Tragis! Inilah 7 Tragedi Paling Mengerikan di Dunia Sepakbola

klg asli

berhasil
Tragedi berdarah Terburuk paling Mengerikan dan Mencekam sepanjang Sejarah Dunia Sepakbola

Tragedi Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Dunia Sepakbola - Sepak bola adalah olahraga paling terpopuler di dunia. Olahraga yang satu ini sangat digemari karena banyak mengundang kekaguman hingga memancing emosi.

Namun dibalik hingar-bingar dan serunya pertandingan olahraga paling populer di muka planet ini terselip beberapa kisah tragis yang terjadi sepanjang sejarah.

Kejadian-kejadian yang sampai memakan korban jiwa dalam jumlah banyak itu selain mencoreng persepakbolaan namun di sisi lain juga memberikan pembelajaran bagi pihak-pihak yang berkecimpung di dalamnya untuk terus memperbaiki segala hal agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

Berikut ini wartainfo.com rangkum dari berbagai sumber 7 Tragedi Berdarah Paling Terburuk dan Mengerikan Sepanjang Sejarah Dunia Sepakbola.

Tragedi Heysel, Final Piala Champions 1985 Liverpool Vs Juventus 

Foto gambar Tragedi Sepakbola Mengerikan Heysel, Final Piala Champions tahun 1985

Pada final Piala Eropa (Liga Champions) 1985 yang mempertemukan Liverpool dan Juventus, tembok di stadion Heysel rubuh sebelum pertandingan itu berjalan. Tembok stadion itu rubuh karena desakan dari para suporter Juventus yang mencoba menjauh dari para fans Liverpool yang mencoba mendesak dan menyerang mereka, akibatnya sebanyak 39 suporter meninggal dan 600 lainnya terluka, kebanyakan korban adalah para suporter Juventus.
Saat pertandingan berlangsung, kepolisian setempat masih mencoba untuk meredam aksi anarkis para supporter. Dan pertandingan itu dimenangi oleh Juventus melalui penalti kontroversial Michel Platini. Dan semenjak kerusuhan ini, klub Inggris dilarang bertanding di semua ajang kompetisi UEFA, dan larangan ini baru dicabut pada tahun 1990-1991.

Latar belakang dari kejadian ini adalah pada tahun sebelumnya (1984) saat Liverpool juga mencapai partai final dari kejuaraan yang sama danmenghadapi AS Roma, di stadion Olympico, Roma. Liverpool menang melalui adu penalti. Dan setelah partai final itu, Suporter AS Roma menyerang suporter Liverpool, sampai-sampai suporter Liverpool harus dikawal kepolisiansetempat saat kembali ke hotel dan beberapa ada yang berlindung di Kedutaan Inggris. Dan suporter Liverpool mencoba membalasnya kepada sesama suporter klub Italia. (wartainfo.com)

Kebakaran di Kota Bradford, Inggris

Foto gambar Tragedi Sepakbola Paling Mengerikan Mengenaskan Bradford, Inggris

Kali ini api yang menjadi petaka. Pada hari dimana tim sepakbola Bradford City merayakan titel juara Liga Divisi Tiga. Kejadian terjadi saat pertemuan tim Bradford City dan Lincoln City. Disaat pertandingan berjalan, salah satu suporter berulah dengan membuang puntung rokok yang masih menyala dan melemparnya ke belakang tribun yang kebetulan terdapat bahan-bahan yang mudah terbakar seperti tumpukan koran dan kain.
Dan hasilnya, 5 menit sebelum half time, asap putih muncul dari tribun kayu berumur 77 tahun, dan polisi mulai menginstruksikan para penonton untuk pindah dari blok G, tempat dimana api mulai terlihat. Dan 3 menit kemudian, wasit menghentikan pertandingan yang berkedudukan 0-0.
Saat penonton dievakuasi turun ke lapangan, ada beberapa yang masih terjebak terjebak di tribun blok G, para penonton juga mencoba mendobrak pintu keluar yang dikunci untuk menghindari para penonton yang tidak diinginkan masuk saat pertandingan, dan itu benar-benar menolong banyak nyawa para penonton yang panik akibat kebakaran hebat di tribun. Banyak kayu dan material yang meleleh jatuh menimpa para penonton yang berusaha menyelamatkan diri.
Total penonton yang tewas sebanyak 56 orang dan ikut mencederai lebih dari 250 lainnya. Ironisnya banyak penonton penonton yang merayakan kejadian tersebut setelah berhasil keluar dari stadion, seperti mereka berhasil membakar orang atau sebagainya, ada beberapa video yang berhasil merekam kejadian tersebut.
Tragedi Burnden Park, Manchester, Inggris

Foto gamPbar Tragedi Sepakbola Paling Mengerikan Burnden Park Manchester Inggris

Tragedi ini terjadi saat pertemuan Bolton Wanderers dan Stoke City. Tembok di tribun selatan bagian depan rubuh karena desakan para suporter yang sudah melebihi kapasitas stadion. Sebanyak 20.000 suporter yang tidak bisa masuk kedalam stadion akhirnya merusak gerbang dan memaksa masuk.

