6 Kecelakaan Pesawat Terbesar dan Terparah dalam Sejarah Dunia

klg asli

berhasil
Daftar Foto gambar Kecelakaan Pesawat terbang Terparah Terbesar sepanjang masa dalam sejarah di dunia

Kecelakaan Pesawat Tragis Paling Mengerikan dan Mematikan di Dunia - Hilangnya pesawat AirAsia QZ 8501 menjadi perbincangan publik. Pasalnya pesawat itu hilang radar di sekitar perairan Kalimantan dan Belitung. Ada 155 penumpang dan 7 awak kabin yang ikut dalam pesawat rute Surabaya-Singapura itu. Di antara penumpang tersebut ada 16 anak-anak dan 1 bayi.

Tahun ini, maskapai milik Malaysia memang sedang apes. Dua pesawat milik maskapai Malaysia Airlines juga mengalami tragedi kecelakaan pada awal dan pertengahan 2014. Pertama pada 8 Maret 2014, di mana pesawat MH370 milik maskapai Malaysia Airlines mengalami hilang kontak di sekitar Samudera Hindia dengan rute Kuala Lumpur-Beijing. Hingga kini pesawat itu belum ditemukan.

Kedua pada 17 Juli 2014, pesawat MH17 milik maskapai yang sama dikabarkan ditembak oleh rudal milik Ukraina lantaran dianggap memasuki wilayah udara negara yang sedang berkonflik tersebut tanpa izin. Pesawat itu membawa 280 penumpang dan 15 awak kabin dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur.

Rupanya banyak kecelakaan pesawat dahsyat yang terjadi di dunia hingga sekarang dan menewaskan ratusan orang ini. Penyebabnya dari kerusakan sistem hingga tabrakan sesama pesawat. ini Enam kecelakaan Pesawat Terbang Terbesar dan Terdahsyat sepanjang masa dalam sejarah Dunia, Simak selengkapnya berikut ini: (wartainfo.com)

1. Tabrakan pesawat KLM 4805 dan Pan Am 1736 pada Tahun 1977

Foto gambar Kecelakaan Pesawat Terparah Terbesar sepanjang masa di dunia

Lokasi: Bandara di Tenerife, Kepulauan Canary, Spanyol
Meninggal: 583 orang
Selamat: 61 orang 

Musibah Tenerife yang menewaskan 583 orang ini terjadi pada 27 Maret 1977 pukul 17:06 waktu setempat, ketika dua Boeing 747 bertabrakan di Bandar Udara Internasional Los Rodeos di Tenerife, Kepulauan Canary, Spanyol. Hingga kini kecelakaan tersebut masih merupakan peringkat tertinggi kehilangan nyawa manusia dalam sejarah penerbangan.

Pesawat yang terlibat yaitu Pan Am, Penerbangan 1736, di bawah kendali Kapten Victor Grubbs, dan KLM, Penerbangan 4805, di bawah kendali Kapten Jacob Veldhuyzen van Zanten. Pesawat KLM melakukan lepas landas di satu-satunya landasan pacu di bandara tersebut, menabrak pesawat Pan Am yang sedang berjalan menuju landasan yang sama.

Sebelumnya, kedua pesawat tersebut memang dialihkan menuju Bandara Los Rodeos di Tenerife, Kepulauan Canary, Spanyol menyusul terjadinya ledakan bom di sebuah toko bunga di bandara tujuan semula di Las Palmas, yang disusul dengan ancaman bom kedua.

Kedua pesawat bertabrakan ketika akan meninggalkan Tenerife kembali ke Las Palmas. Pesawat KLM melakukan  take off  tanpa izin dari  Air Traffic Controller  (ATC) bersamaan di saat pesawat Pan Am sedang menyeberangi landasan yang sama untuk bersiap berangkat.

Pilot KLM sempat mencoba memaksa pesawatnya untuk lepas landas, namun baru mencapai 100 kaki sudah menabrak pesawat Pan Am. Jumlah korban tewas dari pesawat KLM adalah semua 234 penumpang dan 14 awaknya, sedangkan dari pesawat PanAm 9 dari 16 awak tewas dan 265 dari 317 penumpang tewas.

Investigasi menunjukkan bahwa selain usaha lepas landas KLM tanpa izin ATC, kecelakaan ini disebabkan juga oleh kebingungan pilot kedua pesawat oleh intruksi ATC yang berlogat Spanyol, serta pilot KLM tidak menggunakan bahasa standar penerbangan sehingga membingunkan petugas ATC.

Selain itu, peralatan komunikasi dan lainnya juga tidak memadai untuk mengawasi pergerakan pesawat. Kondisi ini diperparah oleh kabut tebal yang melanda daerah itu di saat kecelakaan terjadi. (wartainfo.com)

2. Kecelakaan Pesawat Japan Airlines 123 di Tahun 1985

Foto gambar Kecelakaan Pesawat Terparah Terbesar sepanjang masa di dunia
Lokasi: Ueno, Jepang
Meninggal: 520 orang
Selamat: 4 orang 

Pesawat Boeing 747SR milik Japan Airlines (JAL) ini jatuh di Gunung Takamagahara, sekitar 100 km dari Tokyo, pada 12 Agustus 1985. Sebanyak 15 awak pesawat dan 505 penumpang tewas. Dan ajaibnya ada empat penumpang yang dinyatakan selamat dalam kecelakaan tersebut.

Kecelakaan disebabkan oleh bagian ekor pesawat yang lepas sekitar 12 menit setelah lepas landas, akibatnya dinding penyekat bagian buritan pecah. Terlepasnya bagian ekor ini merusak sistem hidrolik pesawat secara keseluruhan, mengakibatkan pesawat hanya melayang-layang tak terkontrol selama sekitar 30 menit sebelum akhirnya jatuh.

