10 Jenis Ikan Purba Ini Masih Hidup Sampai Sekarang

klg asli

berhasil
Jenis Ikan Purba - wartainfo.com
WARTAINFO.com - Umumnya kalau kita ingin melihat hewan purba maka kita akan hanya melihatnya dalam bentuk fosil karena hewan purba itu sudah punah jutaan tahun yang lalu. Tapi ternyata diantara hewan purba itu masih bisa ditemukan beberapa hewan purba yang masih hidup di bumi ini seperti 10 ikan ini yang bisa bertahan hidup melewati masa ke masa dan bertahan hingga sekarang.
10. Arwana 
Jenis Ikan Purba - wartainfo.com
Osteoglossids(Arwana), ikan ini sudah ada pada periode Jurassic. Hari ini, mereka ditemukan di Amazon, dan di beberapa bagian Afrika, Asia dan Australia. Kadang-kadang disimpan sebagai hewan peliharaan eksotis. Arwana adalah ikan yang memakan binatang kecil dan cacing yang mereka bisa dapatkan, termasuk burung dan kelelawar yang mereka tangkap saat terbang, Arwana juga dapat melompat hingga 2 meter Ke udara . Di Cina, Arwana dikenal sebagai “ikan-naga” karena penampilan mereka, dan mereka dianggap pertanda nasib baik.
9. Arapaima 
Jenis Ikan Purba - wartainfo.com
Sekilas ikan ini mirip dengan ikan arwana, Arapaima Amazon dianggap sebagai ikan air tawar terbesar di dunia. Menurut deskripsi awal, bisa tumbuh sampai sampai 4,5 meter, tapi hingga saat ini, Arapaima besar seperti ini jarang ditemukan dan arapaimas paling dewasa rata-rata berukuran 2 meter. Arapaima memakan ikan kecil, krustasea dan apa pun hewan yang kecil bisa masuk ke dalam mulut mereka. Salah satu ciri menarik dari ikan ini adalah menghirup oksigen dari udara agar bertahan hidup. Arapaimas tidak menimbulkan bahaya bagi manusia dan sering diburu untuk diambil dagingnya, sayangnya Arapaima sangat langka saat ini.
8. Sturgeon 
Jenis Ikan Purba - wartainfo.com
Diperkirakan telah ada sejak 200 juta tahun yang lalu dan merupakan salah satu sumber utama makanan kelas atas, tidak lain dan tidak bukan adalah caviar. Ironisnya, karena hal inilah ikan ukuran jumbo ini berada dalam status terancam. Walaupun dapat tumbuh hingga 6 meter, ikan ini biasanya tidak berbahaya bagi manusia karena hanya makan hewan laut kecil di dasar laut. Namun jika mereka diprovokasi, ada kejadian dimana mereka dapat membunuh manusia dengan melompat keluar dari air dan menimpa manusia atau kapal manusia. 
7. Lancetfish 
Jenis Ikan Purba - wartainfo.com
6 gigi tajam di rahang mereka seperti barracuda, tubuh pipih seperti belut dan sirip di punggung mereka menyerupai ikan layar. Karakteristik-karakteristik perpaduan barracuda, belut, dan ikan layar ini merupakan karakteristik dari Lancetfish, yakni ikan yang telah bertahan hidup melewati 250 juta tahun hingga sekarang. Sangatlah ganas, makanannya adalah ikan yang lebih kecil, cumi-cumi dan juga terkadang spesiesnya sendiri. 
6. Sawfish 
Jenis Ikan Purba - wartainfo.com
Hewan ini adalah korban dari periode Cretaceous, dan dapat ditemukan baik di laut atau di sungai pada kedalaman 100 km dengan panjang 7 meter, ikan ini terlihat seperti ikan hiu dengan mulut yang menyerupai gergaji mesin, namun sawfish bukan termasuk di dalam spesies ikan hiu hanya mirip. Sawfish itu sebenarnya bukan ras hiu, melainkan termasuk ras ikan pari, dari bentuk bawah badannya yang berbentuk datar, tidak seperti hiu yang bagian bawahnya yang lebih ramping berbentuk streamline yang memudahkan hiu untuk berenang dengan cepat di air, dan sawfish mempunyai mulut kecil yang sejajar dengan tubuh bagian bawahnya yang menyatu dengan tubuhnya. Sawfish juga punya sirip depan yang sejajar dengan bagian bawahnya.
5. Alligator Gar 
Jenis Ikan Purba - wartainfo.com
Ini predator bersisik tebal yang ditemukan di AS selatan, utara dan timur Meksiko, menjadi ikan air tawar terbesar di Amerika Utara. Alligator Gar dapat tumbuh hingga 4 meter dan berat sampai 200 kg. Alligator Gar yang disebut demikian karena penampilan mereka mirip reptil buaya dan rahang yang panjang, memiliki 2 sisi gigi yang tajam. Alligator Gar adalah predator yang rakus dan telah dikenal berbahaya untuk manusia, meskipun belum dikonfirmasi kematian karena Alligator Gar telah dicatat sampai saat ini. Gar adalah salah satu dari ikan tertua yang hidup saat ini,  wartainfo.com.
4. Hagfish 
Jenis Ikan Purba - wartainfo.com
Sering disebut juga sebagai salah satu hewan laut paling menjijikkan, namun juga ternyata juga merupakan hewan laut purba yang telah bertahan hidup selama 300 juta tahun. Penemuan fosil membuktikan bahwa mereka telah hidup jauh lebih lama daripada dinosaurus yang sudah terkenal purbanya.

