4 Jenis Kuman Penyakit yang Perlu Kamu Tahu!

klg asli

berhasil
macam macam jenis kuman penyakit yang harus di ketahui

Macam-macam Kuman penyebab Penyakit - Selama ini Anda selalu diingatkan bahwa kuman adalah makhluk hidup yang jahat sebab mampu menginfeksi tubuh dan menyebabkan munculnya beberapa jenis penyakit. Kuman sendiri tidak bisa dilihat dengan mata telanjang sehingga sangat membahayakan. Begitu masuk ke dalam tubuh Anda, maka mereka akan merasa nyaman di dalam tubuh dan cenderung enggan untuk meninggalkan tubuh Anda.
Selain informasi tersebut, ternyata ada beberapa jenis kuman yang jarang Anda ketahui. Dilansir dari healthmeup, berikut adalah Macam-macam  jenis kuman penyebab penyakit tersebut: (wartainfo.com). 
1. Bakteri

Foto gambar Bakteri jenis kuman penyakit
Bakteri adalah organisme bersel tunggal kecil yang berkembang biak dengan cepat. Satu bakteri tunggal dapat menjadi satu miliar bakteri hanya dalam waktu sepuluh jam jika berada di tempat yang tepat. Bakteri hidup dengan cara mendapatkan suntikan nutrisi dari lingkungan tempat mereka hidup. Bakteri dapat menyebabkan beberapa infeksi penyakit seperti tipus, keracunan makanan, sakit tenggorokan, gigi berlubang, radang paru-paru dan infeksi telinga.
Namun tidak semua bakteri bersifat buruk. Pernah mendengar bakteri probiotik? Bakteri yang ditemukan di dalam produk susu dan olahan susu seperti keju dan yogurt ini bermanfaat untuk menyehatkan saluran pencernaan Anda. 
2. Virus

Foto gambar Virus jenis macam kuman penyakit
Virus memiliki struktur sederhana dari bakteri, dan mereka tidak benar-benar dianggap sebagai organisme hidup. Seperti bakteri, mereka juga bisa mengkloning diri mereka sendiri dengan cepat. Virus tidak bisa bertahan hidup kecuali mereka hidup dari sel inang, sehingga mereka terus mencoba untuk menginfeksi manusia serta makhluk lainnya.
Infeksi virus jauh lebih mematikan daripada bakteri. Sel-sel yang telah terinfeksi oleh virus kehilangan kemampuan mereka untuk berfungsi dan dipaksa untuk menghasilkan protein virus dan klon virus. Beberapa contoh penyakit yang disebabkan oleh virus adalah HIV, Ebola dan rabies.
Virus sangat berbahaya karena mereka bisa hidup berlama-lama di tempat-tempat seperti gagang pintu, keyboard komputer, tombol ATM dan tombol lift. Itulah mengapa penting untuk mencuci tangan Anda, terutama sebelum Anda makan. (wartainfo.com)
3. Jamur

Foto gambar Jamur jenis macam kuman penyakit
Meskipun jamur yang tidak berbahaya seperti bakteri atau virus, mereka masih dapat menyebabkan penyakit. Jamur adalah organisme seperti tumbuhan yang berkembang di tempat-tempat yang hangat dan lembab. Beberapa infeksi jamur umum adalah kurap dan penyakit kulit lainnya. Mereka juga dapat memicu serangan asma, reaksi alergi dan infeksi sinus. 
4. Protozoa

Foto gambar Protozoa jenis macam kuman penyakit
Protozoa adalah parasit yang menyebar melalui air dan menyebabkan penyakit seperti infeksi saluran pencernaan, malaria dan disentri. Mereka hidup dalam makanan, tanah, air atau serangga lainnya. Mereka bisa masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan air yang Anda konsumsi atau melalui perantara lain seperti nyamuk.
Kuman selalu ada di sekitar Anda dan tidak mudah dilihat dengan mata telanjang. Namun untuk mencegah serangan kuman, Anda bisa melakukan tindakan pencegahan sederhana seperti selalu mencuci tangan. Membangun sistem kekebalan tubuh dari dalam seperti makan makanan sehat juga penting untuk menghalau infeksi kuman dari dalam tubuh. (wartainfo.com)

» Fakta dan Gejala Meningitis yang Perlu Kamu Ketahui
» 5 Macam Virus Penyakit Berbahaya Paling Mematikan

Category: Health, KesehatanTags:
Jayabet