waktu tersebut dihabiskan di hutan Siberia di utara Rusia untuk mempelajari teknik bertahan hidup di alam liar. Selain instruksi untuk keahlian infanteri standar untuk pasukan khusus, mereka juga diajarkan teknik penerjunan, mencongkel kunci, pelatihan bahasa asing, dan rappeling, serta tidak ketinggalan pertempuran tangan kosong dan pertarungan piasu menjadi teknik yang diajarkan sangat serius dalam pelatihan Spetsnaz. 

Pasukan Elite di Dunia - wartainfo.com
Pelatihan Spetsnaz sangat berat dan banyak yang tidak berhasil didalam pelatihan tersebut. Latihan penembakan dengan peluru tajam pun dilakukan, untuk membuat suasana ngeri dan mencekam, sengeri pertempuran sebenarnya. Korban jiwa menjadi hal biasa dalam pelatihan Spetsnaz. Dan akhirnya, mereka yang berhasil pada akhir program akan berdiri dalam jajaran prajurit paling tangguh di dunia militer.
Pasukan Elite di Dunia - wartainfo.com

Tentara Spetznaz diharuskan bisa membunuh musuh secepat kilat dengan bela diri yang mereka miliki. Bahkan untuk membuktikan kemampuan bela diri mereka antar anggota diperintahkan untuk saling bertarung.

Yang mengerikan, para junior Spetznaz diperintahkan memasuki ruangan gelap yang penuh darah dan organ-organ tubuh. Darah yang ada di dalam ruangan ini sampai setinggi lutut mereka kemudian semakin dalam hingga ke dada. Ini menjadi pelajaran untuk para prajurit bahwa darah adalah bagian dari perang.

US Navy SEALs

Pasukan Elite di Dunia - wartainfo.com

The United States Navy SEa, Air and Land (SEAL) teams atau biasa di sebut dengan U.S Navy SEALs adalah pasukan khusus yang dimiliki oleh Amerika yang berspesialisasi dalam pertempuran dalam air, penyerangan teroris, penyelamatan sandera, dan peperangan tidak resmi (unconventional warfare).  

Pasukan elit yang dimiliki Amerika ini terkenal dengan operasi militer mereka yang hebat. Kehebatan mereka salah satunya didapat dari latihan yang mereka sebut dengan Hell Week. Latihan ini banyak membuat anggota Navy SEALs berhenti atau menimbulkan dendam.

Latihan-latihan mereka antara lain mulai dari membawa kayu besar naik turun sampai dengan berendam di laut dingin dengan tangan diborgol. Mereka dibiarkan di laut? kemudian dicek hipotermianya setiap 15 sekali lalu ditinggalkan kembali.?

Bahkan dalam latihan yang cuma seminggu ini, mereka diberi waktu hanya 4 jam untuk tidur. Selama latihan ini, bak game Call of Duty mereka didera dengan rentetan bertubi-tubi atau ledakan di mana-mana tanpa mereka tahu kapan dan di mana.

Satuan militer NAVSOG dan CGSOG
Pasukan Elite di Dunia - wartainfo.com

Untuk menghadapi musuh, para tentara diwajibkan dalam kondisi sadar. Hal itu penting dalam melakukan penyerangan dan bertahan. Namun satuan tentara di Filipina yang disebut dengan? NAVSOG (Naval Special Operations Group) and CGSOG (Coast Guard Special Operations Group) justru melakukan sebaliknya.

Merka para tentara diwajibkan mabuk selama latihan. Hebatnya sebagian besar mereka mampu menjalani test fisik dan misi dalam keadaan mabuk, contohnya menembak, lari 6 kilo setiap hari dan berenang tanpa sejauh 18 mil tanpa istirahat.

Komandan mereka mengaku membuat mereka mabuk untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana mereka menguasai diri dan melakukan misi mereka. Tak jarang juga pemimpin mereka menemukan anggotanya yang membuat rusuh atau mengajak berkelahi saat mabuk. kalau sudah begini, anggota tersebut langsung dipindahkan.

Tentara 'badai' Korea Utara
Pasukan Elite di Dunia - wartainfo.com

Seperti yang diketahui, Korea Utara amat fokus dengan militernya. Banyak yang mengatakan penguatan militer mereka semata-mata untuk menjatuhkan dan mengembalikan Korea Selatan ke tangan mereka lagi.

Untuk mewujudkan hal itu satuan militer Storm berusaha berupaya sekuat tenaga agar lebih hebat dari militer Korea Selatan. Alih-alih berlatih efisien, justru latihan mereka dicap sebagai latihan militer teraneh. Contohnya, memukul-mukul truk hingga 5.000 kali siang dan malam.

Sehabis itu, kaleng bergerigi tajam dipukul-pukul lagi sampai tangan mereka berdarah dan bernanah. terakhir mereka memukuli bertumpuk-tumpuk karungan garam. Tujuan mereka tak lain agar bisa menjatuhkan lawan dengan satu kali pukulan.

Satuan militer khusus Z (Australia)
Pasukan Elite di Dunia - wartainfo.com

Kendati punya citra baik, Australia sesungguhnya dipenuhi dengan banyaknya masalah penculikan anak dan kematian tidak wajar. Dahulu, satuan militer Z menjadi inmun bagi masalah-masalah tersebut termasuk masalah pergerakan Jepang selama perang dunia II. Selama 4 tahun pembentukannya, 81 operasi militer sukses dilakukan tim elit ini.

Suatu kali dalam latihannya, mereka berlatih menyerbu kota di Australia dan berpura-pura mematikan lawan fiktif mereka di sana. Sebelumnya mereka telah memberitahukan latihan ini pada warga Australia.

Meski demikian, saat itu justru Australia malah telah menyiapkan kapal perang dan alat berat karena menyangka latihan ini sungguhan, saking seperti asli.

