5 Fosil Benda Tertua di Dunia yang Pernah Ditemukan

klg asli

berhasil

Fosil Benda Tertua di Dunia

Penemuan Benda Tertua di Dunia - beberapa waktu yang lalu media sosial diramaikan oleh sebuah foto temuan pohon tertua di dunia yang ada di Swedia. Berdasarkan temuan ahli, pohon itu berusia 9.550 tahun. Dengan demikian umur pohon itu lebih tua dari peristiwa Banjir Besar Nabi Nuh yang diceritakan oleh kitab suci.

Selain pohon itu, para ilmuwan banyak juga menemukan sejumlah fosil yang jauh lebih tua. Bahkan umurnya bisa amencapai jutaan tahun lalu. Jelas itu lebih tua dari umur ketika manusia mengenal yang namanya agama. Dikutip wartainfo.com dari merdeka, berikut ini lima fosil benda tertua di dunia yang pernah ditemukan:

1. Fosil cicak Tertua di dunia berusia 23 juta tahun

Foto Fosil Cicak  Paling Tertua di Dunia yang Ditemukan

Pada 2013 lalu para ilmuwan di Meksiko menemukan fosil cical berusia 23 juta tahun. Fosil itu tersimpan di sebuah batu amber kecil.

Batu amber biasanya menyimpan sisa-sisa dari tanaman atau binatang, tapi cukup langka menemukan fosil cicak di batu itu, seperti dilansir situs Huffington Post, Juli 2013 silam.

Lokasi ditemukannya fosi itu terletak di Simonjovel, di Negara Bagian Chiapas yang selama ini dikenal banyak mengandung batu amber.

Fosil cicak itu ditemukan di batu amber berukuran panjang 4,3 sentimeter, lebar 1,27 sentimeter. (wartainfo.com)

2. lmuwan temukan fosil ekor dinosaurus berumur 72 juta tahun di Meksiko

Foto Pic Fosil Ekor Dinosaurus Tertua di Meksiko yang Penah di temukan

Sebuah tim paleontologis menemukan fosil ekor dinosaurus berusia 72 juta tahun di sebuah gurun di sebelah utara Meksiko.

Temuan pada Juli 2013 lalu itu diumumkan oleh Institut Nasional Antropologi dan Sejarah (INAH). Ekor dinosaurus yang berhasil ditemukan itu berukuran panjang sekitar 5 meter.

"Ini adalah temuan ekor dinosaurus pertama di Meksiko," kata Fransisco Aguilar, direktur INAH, seperti dilansir rawstory.com Juli 2013 lalu.

Ekor itu ditemukan di dekat kota kecil Jenderal Cepeda. Panjang ekor itu kira-kira separuh dari ukuran panjang dinosaurus.

3. Bunga ditemukan di kuburan berumur 12 ribu tahun di Israel

Foto Gambar Kuburan Tertua di Zaman Dulu

Sebuah tim ahli arkelologi dari Universitas Haifa, Israel, menemukan sebuah kuburan berusia sekitar 13.700 tahun hingga 11.700 tahun di dekat Gunung Carmel.

Temuan itu diyakini sebagi bagian dari peninggalan kebudayaan Nutufian, salah satu peradaban awal di Timur Tengah yang warganya tidak bergantung pada kegiatan nomaden atau berpindah tempat, seperti dilansir smithsonianmag.com, Juli 2013 silam.

Para arkeolog itu mendapatkan kesimpulan yang menyatakan mereka menemukan apa yang kita sebut sekarang sebagai kuburan. Di kuburan kuno itu ditemukan peninggalan bunga yang berarti sudah ada semacam upacara pemakaman untuk menghormati orang mati.

Mereka terkesan dengan temuan sejumlah bunga di lokasi pemakaman yang berisi 29 jenazah, termasuk anak-anak, orang dewasa, bahkan bayi. Tentu saja para arkeolog tidak menemukan bunga sebenarnya karena pasti tanaman itu sudah hancur tapi mereka menemukan bekas tanda di tanah yang menunjukkan di situ diletakkan bunga saat pemakaman berlangsung. (wartainfo.com)

4. Doggerland, pulau berusia 20 ribu tahun

Foto Gambar Doggerland Pulau Paling Tertua di Dunia

Pada 20 ribu tahun lalu yang namanya Laut Utara di Eropa belum ada. Permukaan laut ketika itu sekitar 121 meter lebih rendah dari sekarang. Inggris masih bagian dari benua Eropa.

Ketika itu ada sebuah pulau yang ilmuwan menamakannya Doggerland. Pulau itu adalah surga bagi manusia yang suka berburu ikan atau mengumpulkan tanaman.

Menurut arkeolog dari Universitas Birmingham, Inggris, Vincent Gaffney, kemungkinan ada sekitar 10 ribu manusia tinggal di pulau itu dan mereka mendirikan gubuk sebagai tempat tinggal, seperti dikutip dari situs smithsonianmag.com, Juni 2013 lalu.

Namun seiring waktu, pulau itu lenyap. Permukaan air mulai menenggelamkan pulau pada sekitar 18 ribu tahun Sebelum Masehi. Seiring perubahan iklim dan mencairnya es. Menurut survei seismik dan inti es di Greenland, diketahui permukaan laut saat itu meningkat hingga hampoir dua meter dalam seabad.

5. Pohon tertua paling di dunia ada di Swedia

Foto Picture Pohon Paling Tertua di Dunia di Swedia

Beberapa hari belakangan, muncul meme di jejaring sosial yang menyatakan bahwa pohon tertua di dunia berada di Swedia.

Tes radiokarbon memperkirakan usia pohon jenis spruce ini mencapai 9.550 tahun. Meme satir itu lalu mengklaim pohon ini bahkan jauh lebih tua dari perkiraan ilmuwan Injil yang menyatakan banjir besar masa Nabi Nuh terjadi pada 1.656 sebelum masehi.

Pertanyaannya, apakah pohon itu benar-benar ada? Majalah National Geographic memastikan pohon itu memang tumbuh di Provinsi Dalarna, tepatnya di wilayah dataran tinggi setempat.

Universitas Umea menyatakan pohon setinggi empat meter ini batangnya baru berusia puluhan tahun. Tapi akarnya dipastikan terus hidup di tempat yang sama sejak nyaris 10 ribu tahun lalu.

"Ketika ada bagian akar yang mati, sudah ada jaringan baru dari akar yang sama," kata Leif Kullman, guru besar ekologi dan lingkungan Universitas Umea.

Kendati begitu, ilmuwan sedunia belum sepakat bahwa pohon spruce yang biasanya ditebang untuk hiasan natal di Swedia itu sebagai tumbuhan tertua sejagat.

Sejauh ini, para pakar pohon baru bersepakat menobatkan pinus di California sebagai yang tertua di dunia. Pohon jenis bristlecone di AS itu secara ilmiah dipastikan berusia 5 ribu tahun lebih. (wartainfo.com)

Category: Aneh dan Unik, Serba - SerbiTags:

Jayabet