Daftar Kecelakaan Pesawat Hercules TNI AU paling Terparah

klg asli

berhasil

Kecelakaan Pesawat Hercules TNI AU Jatuh

Wartainfo.com - Pesawat Hercules milik TNI AU jenis C-130 dengan tail number A-1310 jatuh dan menimpa rumah warga di Jalan Jamin Ginting Medan, Selasa (30/6). Saat insiden ada 12 kru pesawat di dalamnya.

Kecelakaan pesawat Hercules milik TNI AU yang jatuh bukanlah yang pertama. Kecelakaan pertama terjadi pada 20 November 1985. Pesawat Hercules C 130 H-MP milik TNI AU jatuh setelah menabrak dinding Gunung Sibayak, Sumatera Utara, dan menewaskan 10 awak.

Insiden selanjutnya terjadi pada 5 Oktober 1991. Pesawat Hercules C 130 milik TNI AU kembali jatuh. Pesawat jatuh saat perayaan HUT ke-46 ABRI di kawasan Condet, Jakarta Timur.

Dalam peristiwa tersebut sebanyak 135 orang meninggal dunia. Korban terdiri dari 12 awak, 121 anggota Paskhas TNI AU, dan dua sekuriti Balai Latihan Kerja Departemen Tenaga Kerja.

Kemudian pesawat angkut Hercules C 130 TNI AU juga mengalami kecelakaan pada 11 Mei 2009. Saat itu pesawat mengalami lepas ban ketika mendarat di Bandara Wamena, Papua.

Roda pesawat yang copot menghantam satu warga. Berdasarkan keterangan saksi mata, pesawat tergelincir karena ban bagian belakang pecah.

Terakhir pada Rabu 20 Mei 2009, saat Pesawat Hercules C 130 jenis Long Body mengangkut 120 penumpang jatuh di Desa Geplak, Kecamatan Karas, Magetan, Jawa Timur. Pesawat itu menimpa dua rumah warga sampai hancur sebelum terbakar dan menyusup di pepohonan bambu. Warga juga sempat mendengar dua kali suara ledakan.

Seorang warga sipil bernama Muslimah, pemilik salah satu rumah tewas tertimpa pesawat. Dalam peristiwa itu sedikitnya 101 orang tewas dan 11 luka. (wartainfo.com)

» Daftar 6 Kecelakaan Pesawat Terbesar dan Terparah dalam Sejarah di Dunia
» 5 Kecelakaan Pesawat Terparah Paling Tragis Karena Bunuh Diri Pilotnya

Category: Berita Peristiwa, Hot NewsTags:
Jayabet