Juara Bertahan Piala Dunia Spanyol Harus Pulang Awal

klg asli

berhasil
Spayol vs Chile 0-2, juara bertahan harus tersingkir di piala dunia
Wartainfo.com - Sang Juara bertahan Spanyol harus angkat koper lebih cepat dari perhelatan Piala Dunia 2014 setelah menelan kekalahan atas Cile di Grup H dengan skor 2-0.

Laga kedua di grup B antara Spanyol dan Cile berakhir dengan skor 2-0 untuk Cile di Stadion Maracana, Kamis dini hari (19/6/14) WIB. Masing-masing gol dicetak Eduardo Vargas dan Charles Aranguiz.

Spanyol rupanya belum bisa bangkit dari performa buruk yang terlihat saat kalah 1-5 dari Belanda di laga perdana. Lawan Cile, barisan pertahanan Spanyol kembali terlihat mudah terkoyak oleh serangan balik cepat dari sayap.

Efektivitas permainan La Furia Roja pun dipertanyakan. Kendati unggul hingga 63 persen dalam penguasaan bola, hanya enam tembakan yang mengarah ke gawang. Sementara Cile, meski hanya mendapat 37 persen porsi penguasaan bola, mampu melepaskan empat tembakan ke arah gawang.

Dengan kekalahan ini, Spanyol dipastikan tersingkir dari Piala Dunia. Dari dua laga yang telah dimainkan, peringkat teratas diduduki Belanda dengan enam poin, diikuti Cile dengan poin yang sama, serta Australia tanpa poin. Spanyol, yang belum mengemas satu poin pun seperti Australia, dipastikan tak bisa menyusul perolehan Belanda dan Cile. Untuk lolos ke fase berikutnya, setiap tim harus bisa berada di posisi dua besar.

Di pertandingan kedua ini, Vicente del Bosque melakukan perubahan susunan pemain untuk skuat Spanyol. Gerard Pique dan Xavi tidak diturunkan dari awal laga di pertandingan ini, sang pelatih lebih memilih Javi Martinez dan Pedro untuk bisa membuat perubahan di dalam tim.

Di Cile, pelatih Jorge Sampaoli masih menurunkan pemain yang sama saat pertandingan pertama mereka berhasil mengalahkan Australia. Arturo Vidal di lini tengah akan membantu menyodorkan bola ke lini depan yang di motori oleh Alxes Sanchez.

Jalannya Pertandingan: 

Baru berjalan dua menit di babak pertama, Cile langsung mengancam lewat sundulan Gonzalo Zara.

Menit ke-15, Spanyol menebar ancaman melalui Xabi Alonso. Namun tendangannya masih bisa dihalau, kiper Cile, Clauido Bravo.

Lima menit berselang, Cile membuka keran gol lebih dulu melalui kaki Eduardo Vargas. Cile untuk sementara ungguli Spanyol dengan skor 1-0.

Menit ke-24, Xabi Alonso memiliki peluang lewat tendangan first time-nya, namun arah bola masih melebar jauh dari gawang Cile.

Spanyol terus mencari peluang untuk bisa menyamakan kedudukan. Kali ini giliran Diego Costa. Sayang, tendangannya masih menjauh tipis dari gawang Cile.

Jelang 10 menit turun minum, giliran Spanyol yang justru tertekan oleh Cile. Akhirnya di menit ke-44, Charles Aranguiz sukses memanfaatkan tendangan rebound dari pantulan Casillas. Cile semakin unggul jauh 2-0 atas Spanyol.

Hingga turun minum, skuat asuhan Jorge Sampaoli tersebut berhasil mengungguli sang juara bertahan dengan skor 2-0.

Di awal babak kedua, Cile tampil sabar dan disiplin dalam bertahan. Peluang yang didapat Diego Costa pada menit ke-49 dari dalam kotak penalti masih bisa dihalau barisan pemain bertahan Cile.

Bola masih dikuasai para pemain Spanyol dan masih pada menit yang sama, Jordi Alba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Bola masih jauh dari sasaran.

Menit ke-53, Sergio Busquets mendapat peluang emas untuk mencetak gol bagi Spanyol. Sayang, sontekannya dari jarak kurang dari lima meter di depan gawang memanfaatkan umpan silang Diego Costa masih melenceng.

Sementara itu, Cile baru mendapatkan peluang melepaskan tendangan pada menit ke-65. Tendangan Vargas dari luar kotak penalti masih bisa ditepis kiper lawan.

Pertahanan Spanyol benar-benar kedodoran lewat serangan balik. Menit ke-68, lewat counter attack, Mauricio Isla mendapatkan ruang tembak di sisi kanan kotak penalti lawan, memanfaatkan umpan pendek Vargas. Tendangannya masih melebar.

Masih dari serangan balik, kali ini Cile mendapat peluang pada menit ke-71. Tandukan Guttierez memanfaatkan umpan silang Alexis Sanchez masih melambung.

Spanyol, yang kesulitan mengurai pertahanan Cile, mencoba berspekulasi dari luar kotak penalti. Upaya Cazorla pada menit ke-80 dan Iniesta pada menit ke-85 masih bisa diantisipasi kiper Claudio Bravo. Hingga laga usai, Cile tetap unggul 2-0.

Susunan Pemain:

Spanyol: Iker Casillas; Javi Martinez, Sergio Ramos, Jordi Alba, Cesar Azpilicueta; Andres Iniesta, Pedro (Santi Cazorla 76’), Xabi Alonso, Sergio Busquets, David Silva; Diego Costa (Fernando Torres 64’); Pelatih: Vicente del Bosque.

Cile: Caludio Bravo; Francisco Silva, Gary Medel, Gonzalo Jara; Eugenio Mena; Mauricio Isla, Arturo Vidal (Carlos Carmona 88’), Charles Aranguiz (Felipe Gutierrez 64’), Marcelo Diaz; Alexis Sanchez, Eduardo Vargas (Jorge Valdivia 85’); Pelatih: Jorge Sampaoli.

Category: UncategorizedTags:
Jayabet