Selalu Merasa Lapar dan Ingin Makan Terus? ini 4 Penyebabnya

klg asli

berhasil

penyebab selalu lapar terus

Wartainfo.com - Baru saja makan, tapi satu jam kemudian sudah lapar lagi? Jika hal ini selalu terjadi pada Anda, bisa jadi ada yang salah dengan kondisi tubuh atau cara makan yang kurang sehat. Rasa lapar dan keinginan untuk terus makan ini banyak menghinggapi para wanita entah itu sekadar untuk ngemil, brunch (makan antara pagi dan siang) atau makan besar.

Pamela Peeke, M.D., M/P.H., senior science advisor di Elements Behavioral Health menjelaskan empat penyebab utama mengapa selalu merasa lapar, seperti dikutip dari Women's Health US.

1. Metabolisme Tubuh yang Cepat

Beberapa wanita cukup beruntung dibekali metabolisme tubuh yang cepat, dan hal itu dipengaruhi oleh faktor genetik. Ketika orang lain harus berolahraga keras dan diet ketat untuk membakar kalori dan membentuk otot, maka orang dengan metabolisme cepat tidak perlu bekerja sekeras itu. Semakin cepat laju metabolisme, maka akan semakin banyak energi yang dibutuhkan. Oleh karena itulah orang cepat merasa lapar.

Bedasarkan penelitian dari University of Vermont, sekitar 32 persen orang memiliki metabolisme di atas atau di bawah rata-rata. Orang dengan metabolisme tubuh cepat umumnya bisa membakar kalori ekstra sebanyak 100 hingga 400 per hari. Karena energi selalu terpakai maka lapar pun akan lebih sering terasa.

2. Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Olahan

Makanan hasil olahan pabrik seperti roti tawar, cookies, mie instan, sosis atau nugget bisa membuat kadar gula dalam darah melonjak naik, tapi di saat yang bersamaan cepat juga turunnya. Akibatnya perut akan terasa lebih lapar ketimbang sebelum Anda makan. Penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Obesity mengungkapkan bahwa makanan berlemak dan bergula tinggi bisa memengaruhi senyawa kimia pada otak yang bertugas mengatur mood. Hal tersebut bisa memicu gejala depresi dan makan berlebihan.

"Gula pasir, punya efek yang kuat dalam memengaruhi kinerja otak dan merupakan penyebab utama kenapa nafsu makan seseorang selalu tinggi sepanjang hari," ujar Pamela.

Sebaiknya batasi konsumsi makanan olahan atau dalam kemasan. Perbanyak makan makanan yang berasal dari bahan utuh misalnya sayuran segar, nasi merah, roti gandum serta ikan-ikanan atau daging-dagingan segar yang dimasak sendiri.

3. Hormon yang Tidak Seimbang

Seseorang yang mengalami hipertiroid, atau kelebihan kelenjar tiroid umumnya akan mengalami rasa lapar yang terus menerus. Ketika hormon tiroid terlalu tinggi, fungsi vital tubuh akan menjadi lebih cepat dan Anda juga akan membakar energi lebih banyak dalam waktu singkat. Sindrom Grave, suatu gangguan imun yang memengaruhi produksi kelenjar tiroid merupakan salah satu penyebab utama hipertiroid.

4. Hypoglycemia

Hypoglycemia merupakan kondisi dimana tingkat gula darah seseorang rendah. Gula darah yang rendah akan membuat seseorang selalu merasa kelaparan. Kondisi ini perlu diwaspadai karena bisa memicu diabetes. Untuk mengatasinya diperlukan konsultasi dengan dokter spesialis. (wartainfo.com)

Category: Kesehatan, Wanita
Jayabet