Tentara khusus Amerika
Pasukan Elite di Dunia - wartainfo.com

Dengan segudang tanggung jawab, baret hijau atau tentara khusus Amerika diharuskan menguasai berbagai macam keahlian. Tugas utama mereka adalah untuk memberantas terorisme dan ketidakstabilan keamanan. Sebelum diserahkan tugas-tugas berat ini, para tentara khusus diberi latihan ekstra keras sekaligus aneh.

Salah satu latihan yang aneh adalah latihan Robin Sage. Latihan ini sebenarnya untuk melatih kemampuan gerilya dan cara mereka bercampur dengan bangsa asing. Namun latihan ini menjadi aneh karena mereka diwajibkan untuk bertugas mengatasi reformasi di suatu negara buatan bernama Republik Pineland.

mereka diperintahkan untuk menjadi warga sipil di negara yang sebenarnya berada di Carolina AS. Bahkan masing-masing punya pekerjaan khusus, seperti dokter, karyawan dan sebagainya. Jika salah seorang tentara mati dalam latihan ini akibat kecerobohan atau rasa egoisnya, mereka tetap dikuburkan dengan cara militer.

BOPE ( Tentara Khusus Brasil)
Pasukan Elite di Dunia - wartainfo.com

BOPE ini kesatuan khusus Brazil. Mereka terutama ahli urban warfare (perang perkotaan) karena di kawasan kumuh Brazil sana preman2 bawanya AK47 dan senjata2 lain yg lazimnya dipakai buat perang. Selain berperang melawan gembong2 narkoba, BOPE juga bertugas menghabisi aparat2 negara yg korup.

Dalam seleksi masuk satuan elit ini ujian akhirnya adalah masuk ke kawasan yg dikuasai mafia2 bersenjata. Syarat kelulusannya sederhana sih, yg bisa keluar hidup-hidup berarti lulus.

Dan inilah Pasukan Elite yang Di miliki Indonesia Kebanggaan Kita semua
Pasukan Elite TNI (Termasuk Kopassus)
Pasukan Elite di Dunia - wartainfo.com

Indonesia memiliki banyak satuan elite yang memiliki kemampuan tempur terbaik. Di TNI AD ada Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dan Sat 81 Penanggulangan Teror (Gultor), Peleton Intai Tempur (Tontaipur), dan Raider. TNI AL punya Pasukan Intai Amfibi (Taifib), Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Detasemen Jala Mangkara (Denjaka). Sementara TNI AU punya Pasukan Khas dan Detasemen Bravo 90 di dalamnya.
Minum darah ular kobra

Dalam materi pasukan elite ada jungle survival, atau bertahan hidup di hutan. Mereka harus makan apa saja demi mempertahankan hidup.

Pasukan Elite di Dunia - wartainfo.com

Salah satu menu favorit saat survival adalah ular kobra yang banyak di hutan tropis. Mereka pun makan daging ular kobra dan meminum darahnya. Hal ini dipercaya bisa menambah kekuatan dan membuat tubuh agak kebal terhadap bisa ular. Caranya, kepala ular dipotong. Darahnya diminum dan dagingnya dibakar.

Bernafas dua jam dalam air

Pasukan Peleton Intai Tempur (Tontaipur) punya kemampuan bernafas dalam air. Cuma berbekal sebuah buluh bambu, mereka bisa tahan dua jam dalam air. Jika musuh melihat dari atas, tak akan ketahuan ada Tontaipur yang sedang bersembunyi dalam air.?

Dengan gerakan senyap, para prajurit ini pun akan melakukan serangan mendadak ke pertahanan musuh. Para prajurit ini pun bisa bergerak jauh ke daerah musuh untuk melakukan pengintaian.

Jalan kaki ratusan kilometer

Dalam latihan pasukan komando, ada tahapan long march atau perjalanan jauh ratusan kilometer. Tak cuma jalan kaki, mereka harus siap menerima serangan dari para pelatih.

Kopassus TNI AD melakukan long march dari Batujajar, Kabupaten Bandung ke pantai Cilacap, Jawa Tengah. Sementara Paskhas TNI AU berjalan dari Margahayu Bandung ke Pamengpeuk di Garut Selatan. Begitu sampai di tujuan, bukan berarti bisa santai-santai. Materi terberat medan rawa laut siap menguras fisik mereka habis-habisan.

Disiksa di kamp tawanan

Salah satu tahapan paling menakutkan dalam latihan pasukan elite adalah kamp tawanan. Hampir semua pasukan elite memiliki tradisi masing-masing soal kamp ini.

Di kamp ini mereka diibaratkan ditangkap oleh pihak musuh yang diperankan oleh para pelatih. Berbagai siksaan pun harus diterima, mulai dari dipukuli, ditendangi hingga disetrum. Para siswa benar-benar diperlakukan seperti musuh yang ditangkap. Latihan terakhir ini benar-benar menguras fisik dan stamina habis-habisan. Bahkan tak jarang tentara yang bertubuh besar sampai menangis dan meminta ampun saking beratnya siksaan.

Renang melintasi Selat Sunda dan Madura

Buat Prajurit Intai Amfibi TNI AL, berenang melintasi Selat Sunda yang jaraknya 19,2 mil laut atau kurang lebih 38 kilometer hal biasa. Mereka juga rutin berenang menyeberangi Selat Madura.

Selain harus jago berenang, mereka juga harus kuat mendayung perahu karet berkilo-kilo meter. Perahu karet merupakan pilihan terbaik untuk penyusupan dari laut karena tidak menimbulkan suara

Berikut Video Latihan Kopassus Harus Siap Tempur
Referensi: kaskus - google - wikipedia 
Category: UncategorizedTags:
Jayabet