Inilah Kronologi Jatuhnya Pesawat Malaysia Airlines MH17 di Ukraina

klg asli

berhasil
Malaysia Airlines MH17
Wartainfo.com - Pesawat Malaysia Airlines Boeing 777 dilaporkan jatuh di perbatasan Ukraina dan Rusia. Media The Star Online di Malaysia menyebutkan, pesawat terbang dari Amsterdam ke Kuala Lumpur dengan membawa 283 penumpang dan 15 awak pesawat. Berikut kronologi jatuhnya pesawat sebagaimana dikutip The Star Online: 

Kamis, 17 Juli 
18.00: Pesawat dijadwalkan berangkat dengan nomor penerbangan MH17, jenis Boeing 777, dari Bandara Schiphol, Amsterdam, Belanda. 
18.15: MH17 berangkat dari Amsterdam dengan membawa 280 penumpang dan 15 kru. 
22.15: Malaysia Airlines (MAS) menerima pemberitahuan dari Air Traffic Control (ATC) Ukraina bahwa mereka kehilangan kontak dengan MH17 sekitar 30 kilometer dari Tamak, sekitar 50 kilometer dari perbatasan Rusia-Ukraina. 
23.30: MH17 diperkirakan mengalami kecelakaan. MAS merilis tweet resmi, "Malaysia Airlines telah kehilangan kontak MH17 dari Amsterdam. Posisi terakhir diketahui di wilayah udara Ukraina". 
23.40: Kantor berita Interfax mengabarkan, pesawat telah ditembak di atas ketinggian 10 kilometer di atas Ukraina bagian timur.

  • Interfax telah mengonfirmasi bahwa lokasi terbakarnya pesawat di Ukraina timur.
  • Kementerian Dalam Negeri Ukraina mengonfirmasi bahwa semua penumpang dan kru meninggal. Pesawat ditembak jatuh ketika terbang di ketinggian 30.000 kaki (kira-kira 10 km).
  • Igor Strelkov, pimpinan milter separatis Rusia, mengirimkan pesan di media sosial VKontakte sebelum MH17 jatuh. Ia menulis bahwa pemberontak telah menembak jatuh pesawat Antonov An-26 (pesawat dengan dua baling-baling di bagian sayap), yang biasa digunakan Angkatan Udara Ukraina, di wilayah dekat Torez.
Jumat, 18 Juli 
00.03: Perdana Menteri Ukraina Arseniy Yatsenyuk menginstruksikan investigasi kecelakaan pesawat tersebut. 
00.05: Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak menulis di Twitter, "Saya terkejut dengan laporan kecelakaan MH17. Kami akan langsung melakukan investigasi." 
00.18: Pihak berwenang Ukraina di lokasi kecelakaan mengatakan, paling sedikit 100 jenazah ditemukan di lokasi, dan potongan tubuh jenazah tersebar sekitar 15 kilometer dari lokasi. 
00.30: Baik pemerintah maupun pemberontak Ukraina membantah telah menembak jatuh MH17. Sebuah peluru kendali (rudal) darat ke udara diduga digunakan untuk menembak pesawat itu hingga jatuh.

  • Menurut kantor berita RIA, Presiden Rusia Vladimir Putin berkomunikasi dengan Presiden Barack Obama tentang kecelakaan.
12.45: Lokasi kecelakaan berada di Desa Grabovo, di wilayah Donetsk. 
02.10: Menteri Luar Negeri Perancis Laurent Fabius menyebutkan, sedikitnya empat warga negara Perancis menjadi penumpang MH17. 

02.28: Kantor berita Interfax melaporkan, pemberontak separatis Rusia mengklaim menemukan kotak hitam MH17. 

04.15: Dalam jumpa pers, Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak mengatakan, Organisasi Internasional Penerbangan Sipil (ICAO) mengklaim rute yang dilalui pesawat MH17 adalah rute aman. Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) juga menyatakan, jalur penerbangan MH17 tidak termasuk daerah terlarang.

  • Najib mengatakan bahwa Malaysia Airlines menyebut tidak ada panggilan darurat yang dilakukan MH17.
  • Menurut informasi dari ATC di Kiev, lokasi suar darurat di 48 derajat 7 menit 23 detik Lintang Utara dan 38 derajat 31 menit 33 detik di Bujur Timur.
  • Pemerintah Ukraina yakin bahwa pesawat telah ditembak jatuh. "Namun, Malaysia belum bisa memverifikasi hal ini," kata Najib.
  • Pemerintah Malaysia akan berusaha mencari tahu apa yang terjadi dengan pesawat ini dan berjanji membawa pihak yang bertanggung jawab ke pengadilan.
  • Pemerintah Malaysia mengirim pesawat khusus ke Kiev, bersama staf bencana alam Malaysia, tim penyelamat, dan tenaga medis.
  • Posko darurat telah dibangun dan pemerintah Malaysia terus melakukan komunikasi dengan Ukraina.
  • Najib menyebutkan, Presiden Ukraina Petro Poroshenko berjanji akan melakukan investigasi independen.
  • Ukraina akan melakukan negosiasi dengan pemberontak di bagian timur negara tersebut.
06.10: MH17 dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia. 
07.30: Malaysia Airlines mengatakan, semua pesawat mereka dari Eropa akan mengambil rute alternatif menghindari jalur biasa di tempat MH17 jatuh. 
07.30: MAS mengonfirmasi bahwa MH17 membawa 298 orang, 283 penumpang, termasuk tiga bayi dengan kewarganegaraan berbeda, dan 15 kru. Ini sekaligus ralat atas informasi yang disebutkan sebelumnya bahwa penumpang berjumlah 295 orang.

ยป Video Percakapan Telepon "Ungkap" Penembak Jatuh MH17, Pemberontak Ukraina 

Category: UncategorizedTags:
Jayabet