FIFA Resmi Jatuhkan Sanksi Pada Indonesia (PSSI)

klg asli

berhasil

FIFA hukum Sanksi PSSI

Wartainfo.com - Federasi tertinggi Sepakbola Dunia (FIFA) mengumumkan keputusan resmi terkait pengenaan sanksi bagi sepakbola Indonesia. Dalam laman resmi FIFA, keputusan yang diambil dalam rapat Executive Committee (Exco) FIFA di Zurinch, Swiss, Sabtu (30/5) waktu setempat, menetapkan sanksi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) hingga batas waktu tidak ditentukan.

"Sanksi bagi PSSI langsung berlaku dan untuk waktu yang tidak ditentukan sampai PSSI bisa mematuhi peraturan Pasal 13 dan 17 Statuta FIFA," demikian bunyi pernyataan FIFA dalam surat yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Jerome Valcke.

Baca Juga: ยป 5 Imbas Terbongkarnya Skandal Kasus Korupsi FIFA Bagi Sepakbola Dunia

Dalam surat itu, FIFA menyatakan bakal mencabut sanksi untuk Indonesia jika PSSI menyelesaikan permasalahan tanpa adanya ikut campur pihak ketiga. Selain itu, FIFA juga meminta agar tanggung jawab tim nasional dan seluruh kompetisi sepak bola Indonesia diserahkan kepada PSSI.

"Selama disanksi, PSSI kehilangan hak keanggotaan (c.f Pasal 12 ayat 1 Statuta FIFA) dan seluruh wakil asal Indonesia (timnas maupun klub) dilarang melakukan hubungan internasional, termasuk terlibat di kompetisi FIFA dan AFC (c.f khususnya Pasal 14 ayat 3 dari Statuta FIFA)," ujar FIFA.

"Sanksi kepada PSSI juga membuat setiap anggota dan ofisial mereka tidak bisa mendapatkan keuntungan apapun dari program pengembangan FIFA dan AFC, kursus, atau latihan selama dijatuhi sanksi," lanjut pernyataan tersebut.

Sementara itu, Komite Eksekutif FIFA akan kembali menggelar pertemuan pada 24-25 September 2015. (wartainfo.com)

Category: Olahraga, SepakbolaTags:
Jayabet