5 Jenis Ban Motor dan Mobil dari Bentuk Alurnya

klg asli

berhasil

Jenis Ban Motor dan Mobil

Jenis Varian Ban Motor dan Mobil - Pada Musim yang mulai tak teratur seperti yang terjadi beberapa hari ini, membuat kita tak bisa meremehkan pentingnya keselamatan berkendara khususnya dalam urusan memilih ban yang tepat.

Sekedar menambah wawasan nih, alur corak atau kembang pada ban juga memiliki bentuk yang berbeda. Misalnya ada ban yang cocok untuk aspal yang mulus, jalan yang rusak, medan tanah, musim panas, hujan, salju dan seterusnya.

Nah dengan kondisi alam dan cuaca yang berbeda seperti itu, pastinya membutuhkan pattern ban yang sesuai agar keamanan, kenyamanan serta umur ban selama berkendara dapat terjaga dengan baik.

Sebelum menentukan dan membeli ban untuk kendaraan, nggak ada salahnya untuk memahami jenis karakter dan varian ban baik pada ban mobil atau motor seperti dikutip wartainfo.com dari lintasme berikut ini:

1. Jenis Ban Alur Kembang Berbentuk RIB

Jenis Ban Motor Mobil Alur Kembang Berbentuk RIB

Alur berbentuk RIB ini biasanya digunakan untuk kendaraan niaga ringan atau angkutan kota, dan alurnya dibuat pada sekeliling ban. Ban ini memiliki daya cengkram yang rendah pada setiap putaran. Namun pada saat jalan lurus, ban ini memiliki stabilitas yang termasuk baik karena pola corak tidak menarik ke kanan ataupun kiri ban.

Ban ini juga menghasilkan panas yang ditimbulkan akibat gesekan dengan aspal yang tergolong rendah, cocok untuk kecepatan tinggi, punya kemampuan pengereman dan menikung rendah. Ban beralur RIB ini juga cenderung lebih mudah pecah akibat tekanan berlebih. Sehingga ban ini sangat cocok untuk jalan aspal, mobil bertipe MPV atau mobil niaga (microbus) seperti ban depan truk dan bus.

2. Ban dengan Alur Berbentuk LUG

Foto Gambar Jenis Ban Motor Mobil Alur Berbentuk LUG

Ban dengan alur ini punya arah menyudut ke sebelah kanan ban. Ban tipe ini bagus untuk pengereman dan menikung. Namun kurang nyaman pada kecepatan tinggi karena ada getaran saat melesat pada kecepatan tinggi. Alur LUG ini punya daya cengkram yang tinggi terhadap putaran ban, sehingga cocok digunakan sebagai roda belakang truk atau bus. Bahkan dengan kondisi jalan yang kurang baik ataupun cuaca yang ekstrim misalnya jalanan licin, ban ini sanggup melibasnya. (wartainfo.com)

3. Jenis Ban dengan Alur Berbentuk RIB-LUG

Foto Gambar Jenis Ban Motor Mobil Alur Berbentuk RIB-LUG

Nah kalau alur ini memadukan antara RIB dan LUG, yaitu adanya pola pada bagian tengah ban untuk menjaga kestabilan ban saat berjalan lurus. Sedangkan pola di pinggir bertujuan agar ban juga memiliki kemampuan pengereman yang baik dan kemampuan yang baik dalam melibas tikungan. Ban ini biasanya dipakai pada bagian depan dan belakang bus atau truk.

4. Ban Alur Berbentuk Block

Ban Motor Mobil Alur Berbentuk Block

Alur block punya lekukan yang berhubungan antara lekukan yang horizontal dan vertikal. Jenis ban seperti ini punya tingkat kestabilan yang sangat baik terhadap perubahan cuaca. Di Eropa, ban beralur Block ini banyak dipakai pada saat musim dingin atau bersalju. Namun meski memiliki kestabilan yang tinggi corak Block ini juga memiliki kelemahan yakni ban mudah aus (habis) jika dipakai di jalan aspal biasa atau permukaan yang berlekuk/ beralur.

5. Jenis Ban dengan Alur Menyilang

Foto Gambar Ban Motor Mobil Alur Menyilang

Alur menyilang memiliki kemampuan mengerem lebih baik. Selain ban jenis ini cocok saat jalan basah, untuk kecepatan tinggi dan arah putaran yang dicap pada dinding ban. Pada beberapa gambar ilustrasi jenis ban ini, tentang pentingnya mengetahui alur ban dan material pembentuknya. (wartainfo.com)

Category: Otomotif, TeknologiTags:
Jayabet