5 Hal Aneh dan Unik Tapi Nyata yang Ada di Dasar Perairan

klg asli

berhasil

Hal Aneh dan Unik Tapi Nyata yang Ditemukan di Dasar Perairan

Hal Aneh dan Unik yang Ditemukan di Dasar Perairan - Perairan merupakan salah satu sumber kekayaan alam yang berlimpah. Banyak 'anugerah' yang bisa ditemukan di sana.

Tak sekadar sumber bahan makanan dan mineral, laut dan danau juga menyimpan 'harta' yang tak terduga. Berikut ini kami tampilkan beberapa hal mengejutkan aneh dan unik tapi nyata yang ditemukan di bawah perairan. (wartainfo.com)

1. Sungai air tawar di Bawah Laut

Foto Pic Sungai Air Tawar di Bawah Laut Meksiko

Terletak di Semenanjung Yucatan di Meksiko, ada sungai air tawar yang berada tepat di bawah laut. Sungai ini berada di bawah Cenote Angelita. Uniknya, air tawar sungai bisa tidak tercampur dengan air laut yang berkadar garam tinggi.

Seperti dilansir Mymodernmet, ternyata lapisan tipis hidrogen sulfat yang memisahkan antara air asin dari air tawar di atasnya, membuat bagian bawah laut ini terlihat seperti sungai.

2. museum Unik bawah laut terbesar di dunia

Museum Bawah Dasar Laut

Yang namanya museum tak selalu harus di sudut kota, dengan bangunan suram berisi diorama-diorama menyeramkan. Museum juga bisa didirikan di dasar lautan. Seperti museum bawah laut Cancun ini.

Kawasan Cancun, Meksiko memiliki museum bawah laut terbesar di dunia. Museum ini memajang sekitar 400 buah patung. Museum ini didirikan sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap upaya pelestarian National Marine Park di Yucatan Peninsula, Meksiko.

Tak hanya sebagai bagian dari tempat rekreasi yang menarik minat turis, museum bawah laut Cancun juga difungsikan sebagai 'alat' untuk mempromosikan keindahan terumbu karang di Cancun. (wartainfo.com)

3. Stonehenge di dasar Danau Michigan

Stonehenge Michigan Lake

Bicara soal Stonehenge, mungkin kita bakal langsung membayangkan situs prasejarah di Wiltshire, Inggris. Tetapi, ternyata Amerika Serikat pun punya Stonehenge. Stonehenge AS ini terletak di dasar Danau Michigan.

Ketika para arkeolog bermaksud menelusuri puing kapal yang terbaring di Danau Michigan, mereka justru menemukan situs lingkaran misterius. Menurut NBC Chicago, situs yang kemudian dikenal dengan nama Stonehenge Danau Michigan ini beberapa sisa puing batu yang tersusun membentuk formasi tertentu.

Sebuah batu yang terletak di bagian luar lingkaran menampilkan lukisan hewan yang menyerupai mastodon, hewan kuno yang karakteristik fisiknya seperti gajah. Hewan ini sudah punah setidaknya 10.000 tahun lalu.

Jadi jika lukisan tersebut memang benar-benar berasal dari zaman di mana mastodon masih hidup, maka situs berbentuk lingkaran ini adalah situs prasejarah tertua yang ditemukan di bawah air. Tetapi kebenarannya masih harus ditelusuri lebih jauh lagi. Karena itulah penelitian terhadap penemuan arkeologi ini masih berlanjut hingga sekarang.

4.Taman pemakaman di Bawah Dasar Laut

Taman Pemakaman Bawah Laut

Barangkali ini adalah taman pemakaman umum paling aneh yang pernah ada. Letaknya di dasar laut Florida. Menurut Atlas Obscura, Neptunus Memorial Reef yang terletak 3,25 km sebelah timur dari Key Biscayne di Miami, Florida, merupakan kuburan sekaligus karang terbesar di dunia yang dibuat oleh manusia. Luasnya mencakup lebih dari 65.000 meter persegi di dasar laut, pada kedalaman 40 meter.

Pemakaman di Neptunus Memorial Reef memerlukan prosedur yang cukup rumit. Abu kremasi anggota keluarga yang meninggal dicetak. Kemudian seorang penyelam akan menempatkan abu tersebut dan mengamankannya di karang-karang buatan. Sebuah plakat tembaga dan perunggu kemudian dipasang di sebelah cetakan. (wartainfo.com)

5. Kota kuno di Bawah Dasar Danau

Foto City Shicheng Kota Kuno di Bawah Dasar Danau

Danau Qiandao atau yang dalam bahasa Indonesia berarti 'danau seribu pulau' merupakan danau buatan dengan pemandangan menakjubkan yang ada di Zhejiang, Cina. Air Qiandao yang jernih merupakan pemasok bahan baku utama untuk industri air minum kemasan di China.

Siapa sangka, dasar danau ini juga menyembunyikan reruntuhan 2 kota kuno bernilai sejarah tinggi, yaitu kota Shi Cheng dan Dia Cheng. Shi Cheng dibangun lebih dari 1300 tahun yang lalu pada tahun 621 Masehi. Kota itu pernah menjadi pusat politik, ekonomi dan budaya pada masa Dinasti Tang. Sementara Dia Cheng didirikan pada tahun 208 Masehi. Dulunya merupakan pusat perdagangan pada saman Dinasti Han berkat posisinya yang strategis, di sepanjang Sungai Xin'anjiang. (wartainfo.com)

Category: Aneh dan Unik, Dunia, Serba - SerbiTags:
Jayabet