5 Jenis Racun Berbahaya Paling Mematikan di Dunia Bagi Manusia

klg asli

berhasil

Jenis Racun Paling Berbahaya Mematikan di Dunia Bagi Manusia

Racun Paling Mematikan di Dunia - Banyak hal di Bumi ini yang sifatnya berbahaya bagi manusia, dan kebanyakan dari hal-hal itu biasanya beracun bagi tubuh manusia. Pertanyaannya, benda apa yang paling beracun bagi manusia?

Beruntung, ilmuwan telah menjawabnya. Lewat artikel yang diunggah di The Conversation, ilmuwan mengungkap jenis racun yang paling mematikan. Apakah racun ular yang sangat ditakuti masuk daftar? Berikut ini Daftar 5 racun paling berbahaya dan mematikan bagi manusia di dunia: (wartainfo.com)

1. Botulinum

Foto Pics Botulinum Toxin Poisoning Racun Berbahaya Paling Mematikan Bagi Manusia di Dunia

Botulinum sejenis protein beracun yang biasa dipakai dalam dunia kosmetik, utamanya untuk suntik botox. Menariknya, Botulinum tidak berbahaya bagi hewan-hewan bertubuh lunak seperti keong.

Namun, Botulinum sangat berbahaya bagi manusia dan hewan bertulang belakang lain. Lewat eksperimen, dosis sangat kecil yang tidak mematikan terbukti bisa membuat seekor tikus pingsan hingga satu bulan!

Tidak heran, banyak dokter sangat tidak menganjurkan suntik botox berlebihan atau abal-abal di luar sana. (wartainfo.com)

2. Racun ular berbisa

Racun Ular berbisa Paling Berbahaya dan mematikan di Dunia

Hampir semua jenis racun ular yang mematikan berjenis neurotoksin (menyerang saraf). Perlu diketahui, racun-racun ular sangat bervariasi, tingkat beracun bisa melebihi Botulinum.

Berbedanya dosis racun neurotoksin di setiap jenis ular juga wajib diketahui manusia. Sebab, ada racun ular yang merusak sel tubuh dalam waktu cukup lama, tetapi juga ada racun ular yang meski hanya sedikit bisa membunuh manusia dengan cepat.

Salah satu contoh ular paling mematikan adalah Black Mamba (Dendroaspis polylepis). Satu kali gigitan yang mengandung neurotoksin dari ular ini bisa membunuh seorang manusia dalam waktu 30 menit. (Baca juga: 10 Jenis Ular Berbisa Paling Beracun Berbahaya dan Mematikan di Dunia)

3. Arsenic

Foto Pics Arsenic Poison Racun Berbahaya Paling Mematikan di Dunia

Arsenik secara kimiawi memiliki karakteristik yang serupa dengan Fosfor, dan sering digunakan sebagai pengganti dalam berbagai reaksi biokimia dan juga beracun. Ketika dipanaskan, arsenik akan cepat teroksidasi menjadi oksida arsenik, yang berbau seperti bau bawang putih. Arsenik dan beberapa senyawa arsenik juga dapat langsung tersublimasi, berubah dari padat menjadi gas tanpa menjadi cairan terlebih dahulu.

Jika berada dalam bentuk unsur, maka arsenik tidak berbahaya. Tapi jika dalam bentuk oksidanya yaitu arsen dioksida, maka bersifat racun yang berbentuk serbuk putih serta larut dalam air. Arsenik tidak berasa dan sukar untuk dideteksi. Makanan atau minuman yang dicampur arsenik tidak akan berasa. Senyawa ini dulu disebut 'bubuk warisan' karena digunakan untuk membunuh orang agar bisa mendapatkan warisannya dan kematiannya biasanya dianggap wajar.

Gejala-gejala keracunan arsenik akut dapat terjadi dalam dua bentuk. Pertama mengakibatkan kelumpuhan parah yang dapat terjadi dalam waktu 1-2 jam dan biasanya sering ditandai dengan tanda-tanda mengigau atau kegilaan. Sedangkan yang kedua dalam gangguan pencernaan seperti mual, sakit kepala, nyeri hebat, muntah dan diare.

Seseorang yang terpapar zat ini dalam dosis yang tidak mematikan, kedepannya dapat menyebabkan keracunan kronis dan karsinogenik (zat penyebab kanker). Karenanya arsenik masih menjadi perdebatan terhadap keselamatan pekerja di industri yang masih menggunakan arsenik seperti insektisida atau perusahaan pembasmi gulma serta ekstraksi bijih timah dan tembaga.

Beberapa tokoh yang pernah keracunan arsenik adalah Napoleon Bonaparte, Huo Yuanjia dan aktivis HAM Munir. Zat arsenik dapat mematikan dengan cara merusak sistem pencernaan orang tersebut sehingga menyebabkan kematian karena shock. Hal ini pula yang terjadi pada Napoleon Bonaparte, kaisar Perancis ini sebelumnya diyakini meninggal akibat kanker lambung. Tapi setelah hampir seratus tahun baru diketahui bahwa ia meninggal akibat keracunan arsenik berdasarkan analisis rambutnya yang mengandung arsenik dengan dosis di ambang batas aman.

4. Polonium-210

Foto Pics Polonium-210 Poisoning Racun Berbahaya Paling Mematikan untuk Manusia di Dunia

Polonium-210 adalah unsur radioaktif langka yang ditemukan tahun 1898 oleh ilmuwan wanita hebat Marie Curie dan suaminya Pierre Curie. Nahas, Marie Curie tewas akibat keracunan unsur temuannya ini.

Hebatnya, Polonium-210 tidak membunuh lewat kontak dengan tubuh. Unsur radioaktif ini bisa memancarkan radiasi yang merusak sel dan DNA manusia bisa manusia berada di dekatnya.

Bila paparan tidak segera dihentikan. Polonium-210 bisa membunuh manusia dalam waktu kurang dari satu bulan. Itu belum termasuk penyakit lain yang disebabkan oleh Polonium-210, seperti kanker. (wartainfo.com)

5. Mercury

Pics Foto Mercury Poisoning Racun Berbahaya Paling Mematikan di Dunia Bagi Manusia

Jika dibanding racun-racun sebelumnya, Merkuri murni tidak terlalu beracun bagi tubuh. Namun, apabila logam berat ini sudah bercampur dengan zat kimia lain, terutama logam, tingkat racun akan meningkat drastis.

Merkuri logam diklaim bisa menimbulkan kerusakan liver, gagal ginjal, hingga kerusakan otak pada manusia. Bahkan, kosmetik yang mengandung banyak merkuri bila dipakai terlalu lama disebut bisa menimbulkan kematian. Sama dengan meracuni tubuh sedikit demi sedikit.

Category: Kesehatan, Serba - Serbi
Jayabet