Asian Games 2014: 7 Catatan Menarik Timnas Indonesia U-23

klg asli

berhasil
Fakta dan Catatan Menarik Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2014
Catatan Menarik Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2014 - Timnas Indonesia mendapatkan hasil yang cukup memuaskan di cabang sepakbola pada gelaran Asian Games 2014 yang digelar di Korea Selatan.

Meski harus kalah dari Thailand dengan skor telak di laga pamungkas Grup E, namun Indonesia tetap berhak lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup dengan koleksi enam poin.

Tak hanya itu saja, ada beberapa catatan menarik yang ditorehkan Timnas U-23 selama partisipasinya di ajang Asian Games 2014 kali ini. Penasaran fakta menarik terkait kiprah Timnas U-23 di ajang kali ini? Berikut ulasan Wartainfo.com selengkapnya.

Lolos dari Babak penyisihan grup setelah 28 tahun 
Keikutsertaan Indonesia di Asian Games 2014 di Korea Selatan kali ini memang menorehkan catatan yang tak buruk. Para punggawa timnas garuda berhasil melangkah ke fase knock-out setelah mengalahkan Timor Leste dan Maladewa.

Hal ini menjadi yang pertama sejak timnas mengikuti gelaran Asian Games di tahun 1986. Keberhasilan lolos dari fase grup ini merupakan ke empat kalinya bagi timnas setelah sebelumnya Indonesia berhasil memperoleh catatan yang sama di tahun 1954, 1956, dan 1986.

Korea Selatan bersahabat
Pernah menginjakkan kaki hingga babak semifinal tepatnya di ajang Asian Games di tahun 1954, 1956 dan 1986. Salah satu catatan manis tersebut di raih timnas Indonesia kala berlaga di Gelaran Asian Games di tempat yang sama di tahun 1986.

Diharapkan Korea Selatan yang pernah bersahabat pada punggawa timnas di tahun 1986 bisa memberikan tuahnya kembali hingga timnas Indonesia bisa tampil setidaknya sampai babak semifinal, yang merupakan capaian tertingginya di ajang ini. Bahkan bukan tak mungkin jika timnas bisa menyumbangkan medali bagi Indonesia dari cabang sepakbola.

Ferdinand Sinaga pecahkan rekor gol Terbanyak Asian Games
Ferdinand Sinaga sukses menjadi top-skorer sementara di ajang Asian Games di cabang sepakbola dengan torehan enam gol yang sudah dicetaknya di dua laga awal.

Ferdinand Sinaga tercatat hanya membutuhkan dua gol tambahan di kompetisi ini guna mematahkan rekor gol terbanyak Asian Games milik Odai Al-Saify asal Jordania dengan rekor tujuh gol.

Berhasil mencetak empat gol saat melawan Timor Leste juga membuat Ferdinand sukses lewati catatan gol terbanyak dalam satu pertandingan di Asian Games yang sebelumnya dipegang oleh Andi Ramang dengan torehan tiga gol.

Timnas Indonesia cetak poin tertinggi di Penyisihan Grup 
Timnas Indonesia di Asian Games kali ini juga berhasil menorehkan catatan poin tertinggi di babak penyisihan grup dengan enam poin.

Jumlah poin ini melewati catatan timnas pada ajang Asian Games 1954 dan 1958 yang mana timnas Indonesia berhasil lolos dengan raihan empat poin. Di saat timnas ikut serta di ajang Asian Games 1986, para punggawa merah putih bahkan hanya mengumpulkan 3 poin dan berhasil berada di posisi runner-up.

Produktivitas gol tinggi
Selain berhasil mencetak poin tertinggi selama sejarah keikutsertaannya di gelaran Asian Games. Timnas Indonesia juga berhasil mencetak raihan gol tinggi selama berpartisipasi di Asian Games.

Berhasil menyarangkan 11 ke jala lawang, 7 gol ke gawang Timor Leste dan 4 gol ke gawang Maladewa, Timnas Indonesia U-23 hanya membutuhkan dua gol lagi untuk melewati catatan timnas di Asian Games tahun 1954.

Kalah dengan Skor telak lawan Thailand
Berhasil tampil cemerlang di dua laga awal, timnas Indonesia U-23 menutup laga pamungkas di Babak Penyisihan Grup E Asian Games 2014 dengan kekalahan menyakitkan. Melawan Thailand, di Incheon Football Stadium, Senin (22/9) petang, Garuda Muda takluk dengan skor telak 0-6.

Pada laga tersebut, pelatih timnas Indonesia U-23, Aji Santoso memang melakukan rotasi besar-besaran untuk menjaga kondisi para pemainnya. Sayangnya, rotasi tersebut harus dibayar mahal dengan kekalahan telak atas Thailand.

Timnas U-23 Akan Menghadapi Korea Utara di Babak 16 besar
Dengan kekalahan atas Thailand di laga pamungkas Grup E, maka di laga 16 besar nanti Indonesia akan berhadapan dengan pemuncak grup F, Korea Utara.

Dalam ajang Asian Games sendiri, timnas Korut memiliki catatan cukup. Timnas Korut U-23 dalam keikutsertaannya sejak 2002 selalu berhasil masuk ke perempat final. Korut sendiri berhasil menjadi juara Grup F dengan total enam poin setelah mengandaskan perlawanan China dan Pakistan. Timnas U-23 bakal turun di babak 16 besar melawan Korut pada 26 September 2014 di An San Wa Stadium. (wartainfo.com)

Category: Olahraga, SepakbolaTags:
Jayabet