Kadang disebut juga sebagai belut lendir, padahal mereka bukanlah belut namun juga mungkin bukanlah ikan. Tubuh mereka sangat berlendir dan jika digabungkan dengan air akan menjadi cairan yang sangat lengket. Hagfish memakan bangkai hewan yang jatuh ke dasar laut dengan cara menempelkan diri mereka ke bangkai dan merobek daging bangkai tersebut, kemudian memakannya dari dalam. Benar-benar bukan cara makan yang sopan. 

3. Frilled Shark 
Jenis Ikan Purba - wartainfo.com
Hiu yang disebut-sebut sebagai fosil hidup karena penampilannya yang aneh ini telah ada sejak zaman purba dimana T-Rex masih sangat menyeramkan, yakni pada periode Cretaceous atau sekitar 100 juta tahun yang lalu. Tidak berbahaya bagi manusia dan kenyataannya, mungkin spesies mereka hidup tanpa pernah bertemu manusia karena ada di perairan sedalam 5.000 kaki. 
2. Coelacanth 
Jenis Ikan Purba - wartainfo.com
Salah satu ikan purba yang paling terkenal sebagai "fosil hidup" dan disebut-sebut telah ada sejak 350 juta tahun yang lalu. Sebelumnya dikira telah punah hingga ditemukan kembali pada tahun 1938. Dapat tumbuh hingga 2 meter dan sangatlah jarang terlihat, kemunculan pertama ditemukan di Afrika Selatan dan kedua kalinya di Indonesia. Walaupun jarang ditangkap atau diburu karena rasa mereka yang sangat buruk, Coelacanth tetap masuk dalam status hampir punah (Critically Endangered). 
1. Goblin Shark 
Jenis Ikan Purba - wartainfo.com
Memiliki bentuk benar-benar seperti mahluk yang baru keluar dari mimpi buruk seseorang. Hiu Goblin ini benar-benar menyerupai alien karena bentuk 'hidung' yang panjang, kulit bewarna pink gelam, gigi yang menyeramkan, dan dapat tumbuh hingga 14 kaki. Hidup di perairan sedalam ribuan kaki dan diperkirakan telah ada sejak 125 juta tahun yang lalu.
Category: UncategorizedTags:
Jayabet