Lima Macam Batu Paling Terpopuler di Indonesia

klg asli

berhasil
Batu Mulia paling Terpopuler di pakai orang Indonesia saat ini

Batu Mulia Paling Populer Dipakai Orang Indonesia - Salah satu benda alam yang digunakan oleh manusia untuk memperindah dirinya adalah batu-batu. Selain untuk memperindah diri, batu-batu ini juga dipakai untuk alasan-alasan lain, mulai dari alasan mistis hingga wibawa.

Perlu waktu yang sangat lama untuk sebuah batu terbentuk. Agar dapat dijadikan perhiasan, batu-batu itu perlu dibentuk terlebih dahulu. Harga jual dari batu-batu kristal itu bergantung pada beberapa hal, seperti kelangkaan, kejernihan, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah 5 jenis batu paling populer yang dipakai orang Indonesia, Simak ulasan selengkapnya di bawah ini: (wartainfo.com)

1. Batu Akik

Foto gambar Batu Akik Sungai Dareh Bacan dan Batu Akik Garut
Batu Akik Sungai Dareh, Batu Akik Bacan dan Batu Akik Garut

Batu Akik adalah jenis batu Agate. Nama Agate diberikan oleh filsuf Yunani Kuno, Theophrastus. Ia menemukan Agate di sepanjang sungai Achates, Sisilia, Italia. Kini sungai itu lebih dikenal dengan nama Dirillo.

Jenis batu Agate ini merupakan bagian dari keluarga batu Quartz. Quartz merupakan salah satu kelompok batu yang jumlahnya paling banyak di bumi. Batu Akik bisa ditemui di daerah Turki dan Iran. Di Indonesia sendiri, batu akik memiliki jenis-jenis yang dinamakan berdasarkan daerah.

Beberapa macam batu akik itu adalah:

  • Batu Garut yang berasal dari Jawa Barat
  • Batu Bacan yang berasal dari Maluku Utara
  • Batu Sungai Dareh yang berasal Pulau Punjung, kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.
Meski memiliki nama Bacan, batu Bacan sesungguhnya tidak berasal dari pulau Bacan. Dilansir dari situs resmi Wonderful Indonesia, batu Bacan sesungguhnya berasal dari pulau Kasiruta yang terletak di sebelah barat pulau Bacan. Nama Bacan diberikan pada batu itu karena di pulau Bacan lah batu itu pertama kali diperdagangkan.
2. Batu Kecubung

Foto gambar Batu Akik Kecubung paling populer di Indonesia saat ini

Sama seperti batu Agate, Batu Kecubung atau Amethyst juga merupakan bagian dari keluarga batu Quartz. Batu kecubung ini berwarna ungu. Beberapa negara di dunia yang terkenal dengan batu Kecubungnya adalah Srilanka dan Brazil. (wartainfo.com)

3. Batu Zamrud

Foto gambar Batu Mulia Zamrud paling populer di Indonesia saat ini

Zamrud adalah nama lain dari Emerald yang merupakan bagian dari keluarga batu Beryl. Warna batu Zamrud ini adalah hijau. Batu ini sudah ditambang oleh bangsa Mesir sejak tahun 1500 SM. Pada abad ke-14, India dan Austria mulai menambang batu ini. Emerald atau Zamrud dapat ditemukan di berbagai negara, seperti Afrika Selatan, Amerika, Australia, Madagaskar, dan lain sebagainya. (wartainfo.com)

4. Batu Giok

Foto gambar Batu Giok Aceh paling terpopuler di Indonesia saat ini
Foto: Batu Giok dari Aceh

Batu Giok atau Nephrite Jade merupakan batu yang sudah sangat lama digunakan oleh manusia, yakni sejak zaman pra sejarah. Pada kebudayaan Tiongkok, batu giok digunakan dalam upacara-upacara adat. Selain di Tiongkok, daerah-daerah lain di mana batu giok menjadi bagian budayanya adalah Korea, India, Myanmar, dan meso-Amerika. 

5. Batu Intan

Foto gambar Batu intan berlian paling terpopuler di Indonesia saat ini

Batu Intan atau diamond adalah batu yang sangat terkenal. Kecantikan batu ini sangat menggoda banyak kaum hawa. Di beberapa negara di benua Afrika, penambangan batu intan ini juga terkait dengan isu politik. Intan yang terkait konflik dan masalah pendanaan organisasi politik tertentu serta kekerasan disebut dengan istilah Blood Diamond.

» Batu Akik Termahal di Indonesia Saat ini, Harganya Miliaran 
» Tentang Batu Akik Sulaiman, Jenis Khasiat dan Ciri Cirinya

Category: Batu Akik MuliaTags:
Jayabet