Makna 9 Tradisi Unik Perayaan Imlek (Tahun Baru Cina)

klg asli

berhasil
Arti dan Makna Kebiasaan Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru china Imlek 2015

Tradisi Unik Menarik Perayaan Tahun Baru Imlek dan Maknanya - Tahun baru Cina atau Imlek tak lepas dari tradisi-tradisi tertentu. Tradisi ini biasanya sudah berlangsung sekian lama dan turun temurun dilakukan.

Tradisi tersebut juga mempunyai makna-makna tertentu. Berikut ini beberapa tradisi unik dan Makna perayaan Tahun baru Cina atau Imlek: (wartainfo.com)

1. Membersihkan rumah

Foto gambar Tradisi unik Perayaan Tahun Baru Cina Imlek

Sehari sebelum perayaan Imlek, masyarakat Tionghoa akan berbondong-bondong membersihkan rumah. Tradisi ini dilakukan sebagai simbol buang sial dan membuka keberuntungan. Sebaliknya, tepat saat perayaan tahun baru China, menyapu rumah adalah hal yang pantang dilakukan. Menurut kepercayaan, hal ini akan membuang rejeki atau keberuntungan. (wartainfo.com)

2. Mendekorasi rumah

Foto gambar wanita cantik Tradisi unik Perayaan Tahun Baru Cina Imlek

Selain dibersihkan, sudah tentu rumah juga akan didekorasi menjelang Imlek tiba. Pintu dan jendela akan dicat ulang dan ditempeli kertas yang bertulisan kalimat yang baik. Dekorasi yang digunakan biasanya dominan menggunakan warna merah. Warna merah pada rumah melambangkan sesuatu yang sejahtera dan kuat, serta membawa keberuntungan. 

3. Pakaian dan sepatu baru

Foto gambar cewek cantik pakaian baju imlek Tradisi unik Perayaan Tahun Baru Cina

Tradisi lainnya menjelang Imlek adalah membeli pakaian dan sepatu baru, serta menggunting rambut. Pakaian baru yang dikenakan pada hari Imlek biasanya berwarna merah atau warna terang lainnya. Warga Tionghoa percaya pentingnya menjaga tampilan dan sikap baru yang optimis menghadapi masa depan. Harapannya, masa depan tetap terang dengan kemakmuran dan rezeki. (wartainfo.com)

4. Melunasi atau mengurangi hutang

Foto Pictures Tradisi unik Menarik Perayaan Tahun Baru Imlek China

Menjelang tahun baru, masyarakat Tionghoa akan melunasi atau mengurangi jumlah hutangnya. Tradisi ini bertujuan agar pada tahun selanjutnya, orang tersebut tidak terbebani oleh hutang. 

5. Tradisi Bagi-bagi Angpao

Foto Pictures Angpao anak Tradisi unik Menarik Perayaan Tahun Baru Imlek China 2015

Nah, salah satu tradisi yang melekat pada Imlek adalah angpau. Istilah angpau sendiri berasal dari bahasa Hokkian yang berart ang (merah) dan pau (bingkisan/amplop). Kenapa harus berwarna merah? Dalam kebudayaan Tionghoa, warna merah dianggap sebagai simbol kebaikan dan kesejahteraan. Warna ini juga dipercaya mampu membawa kebahagiaan dan semangat yang bersumber pada nasib baik.

Makna tradisi membagikan angpao pada saat Imlek berkaitan dengan transfer energi dan kesejahteraan. Orang yang sudah berkeluarga akan memberikan rezeki kepada orang tua dan anak-anaknya. Begitu juga bagi yang sudah cukup mampu, harus berbagi rezeki dengan yang tidak mampu. (wartainfo.com)

6. Liong Naga dan Barongsai

Foto Images Barongsai Liong Naga Tradisi unik Tahun Baru Imlek China 2015

Tradisi ini sudah menjadi sesuatu yang wajib pada perayaan Imlek. Barongsai atau juga sering disebut liong naga, merupakan tarian khas China yang berasal dari masa Dinasti Chin - sekitar abad ke tiga sebelum masehi.

Tarian tradisional China ini dilakukan oleh satu tim yang terdiri dari dua orang - dengan memakai kostum menyerupai singa. Singa merupakan simbol hewan yang diyakini memiliki daya magis dalam kebudayaan China. Menurut tradisi Tionghoa, barongsai juga dipercaya dapat menolak bala dan melimpahkan rejeki. 

7. Menyajikan makanan khusus Imlek

Foto Images Makanan Khusus Imlek Tradisi unik Tahun Baru Imlek China 2015

Pada perayaan imlek, hidangan yang disajikan biasanya terdiri dari 12 macam masakan dan 12 macam kue. Hal tersebut melambangkan 12 shio. Seluruh hidangan kemudian didoakan bersama-sama dengan keluarga. Masing-masing makanan memiliki makna tersendiri, seperti Siu Mie melambangkan panjang umur, lapis legit melambangkan rezeki yang berlapis, ikan sebagai simbol air, serta bebek atau ayam sebagai lambang udara. (wartainfo.com)

8. Makan Ikan dan Pantangannya

Foto Gambar Tradisi unik Menarik Tahun Baru Imlek China 2015

Jangan heran, jika harga ikan bandeng bisa melambung ketika mendekati Imlek. Hal ini dikarenakan ikan adalah simbol kebahagiaan dan keberuntungan bagi masyarakat Tionghoa.

Namun, ikan yang dihidangkan tidak boleh dibalik. Jadi, kalau bagian atasnya sudah habis. Anda tak boleh mengambil daging di sisi lainnya dengan membalik ikan. Menurut tradisi, ikan juga tidak boleh dihabiskan sekaligus pada hari itu, melainkan disisakan untuk keesokan harinya. Tradisi ini melambangkan nilai tambah untuk tahun berikutnya. 

9. Pantang makan bubur

Foto Gambar Pantangan Tradisi unik Menarik Tahun Baru Imlek China 2015

Nah, ini menariknya! Saat perayaan Imlek, masyarakat Tionghoa dilarang makan bubur. Karena Tahukah Anda, ternyata menurut tradisi para warga keturunan Cina, bubur adalah simbol kemiskinan. Karena itu, saat perayaan Imlek, mereka dilarang keras untuk mengonsumsi bubur. (wartainfo.com)

Category: Tradisi BudayaTags:
Jayabet