5 Air Terjun Paling Terindah di Jawa Timur

klg asli

berhasil

Air Terjun Paling Terindah di Jawa Timur

Air Terjun Terindah di Jawa Timur - Kontur Jawa Timur yang bergunung-gunung menjadikan kawasan ini surga bagi mereka yang gemar berpetualang menjamahi keindahan air terjun dengan berbagai karakteristiknya yang menarik.

Pemilihan air terjun terindah ini juga mempertimbangkan cerita sejarah menarik yang menjadi latar belakang keberadaan air terjun tersebut. Dikutip wartainfo.com dari liputan6, Berikut Lima air terjun paling terindah di Jawa Timur dengan latar belakang kisah yang menarik:

1. Air Terjun Madakaripura Probolinggo Jawa Timur

Foto Air Terjun Madakaripura Terindah di Probolinggo Jawa Timur

Madakaripura merupakan air terjun dengan karakteristik bentuknya yang unik. Keunikan tersebut terletak pada bentuk dinding air terjun yang melengkung sempurna. Dengan tinggi pancur mencapai 170 meter, Air Terjun Madakaripura didadulat sebagai air terjun tertinggi dan terindah di Jawa Timur.

Selain indah, air terjun yang masuk dalam kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru ini juga diyakini sebagai tempat bertapa Patih Gajah Mada.

2. Air Terjun Putuk Truno di Prigen, Pasuruan, Jawa Timur

Foto Air Terjun Putuk Truno Terindah di Pasuruan Jawa Timur

Keberadaan Air Terjun Puthuk Truno tidak lepas dari cerita legenda mengenai kisah cinta Joko Taruna dan Sri Gading Lestari. Memiliki tin ggi pancur mencapai 45 meter, air terjun Puthuk Truno juga dilengkapi dengan kolam alami sedalam 1-2 meter.

Selain jernih dan dinging, air terjun Puthuk Truno tidak pernah kering meski Jawa Timur sedang dilanda kemarau. (wartainfo.com)

3. Air Terjun Tancak di Desa Suci, Kecamatan Panti, Jember, Jawa Timur

Foto Air Terjun Tancak Paling Terindah di Jember Jawa Timur

Berlokasi sekitar 15 km dari pusat kota Jember, atau tepatnya berada Desa Suci, Kecamatan Panti, Air Terjun Tancak menjadi salah satu lokasi wisata alam terbaik yang ada di Jember.

Air Tancak memang diperuntukkan bagi mereka yang gemar petualangan. Pasalnya untuk sampai ke lokasi air terjun, para pengunjung harus melakukan tracking menyusuri hutan dan perkebunan warga sejauh 2 km. Lokasinya yang masih alami dan airnya yang jernih, menjadikan Tancak sebagai salah satu air terjun terindah yang ada di Jawa Timur.

4. Air Terjun Sumber Nyonya di Dukuh Gunung Sari, Tutur, Pasuruan, Jawa Timur

Foto Air Terjun Sumber Nyonya Terindah di Pasuruan Jawa Timur

Air Terjun Sumber Nyonya dahulu merupakan penyebab mengapa banyak perempuan di Dukuh Gunung Sari, Tutur, Pasuruan, tidak bisa memiliki keturunan. Hal tersebut disebabkan oleh banyak warga sekitar mengonsumsi air terjun ini, yang setelah ditelisik ternyata mengandung perak.

Meski hanya memiliki tinggi pancur sekitar 6 meter, Air Terjun Sumber Nyonya menjadi kawasan wisata alam favorit di Pasuruan. Berlokasi di dalam hutan yang dialiri sungai, menuju ke lokasi Air Terjun Sumber Nyonya bagaikan menelusuri keindahan hutan Indonesia. (wartainfo.com)

5. Air Terjun Nglirip Tuban Jawa Timur

Foto Air Terjun Nglirip Paling Terindah di Tuban Jawa Timur

Mitos pertama yang sangat terkenal adalah konon barang siapa yang mandi di air terjun ini maka dia akan dimudahkan untuk mendapat jodoh. Berlokasi di Tuban, Jawa Timur, air terjun ini sangat terkenal dengan mitos-mitosnya yang penuh misteri.

Mitos yang paling menarik adalah kepercayaan dimudahkan mendapat jodoh bagi siapapun yang mandi di air terjun ini. Nama ‘Nglirip’ diambil dari nama puteri yang dipercaya arwahnya masih mendiami gua yang berada di dinding air terjun. Dikelilingi dengan tumbuhan hijau, Air Terjun Nglirip tampak memesona dengan airnya yang jernih.

» 9 Air Terjun Paling Terindah dan Terkenal di Dunia

Category: Serba - Serbi, WisataTags:
Jayabet