5 Manfaat Sinar Matahari untuk Kesehatan Kulit Kamu

klg asli

berhasil

Berjemur di Pantai

Manfaat Sinar Matahari Untuk Kulit - Beberapa ahli mengatakan bahwa cahaya matahari bisa menimbulkan potensi terkena kanker kulit. Hal ini disebabkan karena cahaya matahari mengandung sinar UV yang bisa merusak sel-sel kulit. Tapi apakah ini semua benar? Kalau kamu sendiri gimana, merasa takut atau nggak nyaman kah dengan cahaya matahari?

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa paparan sinar matahari sebenarnya memberikan begitu banyak manfaat. Kamu juga pasti sudah pernah mendengar atau membaca kalau sinar matahari adalah sumber vitamin D dan bisa mencegah berbagai masalah kulit dan meremajakan sel-sel kulit kamu.

Jadi, tidak ada keraguan bahwa sinar matahari memiliki kapasitas untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Apalagi jika kamu suka menikmati sinar dari matahari yang terbit, terbukti nggak hanya memberikan kamu ketenangan pikiran tetapi juga bisa membuatmu jadi lebih sehat dan bahagia. Nah, dilansir Boldsky, berikut ini beberapa manfaat dari sinar matahari bagi kesehatan kulit anda. (wartainfo.com)

1. Sumber vitamin D

Nggak suka memijat tubuh kamu dengan minyak ikan cod? Tak perlu khawatir, kamu bisa mendapatkan vitamin D cukup dengan menghabiskan waktu di bawah sinar matahari pada waktu tertentu. Sinar matahari merangsang tubuh memproduksi vitamin D.

Paparan sinar matahari pada wajah, leher, lengan, dan kaki selama 10-15 menit dapat menghasilkan 1.000 unit internasional (IU) sampai 3.000 IU, tergantung pada jenis kulit dan kebutuhan vitamin D yang diperlukan oleh tubuh masing-masing dalam satu hari.

Vitamin D berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium di dalam usus dan mentransfer kalsium melintasi membran sel, sehingga dapat menguatkan tulang. Vitamin D juga dapat memberikan perlindungan terhadap jenis kanker (seperti kanker paru-paru, prostat, dan kulit), osteoporosis, rakhitis, dan diabetes. Selain itu, vitamin D dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah sehingga membantu melawan penyakit jantung.

2. Mengobati berbagai jenis penyakit kulit

Sinar matahari mampu menyembuhkan segala jenis infeksi jamur dan bakteri pada kulit. Selain itu, penyakit kulit seperti eksim, psoriasis dan sebagainya dapat diatasi hanya dengan berjemur. Terpapar sinar matahari juga dapat menurunkan manifestasi dari tanda peregangan, bekas luka, dan ketidaksempurnaan kulit lainnya.

3. Merangsang produksi hormon serotonin

Selain merangsang tubuh untuk membuat vitamin D, sinar matahari juga dapat merangsang produksi hormon serotonin, sebuah neurotransmitter di otak yang mengatur suasana hati.

Kalau kamu nggak memiliki waktu yang cukup untuk istirahat, kulit akan lebih cepat mengalami tanda-tanda penuaan, jerawat, flek dan masih banyak lagi. Dengan meningkatkan tingkat serotonin dapat menghasilkan suasana hati yang lebih positif, mengatur waktu tidur, memperbaiki nafsu makan dan cara berpikir yang tenang dengan mental yang fokus.

4. Meningkatkan oksigen dalam darah

Manfaat lain dari sinar matahari dapat meningkatkan kemampuan tubuh kamu untuk mengirim oksigen ke jaringan sehingga kamu mendapatkan cukup stamina untuk menjadi energik. Selain itu, kulit kamu juga akan mengalami peremajaan dengan proses ini.

5. Membuat kulit tampak bersinar

Bagaimana caranya? Ya, sinar matahari memiliki kapasitas untuk membersihkan pembuluh darah dan darah dalam tubuh manusia. Hal ini juga meningkatkan sirkulasi darah dengan melebarkan pembuluh darah di kulit. Dengan begitu, nutrisi dan oksigen lebih banyak dibawa menuju sel-sel ketika pembuluh darah kapiler terbuka sehingga kesehatan pun menjadi lebih baik.

Selain itu, jantung pun menjadi lebih sehat dengan menurunkan denyut nadi ketika beristirahat dan mengurangi tekanan darah. Jika seluruh tubuh mendapatkan sirkulasi darah yang cukup, kulit kamu nggak akan terlihat kusam dan pucat dan cahaya alami kulitmu akan tetap terpancar.

Meskipun sinar matahari memiliki berbagai macam manfaat bagi tubuh, para ahli mengingatkan bahwa paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan mata, melanoma, dan kanker kulit. Jadi pastikan kamu memilih waktu yang tepat untuk mendapatkan paparan sinar matahari serta melindungi kulit dengan mengenakan topi, pakaian yang tepat, atau menggunakan sun screen. (wartainfo.com)

» 7 Manfaat Naked Yoga Tanpa Busana bagi Kesehatan
» Lima Manfaat Luar Biasa Makan Bawang Putih untuk Kesehatan

Category: KesehatanTags:
Jayabet