10 Fakta Unik Tentang Ikan Hiu Putih yang Jarang Diketahui

4. Hiu Putih Menyerang dari Bawah

Foto Fakta Unik Tentang Cara Menyerang Hiu Putih

Mereka mondar-mandir di bawah permukaan laut, mencari mangsa di atas. Menggunakan ekornya yang sangat kuat untuk memacu kecepatan, hiu putih akan menyasar dan menggigit mangsanya sambil membanting mereka dan keluar dari laut.

Kehilangan banyak darah dari gigitan itu berarti luka awalnya seringkali fatal, itu memungkinkan hiu untuk membatasi risiko cedera mata dari pertarungan yang berkepanjangan. (wartainfo.com)

5. Gigi Hiu Putih Tak bisa Diganti

Foto Fakta Unik Menarik tentang Gigi Tajam Hiu Putih

Mereka menghasilkan ribuan gigi selama masa hidup mereka, tetapi pada satu waktu hiu putih hanya memiliki sekitar 70-80 gigi fungsional. Sebagian besar berada di satu baris, dengan beberapa lipat di tengah-tengah rahang bawah.

Gigi tersebut tergantikan ketika hilang, tapi mereka tak tumbuh di tempat yang sama. Dibutuhkan beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk mengganti gigi dewasa dengan satu gigi masih berkembang dalam rahang. Gigi rusak adalah berita buruk bagi predator.

6. Hidung Hiu Putih Mendeteksi Medan Elektrik

Foto Fakta Unik tentang Hidung Hiu Putih

Hiu putih tak hanya mengandalkan penglihatan mereka untuk melacak mangsa. Seperti halnya semua hiu, mereka memiliki pori-pori reseptor khusus di bawah hidung mereka (disebut 'ampullae of lorenzini') yang mendeteksi medan listrik sangat kecil, yang melingkupi semua makhluk hidup.

Sistem sensorik tambahan ini tak hanya membuat mereka mampu mengikuti mangsa dalam gelap dan dengan kecepatan tinggi. Sistem ini juga sangat peka, sehinggan banyak hiu dan pari menggunakannya untuk navigasi selama migrasi besar, dengan memasuki medan magnet Bumi. (wartainfo.com)

7. Hiu Putih Melahirkan Supaya tetap Awet Muda

Foto Fakta Unik tentang Hiu Putih Muda

Sangat sedikit yang diketahui tentang reproduksi hiu putih. Mereka hidup selama sekitar 70 tahun, dan hiu betina mencapai kematangan seksual beberapa tahun setelah hiu jantan, sekitar usia 15 tahun - hingga paling lambat 30 tahun.

Setelah kawin, hiu putih betina bertelur di dalam tubuhnya dan telur-telur itu berkembang dan menetas dalam rahim. Bayi hiu pertama yang menetas dengan baik bisa lanjut untuk makan telur tak subur manapun, proses yang dikenal sebagai 'oophagy'.

Setelah sekitar satu tahun kehamilan, antara 2-10 bayi hiu yang telah sepenuhnya berkembang, lahir. Dan mereka memiliki panjang sekitar 1,2-1,5 meter!
» 5 Makhluk Laut Dalam Aneh yang Kemunculannya Menghebohkan Dunia

Category: Hewan Binatang, Tahukah Kamu?