Banyak suporter jatuh dan menimpa suporter lainnya yang berada di depannya saat tembok tribun rubuh, dan kejadian itu menyebabkan 33 suporter meninggal dan lebih dari 400 lainnya cedera. Tragedi ini adalah yang terbesar dalam sejarah sepakbola Inggris setelah tragedi Ibrox Park di kandang Rangers pada tahun 1971. (wartainfo.com)
Tragedi Stadion Ibrox Glasgow, Skotlandia

Foto Gambar Tragedi Sepakbola Paling Mengerikan Ibrox Glasgow, Skotlandia

Pada menit ke-51 dalam pertandingan antara timnas Skotlandia dan Inggris, tribun selatan bagian belakang runtuh yang sebenarnya baru dibangun, tribun yang terbuat dari kayu ini runtuh karena hujan deras yang mengguyur pada malam sebelumnya.

Para suporter jatuh dari ketinggian 12 meter kebawah tribun, 25 meninggal dan mencederai 517 lainnya. Dan sedihnya, stadion Ibrox kembali mengalami tragedi pada tahun 1961 dan 1971.
Tragedi Munchen 1958

Foto Gambar Tragedi Sepakbola Paling Mengerikan Munich Munchen Manchester United

Tanggal 6 Februari 1958 menjadi peristiwa paling menyedihkan untuk klub asal Inggris, Manchester United.  Kala itu, Setan Merah --sebutan MU-- baru saja menyelesaikan pertandingan Piala Eropa di Beogard, Yugoslavia dan harus transit di Munchen, Jerman.

Tapi karena salju licin, pesawat yang ditumpangi pasukan Matt Busby tergelincir dan menabrak pagar pembatas hingga rumah penduduk di sekitar bandara.

Kejadian tersebut membuat 21 dari 44 orang yang berada di pesawat tewas di tempat. Korbannya adalah pemain, staff, ofisial MU dan para wartawan. (wartainfo.com)

Tragedi Stadion Ellis Park, Johannesburg, Afrika Selatan

Foto Gambar Tragedi Sepakbola Paling Mencekam Ellis Park, Johannesburg, Afrika Selatan

Kejadian berawal saat stadion telah terisi penuh dengan sekitar 60.000 suporter kedua tim, disaat yang bersamaan 30.000 suporter yang masih diluar stadion juga mencoba menerobos masuk untuk menyaksikan tim kesayangan mereka bertanding. Tapi media setempat memperkirakan kalau ada sekitar 120.000 suporter.
Dan desakan dari para kedua suporter membuat suasana semakin rusuh sehingga para aparat kepolisian berinisiatif untuk menembakkan gas air mata ke arah para suporter dengan tujuan untuk meredam kerusuhan, tapi yang terjadi gas air mata itu tambah membuat para suporter panik dan semakin berdesakan dan banyak korban yang terhimpit dan terinjak-injak.
Total 43 suporter menjadi korban meninggal dari kerusuhan ini. Banyak pihak mengklaim kalau kerusuhan ini terjadi akibat gas air mata yang ditembakkan oleh kepolisian, tapi pihak kepolisian menyangkal hal tersebut.
Tragedi Stadion Kayseri Ataturk, Turki

Foto Gambar Tragedi Sepakbola Paling Mencekam Kayseri Ataturk, Turki

Pertandingan antara Kayseri Erciyesspor dan Sivasspor dalam pertadingan Liga Utama Turki, dihadiri lebih dari 12.000 suporter dari kedua belah pihak. Pertandingan berlangsung dengan atmosfir yang sangat keras. Dan pada menit ke-20, gol tercipta oleh Oktay, striker dari Kayserispor. Setelah gol tersebut, para pemain dari kedua belah pihak mulai berkelahi tanpa alasan yang jelas, sang wasit mengeluarkan kartu merah kepada salah satu pemain Kayserispor, tapi setelah meminta pendapat dari para ofisial lainnya, wasit merubah keputusannya dan memperbolehkan pemain tadi bertanding kembali.
Dari level pertandingan yang keras itu, para suporter mulai berulah dengan melemparkan batu kepada suporter lawan. Dan beberapa suporter Sivas mencoba melarikan diri dari lemparan batu, berlari kedalam lapangan dan mencari pintu keluar, beberapa yang lari ke lapangan dihadang para petugas kepolisian dan memutar balik sehingga para suporter Sivas terdesak di pintu keluar terdekat dan menerobos menabrak sesama para suporter Sivas yang berada diluar pintu keluar stadion.
Saat lautan suporter Sivas tersebut bertabrakan, kejadian berikutnya sangat mengenaskan, banyak yang terinjak- injak, dan menyebakan 44 orang meninggal dan ratusan lainnya cedera.
Para suporter Sivas yang berhasil keluar stadion membuat rusuh di sepanjang jalan di kota Kayseri, setidaknya 60 mobil pribadi dan beberapa gedung rusak akibat ulah mereka, tidak berhenti disitu, saat mereka meninggalkan kota Kayseri, di jalan bebas hambatan yang menghubungkan antara kota Kayseri dan Sivas, mereka berhenti dan mulai membakar setiap mobil, truk dan bus yang menggunakan plat nomor kota Kayseri. (wartainfo.com)

ยป 5 Pemain Sepakbola Terbaik di Game FIFA 15 

Category: Berita Peristiwa, Olahraga, SepakbolaTags:
Jayabet