Gunung Kelud Meletus Dengan Letusan Terdahsyat Sepanjang Sejarah

klg asli
letusan gunung kelud 2014 - wartainfo.com
Foto Letusan Gunung Kelud 2014
WARTAINFO.com - Gunung Kelud meletus pada Kamis (13/2/2014) pukul 22.50 WIB dengan mengeluarkan suara menggelegar yang sangat dahsyat. Suara ledakan gunung ini bahkan terdengar hingga di Kota Kediri yang berjarak 45 km dari kubah lava.

"Gunung Kelud telah meletus pada pukul 22.50 WIB, suara letusan eksplosifnya sangat dahsyat," ujar Pejabat Pelaksana Bidang Pengamanan dan Penyelidikan Gunung Api, Suasana di kawasan lereng Gunung Kelud sendiri mulai dilanda kepanikan massal. Sebagian warga mulai menjauh dari radius 10 km dari kubah lava.

Gunung Kelud mulai meletus dan mengeluarkan ratusan ribu kubik material vulkanis,  Sebelumnya, gunung tersebut mengeluarkan beberapa kali dentuman disertai dengan beberapa kilatan.

Kepala Pantau Pos Pantau Gunung Kelud Khairul Huda menilai, letusan Gunung Kelud saat ini paling dahsyat di antara letusan sebelumnya, 2007 dan 1990.

"Ledakan kali ini paling dahsyat sehingga suaranya sampai Yogyakarta. Kami tidak tahu kondisi ini sampai kapan dan berakhir sampai mana," ujar Khairul Huda, Jumat (14/2/2014) dini hari.

Sementara itu, ribuan warga di lereng Kelud memadati jalan menuju tempat evakuasi. Mereka dari beberapa desa di Kecamatan Ngancar. Untuk saat ini, warga Kecamatan Ngancar ditempatkan di Balai Desa Tawang di Kecamatan Wates, Kediri.Warga mulai mengungsi secara tergesa-gesa, setelah mendapat pemberitahuan dari warga lainnya kalau Gunung Kelud meletus. Ironisnya, pengungsian ini dilakukan atas inisiatif warga, tidak dikoordinasi aparat desa.
Category: UncategorizedTags:
Jayabet