Warna Urine Bisa Mendeteksi Kesehatan Anda

klg asli

berhasil

Warna Urine chek kesehatan

Wartainfo.com - Setiap orang selalu buang air kecil setiap hari. Kadang ada warna-warna yang berubah pada air seni atau air kencing Anda. Hati-hati, warna tertentu bisa menunjukkan gejala sakit.

Perlu diketahui, urine atau air seni adalah salah satu cara ampuh untuk mendiagnosis suatu penyakit yang ada di dalam tubuh. Warna urine menjadi penentu sehat atau tidaknya seseorang. Bahkan warna urine juga dapat memberikan beberapa informasi penyakit yang ada di dalam tubuh kita. Seperti yang dilansir laman News, Berikut adalah beberapa gejala penyakit yang dapat dideteksi dengan lewat Warna Urin anda.

Tidak Ada Warna, Transparan

Anda minum air terlalu banyak. Coba kurangi sedikit jumlah air yang dikonsumsi.

Kuning Sangat Pucat Transparan

Ini warna normal, tubuh Anda mendapat cukup air.

Kuning Transparan

Ini adalah warna air kencing normal.

Jika Anda memiliki warna-warna di atas, berarti tubuh Anda sudah cukup air dan kemungkinan besar tidak memiliki masalah dengan ginjal atau organ bagian dalam lainnya.

Warna Urine kuning gelap

Ini artinya Anda mengalami dehidrasi. Mungkin Anda sudah mengetahui hal ini, namun meski terdengar sepele Anda ridak dapat membiarkannya begitu saja. Anda harus segera mengonsumi cairan untuk menjaga kinerja kandung kemih.

Warna Urine Kemerahan

IUrine yang kemerahan bisa terjadi setelah Anda mengonsumsi makanan tertentu, seperti bit, buah beri hitam, atau rhubard yang memiliki batang warna merah.

Namun jika tak ada menu itu dalam riwayat makanan Anda, bisa jadi urine kemerahan disebabkan penyakit kandung kemih, ginjal, kanker prostat, olah raga berat, atau hubungan seksual yang berlebihan.

Urine berbau

Jangan pernah berpikir hanya pete dan jengkol yang menyebabkan urine menjadi bau. Bau menyengat pada urine menunjukkan adanya gangguan pada saluran kemih, apalagi jika kondisi ini juga diiringi dengan demam Anda wajib waspada.

Urine Berbuih

Ini menjadi bukti Anda menderita penyakit ginjal. Ketika bagian penyaringan ginjal tidak bekerja dengan baik, ini akan menyebabkan penumpukan protein dalam urine. Protein inilah yang mebubat buih di dalam air seni. Kasus ini juga bisa mengarah pada penyakit tekanan darah tinggi.

Ada gas yang keluar

Ini tandanya ada bakteri di dalam kandung kemih. Kehadiran bakteri di dalam kandung kemih akan membuat air seni bergas. Jika Anda memiliki riwayat infeksi saluran kemih, sebaiknya Anda langsung memeriksan diri ke dokter. Tanda ini juga bisa mengarah adanya gangguan di dalam usus.

Warna Urine Biru atau hijau

Bisa jadi urine berwarna biru atau hijau karena pengaruh obat-obatan. Namun, jika Anda tak sedang mengonsumsi obat, bisa jadi itu disebabkan kondisi medis langka seperti porfiria.

Kondisi itu ditunjukkan dengan kelainan produksi enzim, yang mengakibatkan komplikasi neurologis atau masalah kulit.

Warna Urine Putih

Warna putih seperti awan, mengindikasikan Anda terkena penyakit infeksi urine, kristal fosfat yang berbahaya, atau penyakit menular seksual. (wartainfo.com)

Category: KesehatanTags:
Jayabet