10 Fakta Unik Tentang Ikan Hiu Putih yang Jarang Diketahui

klg asli

berhasil

Fakta Unik Tentang Hiu Putih

Fakta Unik Tentang Hiu Putih - Peselancar Australia Mick Fanning baru-baru menjadi pemberitaan internasional saat berhasil menyelamatkan diri dari serangan hiu ketika bertanding di Afrika Selatan, yang disebut oleh para ahli sebagai ikan hiu putih.

Fanning berhasil menyelamatkan diri dan tidak mengalami cedera apapun, ketika dia 'memukul punggung ikan tersebut' namun kompetisi dihentikan untuk mencegah kemungkinan adanya serangan lagi.

Dari lokasi kejadian, menurut para ahli, ikan hiu itu adalah hiu putih (Carcharodon carcharias) adalah predator laut yang ditemukan di perairan beriklim sedang dan sub-tropis, di kedua belahan bumi utara dan selatan.

Selain di kawasan lepas pantai Afrika Selatan lokasi dimana Fanning sedang bertanding, hiu putih ini juga ditemukan di lepas pantai Australia mulai dari selatan Queensland, sekitar garis pantai Selat Bass, hingga Tanjung Barat Laut di Australia Barat.

Terdaftar sebagai spesies yang dilindungi berdasarkan Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Flora dan Fauna Liar yang Langka (CITES), bukti menunjukkan bahwa jumlah mereka telah menurun sebagai akibat dari aktivitas manusia, termasuk memancing dan penurunan habitat.

Berikut ini adalah 10 fakta unik dan menarik tentang ikan hiu putih yang jarang diketahui, Simak selengkapnya dibawah ini: (wartainfo.com)

1. Hiu Putih tak Selalu Berukuran 'besar'

Foto Fakta tentang Ukuran Hiu Putih Besar

Sebelum pertengahan tahun 1970-an, predator yang luar biasa ini hanya dikenal sebagai hiu putih atau 'pemburu putih' di Australia. Nama 'Great White' atau yang bermakna ' hiu putih besar' dipopulerkan secara global oleh film Jaws, pada tahun 1975. Dan itu bertahan hingga saat ini. Setelah jutaan tahun proses evolusi, mereka akhrinya mendapatkan gelar itu!

2. Hiu Putih Perenang Handal dan Rajanya Ketahanan Tubuh

Foto Fakta Unik Menarik tentang Hiu Putih Perenang Handal

Hiu ini dapat menempuh jarak yang luar biasa - lebih dari 3000 kilometer dalam satu bulan. Mereka bisa berenang dari Tasmania ke Selandia Baru dalam tiga minggu!

Dengan kecepatan 3-4 kilometer/jam, daya jelajah hiu putih sedikit lebih lambat dari perenang Olimpiade, tetapi mereka bisa mempertahankannya selama lebih dari 100 kilometer sepanjang hari, setiap hari. Dan ketika mereka sedang berburu, mereka bisa mencapai 55 kilometer/ jam untuk perjalanan yang singkat.

Hiu putih bisa menyelam hingga kedalaman 1,2 kilometer, di mana tekanan airnya 120 kali lebih tinggi daripada di permukaan laut. Dan mereka akan berenang di suhu air yang berkisar antara suhu dingin kulkas Anda (3 derajat Celsius) hingga suhu hangat 27 derajat.

3. Alasan mengapa Hiu Putih terlihat Menakutkan Ketika Menggigit Mangsa

Foto Fakta Unik Menarik tentang Hiu Putih Pemangsa

Hiu putih menunjukkan gigi mereka dan memutar mata mereka ke arah kepala, ketika mereka menyerang mangsa. Kedua gerakan ini menempatkan rahang dan gigi hiu ke posisi menyerang yang terbaik, tetapi pada saat yang bersamaan juga melindungi mata mereka - hal yang berguna ketika mangsanya, biasanya anjing laut atau ikan pari, memiliki cakar atau duri dan rentan melawan balik.

Bagi hiu putih, rotasi mata lebih dari putaran mata sederhana. Dengan mata mereka yang benar-benar terputar, sebuah benjolan tulang rawan putih terlihat untuk melindungi organ visual mereka.

Gerakan pamer gigi tiu disebut 'palatoquadrate protrusion', dan itu adalah hasil dari otot-otot menonjol yang membuat rahang hiu maju sementara kulit di sekitar mulut tertahan. Menjadi ikan bertulang rawan - maksudnya tak memiliki tulang - rahang hiu sebenarnya cukup fleksibel, dan otot-otot yang mengontrol itu sangatlah kuat.

Dalam posisi rahang normal, gigi hiu putih lebih tersembunyi, sehingga mereka tidak menciptakan hambatan saat berenang. (wartainfo.com)

ยป 11 Jenis Ikan Hiu Paling Terbesar di Dunia

Category: Hewan Binatang, Tahukah Kamu?
Jayabet