5 Fakta Menarik Pernikahan Anak Jokowi Gibran Selvi Ananda

klg asli

berhasil

Pernikahan Anak Putra Jokowi Gibran Selvi Ananda

Pernikahan Putra Jokowi Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda - Dalam beberapa hari, jutaan pasang mata dari Sabang sampai Merauke akan mengarahkan pandangannya ke Kota Solo, Jawa Tengah. Pasalnya, 11 Juni 2015 nanti akan digelar "The Royal Wedding", pernikahan antara putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming dengan Putri Solo 2009 Selvi Ananda.

Segenap masyarakat Indonesia khususnya warga Solo pun sudah tak sabar merayakan hari berbahagia tersebut. Layaknya pernikahan Pangeran William dari Kerajaan Inggris dengan Kate Middleton beberapa waktu lalu, event bersejarah ini akan menjadi sesuatu yang terkenang abadi bagi banyak orang di negeri ini.

Namun ada yang berbeda dari penyatuan kedua insan muda dan mudi ini. Selain karena Gibran Rakabuming Raka adalah putra sulung dari orang paling berkuasa di republik ini, berikut ini beberapa Fakta unik dan menarik seputar pernikahan anak jokowi Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda: (wartainfo.com)

1. Dibalik Dipilihnya Tanggal 11 Juni 2015  Sebagai Hari Pernikahan

Undangan Pernikahan Anak Jokowi Gibran Selvi Ananda

Mungkin tak ada yang tahu persis alasan dibalik pemilihan tanggal 11 Juni sebagai hari pernikahan Gibran dan Selvi. Namun, sudah menjadi kebiasaan umum bagi masyarakat Jawa untuk memilih hari baik untuk segala sesuatu, apalagi untuk peristiwa sebesar hari pernikahan.

Bila ditelisik, 11 Juni 2015 ternyata jatuh pada hari Kamis Wage dalam tanggalan Jawa. Kamis Wage juga merupakan weton kelahiran dari Gibran Rakabuming Raka yang lahir 1 Oktober 1987. Weton adalah sesuatu yang penting dalam budaya masyarakat Jawa. (wartainfo.com)

2. Jokowi dan Tukang Becak

Foto Pernikahan Anak Putra Jokowi

Dari urusan weton sekarang kita beralih ke tukang becak. Ada apa gerangan dengan tukang becak? Seperti kita tahu, Presiden Jokowi yang merupakan Presiden RI pertama yang berasal dari luar kalangan `elit` dan militer ini sangat dicintai oleh wong cilik. Tukang-tukang becak di Kota Solo pun diundang dalam pernikahan putranya. Keren kan?

Bahkan jauh-jauh hari, belasan tukang becak sudah melakukan pawai keliling kota Solo menarik penumpang Putra dan Putri Solo. Aksi ini sebagai bentuk rasa bahagia menyambut pernikahan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda, Putri Solo 2009.

3. Larangan untuk Tamu Memberi Kado

Foto Gibran Rakabuming Selvi Ananda Calon Mantu Jokowi

Selain dua hal tadi, masih ada lagi hal menarik seputar pernikahan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda. Berbeda dari masyarakat kebanyakan yang mengharapkan kado dari tamu undangan, dalam pernikahan mereka nanti, para tamu justru dilarang untuk membawa kado. Hal tersebut tertulis dalam undangan.

Satu lagi, seperti ingin memberi suri tauladan yang baik sebagai seorang pemimpin bangsa, Jokowi ternyata tidak mengambil cuti di hari pernikahan anaknya. Ia tetap menjalankan roda pemerintahan dari Solo, Jawa Tengah.

Pernikahan putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming dengan Selvi Ananda akan berlangsung 11 Juni 2015 mendatang di Graha Sabha Buana, Solo, Jawa Tengah. Namun prosesi pernikahan yang beradat Jawa tersebut sudah dimulai sejak 9 juni, seperti proses siraman dan midodareni, hingga puncaknya acara resepsi. (wartainfo.com)

4. Tanpa Kereta Kuda dan Mobil

Foto Selvi Ananda Mantu Presiden Jokowi

Selvi Ananda Calon Mantu Presiden Jokowi, Sewaktu jadi Putri Solo 2009

Seorang kerabat menyebut, sebuah kereta kuda disiapkan untuk membawa pengantin. Namun kereta untuk perarakan pengantin, yang sebenarnya sudah disiapkan, kabarnya dikandangkan lagi. Gibran, menolak prosesi perarakan.

Usai prosesi Kumbakarnan, atau rapat terakhir persiapan pernikahan, Gibran mengatakan tak akan menggunakan kereta atau mobil pengantin. Gibran mengaku akan berangkat dari kediamannya di Kelurahan Sumber menuju gedung resepsi Graha Saba Buana dengan berjalan kaki.

"Kami jalan kaki saja, kan dekat. Nanti serah-serahan jalan kaki, lamaran juga jalan kaki." kata Gibran. Tapi bisa jadi, kereta kuda akan dinaiki juga. "Tapi Selvi yang naik kuda, saya yang jalan kaki saja," kata Gibran.

5. Tanpa embel embel Sebutan Bapak Presiden

Pernikahan Anak Putra  Jokowi

Gibran juga punya permintaan khusus saat akad nikah yang akan berlangsung Kamis 11 Juni 2015 nanti. Kepada Kepala Kantor Urusan Agama, Muhtaroji, yang bertindak sebagai penghulu nanti, Gibran meminta agar nama ayahnya dipanggil Ir. Joko Widodo saja. "Mas Gibran minta tidak dipanggil dengan sebutan Bapak Presiden," kata Muchtaroji.

Muchtaroji sendiri, didaulat sebagai wali nikah dalam ijab kabul nanti. Kini, seluruh persyaratan pernikahan Gibran-Selvi sudah lengkap. Calon mempelai juga sudah melakukan geladi bersih ijab kabul yang dilakukan beberapa hari lalu di kediaman Jokowi. Ijab kabul akan digelar di ruang transit Gedung Graha Saba, balai pertemuan sekaligus lokasi resepsi.

Dalam gladi bersih tersebut juga terungkap mahar atau mas kawin yang akan diserahkan Gibran kepada Selvi. Gibran, kata Muchtaroji, mas kawin berupa seperangkat alat salat kepada Selvi. (wartainfo.com)

Category: Berita Peristiwa, Hot NewsTags:
Jayabet