Sebenarnya, pilot mencoba mencari tempat untuk melakukan pendaratan darurat. Awalnya pilot ingin kembali ke Bandara Haneda di Tokyo, tempat pesawat ini lepas landas. Namun, ketika pesawat semakin tidak terkendali, pilot mencoba terbang menuju pangkalan militer Amerika Serikat di Yokota. Namun semua usaha tersebut sia-sia dan akhirnya pesawat jatuh di Gunung Takamagahara.

3. Tabrakan Pesawat Saudi Arabian dan Kazakhstan Airlines 1907 Tahun 1996

Foto gambar Kecelakaan Pesawat Terparah Terbesar sepanjang masa dalam sejarah di dunia

Lokasi: Charkhi Dadri, India
Meninggal: 349 orang
Selamat: tidak ada

Tabrakan pesawat di udara yang terjadi pada 12 November 1996 ini melibatkan  Boeing 747-168B milik Saudi Arabian Airlines yang membawa 312 penumpang dengan pesawat  Ilyushin Il-76TD milik Kazakhstan Airlines yang mengangkut 37 penumpang.

Insiden tabrakan udara maut ini akibat keterbatasan pilot Kazakhstan Airlines dalam berbahasa Inggris saat hendak mendarat di New Delhi, India. Saat itu, pesawat aman untuk turun hingga ketinggian 4.600 kaki, tetapi operator radio gagal menginformasikan kepada kru pesawat untuk tetap pada ketinggiannya. Akibatnya pesawat pun terus mengurangi ketinggiannya.

Di saat bersamaan, pesawat Saudi Arabian Airlines baru saja lepas landas, dan pada ketinggian 4.300 kaki tabrakan pun tak terhindarkan. Kedua pesawat langsung meledak di udara meninggalkan ribuan kepingan yang jatuh ke daratan. Ini adalah kecelakaan di udara terbesar yang pernah ada dalam sejarah penerbangan dunia.

4. Kecelakaan Pesawat Turkish Airlines 981 pada Tahun 1974

Foto Images Kecelakaan Pesawat terbang Terparah Terbesar sepanjang masa dalam sejarah di dunia

Lokasi: Hutan Ermenonville, dekat Paris, Prancis
Meninggal: 346 orang
Selamat: tidak ada 

Insiden ini adalah kecelakaan pesawat dengan angka kematian tertinggi di Prancis dan dari semua kecelakaan pesawat DC-10 di dunia.

Pesawat McDonnell Douglas DC-10 milik Turki ini terbang dari Paris, Prancis, menuju London, Inggris pada 3 Maret 1974. Ketika terbang di atas kota Meaux, Prancis, terdengar suara ledakan dari pintu kargo belakang. Kemudian lantai kabin diatas kargo runtuh, menghancurkan kendali pesawat.

Pilot dan co-pilot berjuang untuk mengendalikan pesawat selama 72 detik sebelum akhirnya jatuh di hutan Ermenonville. Pesawat pun hancur dan menewaskan seluruh penumpang serta awaknya. Menurut laporan resmi, penyebab dari kecelakaan ini adalah akibat kerusakan pintu kargo belakang. (wartainfo.com)

5. Kecelakaan Pesawat Saudi Arabian 163 di Tahun 1980

Foto Images Kecelakaan Pesawat terbang Terparah Terbesar sepanjang masa dalam sejarah di dunia

Lokasi: Riyadh, Arab Saudi
Meninggal: 301 orang
Selamat: tidak ada 

Pesawat bertipe Lockheed L-1011-200 TriStar milik Saudia (sekarang bernama Saudi Arabian Airlines) lepas landas dari Riyadh International Airport di Riyadh menuju Jeddah. Sesaat setelah lepas landas, terdengar peringatan tentang asap di dalam kompartemen kargo.

Para kru menghabiskan waktu empat menit untuk mencari tahu apa yang harus dilakukan, lalu akhirnya kembali ke bandara.

Kerusakan akibat api, memaksa pilot mematikan mesin bagian tengah. Pesawat mendarat dengan selamat, tetapi pesawat terus bergulir di landasan, menjauh dari kendaraan darurat yang sedang menantinya. Hal ini masih ditambah dengan pintu-pintu tidak dapat dibuka oleh petugas penyelamat sampai lima belas menit setelah pendaratan. Akibatnya, semua penumpang dan awak pesawat tewas karena menghirup asap selama proses awal evakuasi

6. Kecelakaan Pesawat Militer Iran Ilyushin Il-76MD pada Tahun 2003

Foto Pictures Kecelakaan Pesawat terbang Terparah Terbesar sepanjang masa dalam sejarah di dunia
Lokasi: Kerman, Iran
Meninggal: 302 orang
Selamat: tidak ada 

Pesawat naas ini adalah pesawat angkut militer jenis Ilyushin Il-76MD milik Garda Revolusi Iran. Kecelakaan yang terjadi pada 19 Februari 2003 ini, menewaskan 302 orang, kebanyakan dari mereka anggota Garda Revolusi Iran.

Tak banyak informasi dari kecelakaan pesawat terbesar di Iran ini, namun laporan resmi mengatakan penyebab kecelakaan adalah akibat cuaca buruk, yaitu angin kencang dan kabut tebal. Beberapa sumber berspekulasi bahwa kecelakaan itu mungkin akibat tabrakan di udara, atau adanya masalah mekanis pada mesin. (wartainfo.com)

ยป 5 Kecelakaan Pesawat Terbang Terbaru Paling Tragis Sepanjang Tahun 2014 

Category: Berita Peristiwa, Serba - SerbiTags:
Jayabet