8 Makanan yang Sebaiknya Jangan Simpan di Kulkas!

klg asli

berhasil

Makanan yang Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas

Wartainfo.com - Ada beberapa jenis bahan makanan yang sebenarnya tidak bisa disimpan dalam lemari pendingin yang mungkin masih belum anda ketahui. Ini karena selalu ada risiko, mulai dari hilangnya rasa hingga kontaminasi makanan lain.

Tidak percaya? coba cek dan perhatikan apakah 8 makanan ini ada di dalam kulkas Anda, seperti ditulis Womenshealthmag berikut ini.

1. Tomat

Udara dingin dari lemari es akan menghentikan proses pemasakan buah tomat. Masalahnya, pematangan tomat akan memberi lebih banyak rasa. Maka itu, kulkas juga akan mengubah tekstur tomat.

Menurut penulis 'On Food and Cooking: The Science and Lore of the Kitchen, The curious cook', Harold McGee, suhu dingin dapat memecah membran dalam dinding buah, sehingga tomat akan berubah secara tekstur dan rasa.

2. Melon

Penelitian menunjukkan bahwa melon yang disimpan di kulkas akan kehilangan antioksidan.

3. Kentang

Suhu dingin akan memecah pati dalam kentang. Oleh karena itu, jika dibiarkan dalam kulkas, kentang akan berpasir dan berubah rasa.

4. Bawang Putih dan Bawang merah

Sama seperti tomat, bawang cenderung menjadi sangat lembek atau berjamur jika dibiarkan di lemari es terlalu lama.

5. Kopi

Kopi juga tidak boleh disimpan dalam kulkas. Masalahnya aroma kopi yang kuat jika ditempatkan di lemari es,  akan menyerap bau lain yang ada di lemari es Anda. Dan lama-kelamaan aroma kopi juga akan berubah.

6. Madu

Menempatkan madu ke dalam kulkas akan meningkatkan kecepatan kristalisasi gula yang mengubahnya menjadi seperti adonan kue yang kental dan menyulitkan untuk menyendok.

7. Roti

Roti cenderung akan kering bila disimpan di lemari es. Ini karena sifat roti yang kenyal dan keras pada suhu dingin. Suhu dingin juga akan membuat roti basi jauh lebih cepat.

8. Pisang

Suhu dingin di dalam lemari es cenderung dapat memperlambat proses pematangan pada pisang. Oleh karena itu, menempatkan pisang mentah di kulkas akan percuma.

Sebaliknya, jika Anda memiliki pisang matang yang siap dimakan, tapi belum mau memakannya. Inilah waktu tepat untuk menyimpannya di lemari es Anda. Kulit pisang mungkin akan berubah menjadi kehitaman atau coklat, tapi buah di dalam akan tetap sempurna. (wartainfo.com)

Category: KesehatanTags:
Jayabet