4 Macam Penyakit yang Ditularkan Hewan Peliharaan ke Manusia

klg asli

berhasil

Jenis Penyakit yang ditularkan Hewan Peliharaan ke Manusia

Wartainfo.com - Bermain dengan hewan peliharaan memang hal yang menyenangkan. Rasa penat setelah melakukan aktifitas dapat berangsur-angsur hilang setelah Anda main bersama hewan peliharaan.

Namun, baiknya ketahui juga risiko penyakit yang ditularkan dari hewan peliharaan. Rabies bukan satu-satunya penyakit yang bisa ditularkan dari hewan peliharaan. Dilansir Men's Health, Berikut ini Empat macam jenis penyakit yang bisa ditularkan oleh hewan peliharaan ke manusia:

1. Sakit perut

Ada kuman bernama Campylobacter jejuni yang menyebabkan manusia diare, muntah dan demam. Biasanya kuman ini disebarkan lewat kotoran anjing dan kucing.

"Bakteri dan organisme di tinja dari hewan-hewan ini bisa masuk ke tubuh lewat interaksi sehari-hari. Kotoran ini kena di tangan kemudian masuk ke mulut," ungkap peneliti, Jasin Stull, PhD.

Lalu bagaimana cara kotoran ini bisa sampai ke tangan? Bisa jadi anjing kesayangan mengusapkan pantatnya sebelum ke sofa, lalu Anda menyentuh bagian tersebut sebelum makan. "Jadi penting sekali untuk mencuci tangan sering-sering apalagi sebelum makan," terang Stull.

2. Demam cakaran kucing

Cakaran kucing bisa menyebabkan Anda terinfeksi Bartonella. Bakteri ini menyebabkan demam dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Bakteri ini sebenarnya ada di kotorannya, kemudian berpindah ke kukunya. Oleh karena itu, Stull mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan kucing secara keseluruhan agar tak tertular penyakit dari hewan kesayangan Anda.

3. Penyakit Kurap

Hewan pelihararaan yang bisa menyebabkan seseorang terkena kurap adalah kucing, tapi bisa juga anjing. Ini terjadi bila seseorang melakukan sentuhan dengan hewan peliharaan yang terinfeksi maupun benda yang pernah bersentuhan dengan hewan ini.

Demi mengurangi risiko terkena kurap, segera bawa ke dokter hewan jika anjing atau kucing menunjukkan tanda-tanda kurap seperti lesi pada wajah, kaki dengan berbentuk lingkaran dengan pinggiran berwarna merah.

4. Meningitis

Bakteri Pasteurella multocida dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening, demam, dan meningitis, meski dalam kasus yang jarang. Bakteri ini hidup di mulut kucing dan anjing. Bisa tertular bila hewan peliharaan Anda menggigit atau menjilat hidung, mulut, atau mata Anda.

ยป 4 Macam Jenis Kuman Penyakit yang Perlu Kamu Ketahui

Category: KesehatanTags:
Jayabet