5 Penyebab yang Bikin Warna Cat Motor Jadi Pudar Kusam

klg asli

berhasil

Hal Penyebab Warna Cat Body Motor Jadi Pudar dan Kusam

Penyebab Warna Cat Motor Jadi Pudar - Tentunya  anda akan kesal dan sangat menjengkelkan jika motor baru Anda ternyata catnya cepat pudar? benar bukan? Efek dari cat yang pudar atau kusam tersebut dapat membuat motor menjadi tampak usang dan kurang menarik. Namun pernahkah Anda bertanya mengapa motor Anda jadi cepat kusam?

Sebenarnya ini adalah pertanyaan umum yang sering dijumpai di masyarakat. Akan tetapi mereka belum sadar tentang apa penyebabnya. Dikutip wartainfo.com dari merdeka,  berikut ini informasi tentang 5 hal yang dapat menyebabkan cat motor Anda cepat pudar dan kusam. Simak selengkapnya dibawah ini!

1. Terik matahari

Penyebab utama paling sering dialami adalah berada terlalu lama di bawah terik matahari. Hal ini dapat menyebabkan cat motor menjadi kusam dan pudar. Biasanya, terjadi pada saat parkir. Nah, sebaiknya Anda memarkir kendaraan di tempat yang teduh atau di dalam ruangan.

Panas terik matahari yang bercampur debu dan terkena angin dapat merusak lapisan pelindung cat yang menyebabkan menjadi kusam.

2. Air hujan

Air hujan juga dapat membuat cat menjadi pudar dan kusam. Terutama di kawasan perkotaan yang memang polusi udara membuat kondisi air hujan menjadi makin asam.

Tak hanya itu, jika terkena hujan dengan intensitas yang relatif tinggi maka akan mempercepat proses korosi pada logam, seperti pada mesin dan sasis. Jika Anda sering mengajak motor Anda bermandikan air hujan di jalanan, usahakan segera membersihkan dengan cara membilas agar warna cat lebih awet terjaga.

3. Penggunaan zat kimia

Yang harus diingat adalah Anda harus menjaga agar body motor tidak terlalu sering dipoles dengan zat kimia yang aneh-aneh. Sebab jelas hal tersebut akan memicu perubahan warna car motor menjadi kusam atau pudar dalam jangka waktu yang lama.

Ini bukan berarti Anda tidak boleh memberikan polesan pada motor, namun pastikan terlebih dahulu poles yang Anda gunakan memang teruji dan berkualitas.

4. Jarang dicuci

Ini cukup mutlak, motor yang jarang dicuci akan membuat body motor menjadi kusam. PAsalnya sudah terlalu lama debu, bekas air hujan, bercampur terik matahari, cipratan air-air kotor dan lainnya menempel terlalu lama. Akibatnya saat sudah dicuci warna cat tidak bisa kembali sempurna.

5. Minyak rem

Minyak rem sejatinya memang digunakan dalam pengereman. Namun nyatanya minyak rem adalah musuh terbesar dari cat. Sehingga Anda harus berhati-hati menggunakan minyak rem, jangan sampai terciprat mengenai body motor. Jika memang terlanjur terkena minyak rem, segera bilang hingga bersih sebelum cat motor Anda jadi lebih buruk.

» 5 Kelemahan dan Kekurangan Motor Matic Dibandingkan dengan Motor Manual
» 7 Sepeda Motor Yamaha terbaru Dipertengahan 2015

Category: Otomotif, Tahukah Kamu?Tags:
Jayabet